Lebih Dekat Dengan Norton Commando 961 Sport, Motor Lain Pasti Ngompol Di Deket Dia!

13

Norton Commando 961 Sport-7

Sobat MMBlog sekalian, motor retro kadang identik dengan image dan kesan yang jadul, kalem, soft, dan bersahabat. Tapi MMBlog pernah punya pengalaman ketemu sama satu motor retro/jadul yang kebalikan dan image positif semua itu! Motor ini punya kesan berandal, ganas, sangar, pemberontak, bandit, bener-bener deh, asli serem! Motornya gak lain gak bukan adalah motor buatan Inggris, dari merek Norton, dan bernama Norton Commando 961 Sport!

Norton Commando 961 Sport-8

Kayaknya, kayaknya lho ya, motor ini bener-bener sedikit ngedar di Indonesia. MMBlog ketemu unit yang sama dua kali, yang pertama di Triumph Troupe Kemang, dan yang kedua di Gurkha Motowork Antasari, sepertinya sih kedua unit yang MMBlog temui adalah unit yang sama Sob, warnanya sama, tapi yang di Gurkha gak MMBlog tampilin fotonya disini karena fotonya kehapus, hp baru di instal ulang, hehe, dan tetep, keduanya asli sangarnya keterlaluan!

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

sereeem
sereeem

Motornya sendiri gimana mas? Wuih, bener deh, asli sangar dan kejamnya masbro. Kalau Z800 itu sangarnya adalah sangar motor-motor moderen, sangar metropolis, sangar pemarah, kalau Norton Commando punya sangar yang lain, sangarnya ini kayak sangarnya tentara bayaran! Diem, diem, diem, tau-tau nusuk :mrgreen: . mungkin bahasa bagusnya adalah kharismatik kali yah ๐Ÿ˜€ . ya sangar, tapi berwibawa, penuh kharisma, dan emang punya daya tarik magis!

Norton Commando 961 Sport-2

Ngomongin motor, gak asik kalau gak ngomongin gimana part-part yang nempel di motor ini Sob. yups ngomongin detail. Detail? Asli serius! Khas retro, kaki-kaki disupport dengan menggunakan pelek jari-jari. Yaah, konvensional banget, kalau bocor gimane? Ribet bongkar pasang ban! Eits, tunggu dulu, biarpun jari-jari, pelek motor ini tetep bisa aplikasi jari-jari tubeless masbro! Lihat aja tuh, pangkal bawah jari-jari kepasangnya di bagian luar pelek kan? Denger-denger sih pelek begini bisa kok dibeli ketengan, tapi harganya bisa nebus motor sport 150 CC :mrgreen: .

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

Masih dari kaki-kaki, ini dia yang bikin motor jadi tambah serem. Motor ini menggunakan suspensi full Ohlins untuk suspensi depan dan suspensi belakang! Ngeri! Suspensi depan menggunakan suspensi upside-down, sedangkan belakang menggunakan suspensi kembar, sama, keduanya bernuansa emas khas suspensi Ohlins! Tampilan motor boleh lawas, tapi kaki-kaki, superbike Jepang boleh diadu! Uniknya lagi, rantai berada di sisi kanan! Kalau motor-motor secara umumkan biasanya rantai ada disebelah kiri yah.

Norton Commando 961 Sport-5

Sekarang bahas mesin, nah mesin Norton Commando 961 bisa dibilang mesin yang tidak terlalu istimewa. Mesin engkel lah, gak ada radiator, dua silinder sejajar, dengan menggunakan push rod, dengan kubikasi 961 CC. Motor ini punya power yang lumayan untuk motor retro yakni 80 daya kuda pada 6500 rpm, dan torsi yang keterlaluan, yakni 90 NM pada 5200 rpm, weleehh Torsi semua ini pastinya masbroooo! Udah gitu, speednya juga hanya lima, otomatis pasti napasnya puanjang-puanjang nih. Mesinnya, sepertinya di develope dengan menggunakan pelumas silkolene SAE 10W-40, tuh ada tulisan/stikernya.

Norton Commando 961 Sport-13

Mesinnya boleh biasa aja, tapi peranti pengeremannya itu yang luar biasa, bayangin, motor retro perangkat remnya semuanya pake brembo! Superbike aja gak gini-gini amat, wkwkwk :mrgreen: . Gak percuma emang buatan Inggris.

Norton Commando 961 Sport-15

nyes!
nyes!

Norton Commando 961 Sport, emang bukan motor sembarang. Gak berlebihan kayaknya judul yang MMBlog bikin, motor manapun kayaknya bakalan ngompol dan minder kalau deket-deket sama ini motor Sob, huahaha ๐Ÿ˜† . udah rare, spesial, handmade alias dibuat pake tangan di Donington Park, tentu membuat motor ini jadi amat sangat spesial! Oke deh, sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah masbro! Sayang, MMBlog belum kesampean untuk test ride, tapi ngeri juga sih, daripada sayah ikutan ngompol, kan kocak, udah gitu harganya juga gak main-main ๐Ÿ˜†

.

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

13 COMMENTS

  1. Motor yang masuk si unyil neh pas jalan” ke inggris emang gila detailnya karena handmade dan harganya di inggris aja gak murah dan limited ya wajar aja harganya gak main”. salah satu pabrikan motor tertua jg neh. norton kaya merk antivirus aja. hehe…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here