Test Ride Suzuki GSX1400, Si Besar Yang Suka Menggeliat Manja! Index Bahagia Tingkat Tinggi!

28

Suzuki GSX1400 Test Ride-22

Sobat MMBlog sekalian, dari zaman kuliah, MMBlog udah ngefans berat sama motor ini. Sampai-sampai rela dan sudi ngeprint gambarnya untuk dijadikan sampul filing :mrgreen: . setelah aktif menjadi blogger roda dua tanah air, Alhamdulillah, MMBlog malah berkesempatan untuk menunggangi dan riding bareng motor ini masbro, mbahnya Thunder 250 kalau MMBlog bilang, kalau dari Suzuki Motorcycle, motor ini punya nama Suzuki GSX1400, kalau empunya ngasih nama, motor ini namanya Mbak Souzy :mrgreen: . untuk artikel review fisiknya, bisa temen-temen klik disini yah (klik). Oia, ini artikel agak panjang yaaaa.

GSX1400-3-2

Sekarang kita bahas mengenai gimana impresinya ketika dikendarai. Untuk rutenya, kalau temen-temen suka riding di Sudirman, Asia Afrika, ya disitulah Sob, treknya gak terlalu jauh, tapi muter-muternya berkali-kali. Pengen tahu gimana kalau kena macet, kalau rada lowong, terus gimana juga kalau dibawa muter balik, karena seperti yang udah MMBlog tulis sebelumnya, kalau ini motor beratnya amit-amit! Udah gitu, dimensinya sama sekali gak bisa dibilang kecil! Oke, MMBlog mulai dari performa!

Performa

Suzuki GSX1400 Test Ride-15

Mesin 1400 CC, empat silinder segaris, terlihat itu mesin emang gede banget! Dicat hitam, dan terlihat pula gak ada radiatornya! Di awal pikiran, MMBlog kebayang bahwa motor ini bakalan punya panas mesin luar biasa, ah, tapi itu kan dipikiran, belum tentu aslinya kan? Oke, setelah mendapatkan restu yang ikhlas dari empunya, dan mendapatkan kunci, tegakin motor “preeett” sampe tekentut-kentut saking beratnya 😆 . MMBlog masukan kuncinya kelubang kunci, putar ke posisi on, terdengar fuel-pump bekerja, waaah injection nih! tarik tuas kopling, dan tekan tombol stater, nguk..nguk.. Whheeemmm!!!! WOW, suara yang dihasilkan amat sangat merdu Sob, khas mesin empat silinder, namun karena kapasitas silindernya besar, suara mesin juga terdengar kuat, belum lagi suara knalpotnya yang ngebass dan “deep”! tarik kopling lagi, masukin ke gigi 2 “ciklik” Syeemmmm, alus banget koplingnya! Beda sama ER6n yang “BLETAK!” :mrgreen: ! keren!

Oke, lepas kopling dan kasih sedikit puteran gas, wuiihhh, seketika, hilang, sirna perasaan berat dan besarnya dari dimensi Suzuki GSX1400! Duduk di GSX1400. Berasa duduk di motor-motor macam Thunder, Tiger, Scorpio, tapi dalam ukuran yang besar! Berasa bener kayak naik Kebo! Dibilang On The Bike enggak, dibilang In The Bike juga enggak! Ergonominya, berasa rileks, namun tidak serileks cucunya Thunder 250, footstep masih lurus dengan jok, jadi kaki tidak ke depan, setangpun demikian, profilnya tinggi, namun karena jarak dari jok ke setang terpisah jauh oleh tangki yang besar, mau gak mau tangan jadi menjulur juga. Okelah buat harian dan touring!

GSX1400-8

Balik lagi ke Performanya, di awal MMBlog udah punya pikiran, mesin konvensional, 1400 CC, torsinya banyak pasti! dan itu emang bener adanya! Dibilang kenceng, gak berasa kenceng Sob! tapi angin emang terpaannya kenceng! betot dari gigi 1, sampai rpm 6000, suara mesinnya “gitu doang” ketawa-ketawa gak jelas, tapi speed udah sampai 90 km/jam, wakakakakk :mrgreen: . langsung shifting ke gigi 2, melonjak memang jarumnya ke 100 km/jam dan treknya habis masbro 🙁 . Jujur, tenaganya ternyata tidak mengintimidasi, malah masih dalam kendali maksimal! Nikmat, dan penuh rasa senang!

Suzuki GSX1400 Test Ride-11

Dibawa pelanpun, ini motor sama sekali gak endut-endutan! Tenaganya bener-bener menyatu dengan respon throttle masbro. Sekali gasnya dipelintir lebih dalam, torsinya bakalan membawa temen-temen melesat! Dibadan gak terlalu terasa, tapi melihat garis putih putus-putus bergerak dinamis cepat, angin yang menerpa helm semakin brutal, menandakan bahwa motor memang melaju dengan kecepatan tinggi! Dan lagi, tubuh besar dan beratnya itu sepertinya yang memberikan sumbangsing tidak terasanya riding di kecepatan tinggi! Untuk harian? Mubazir, wkwkwk, untuk touring, menyenangkan! Jika di berikan penilaian: .

Performa : MMBlog kasih nilai 7 point dari 7

Ergonomi : MMBlog kasih nilai 6 point dari 7

Handling dan Suspensi

GSX1400-6

Ini dia yang amat sangat mengejutkan Sob. MMBlog pikir, tubuh besarnya bakalan susah untuk diajak menuver, ternyata seperti judul, ini motor ternyata seneng menggeliat manja, alias nurut dan manut banget diajak manuver! Changing line aka pindah jalur, dapat dilakukan layaknya mengganti jalur ketika kita bawa motor 150-250 CC! Agak kaget juga, kok ya tubuh sebesar ini bisa manja sekali handlingnya, nurut! Gak ada sisi berontaknya Sob! puter balik? Ini dia, ternyata segampang muter balikin Thunder! Wkwkwkwk, radius putarnya juga kan banyak banget!

Nikung dengan kecepatan tinggi, di tikungan hiperbolik di depan hotel atlit dapat dilakukan dengan presisi dan dalam kendali penuh! Luar biasa untuk motor dengan ukuran dan berat jumbo begini! 180 derajat sama si HD :mrgreen: .

Suspensinya gimana mas? Nah ini dia, ternyata redamannya gak empuk-empuk amat, agak keras malah kalau MMBlog bilang. Yaahh, ini motor kan bisa dibilang udah gak muda lagi, usianya udah hampir 10 tahun, denger kabar sih si Mbak Souzy ini suspensi udah diganti pakau Ohlins sama yang punyanya, wuiihh, jadi pengen riding bareng lagi sama Mbak Souzy, empunya lagi touring ke Indonesia Timur sih nih, xixixi, mantap! :mrgreen: . Jika dikasih nilai :

Handling : MMBlog kasih nilai 7 dari 7

Suspensi : MMBlog kasih nilai 6 dari 7

Pengereman

Suzuki GSX1400 Test Ride-7

Motor besar, berat, punya torsi segudang, pasti punya rem gak serius! Ternyata bener adanya, rem depannya satu kaliper pistonya ada 3! Gokil! Bahkan superbike aja biasanya hanya dua atau monoblock kan? Ini dikasih tiga! Jadi total ada 6 piston di kaliper depan, muantap! Performanya! Pastinya maknyuusss! Sekali jentik rem depan, tubuh besarnya itu sudah berdeselerasi dengan maksimal masbro, mantap banget!  Belum lagi kalau pakai engine brake, beeehhh, badan asli keguncang-guncang 😆

Rem : MMBlog kasih nilai 6 dari 7

Riding Quality dan Fitur

GSX1400-1-2

Riding bersama Suzuki GSX1400 bisa MMBlog bilang bakalan ngasih temen-temen rasa bahagia dan rasa seneng! Ya kalau ada penghargaan motor apa yang bisa bikin riding jadi tambah seneng, GSX1400 aka Mbak Souzy ini pasti jadi juaranya! Motornya asyik, diluar dugaan, pas riding juga mesinnya gak panas tuh! Dibawa macet juga okelaahh, asal gak dibandingin sama motor 150 CC pas selap-selip, kita pasti nerima bahwa emang dimensinya gede dan berat, namun sama sekali gak nyusahin buat selap-selip!

Koplingnya juga menggunakan kopling hidraulik yang empuk. Jadi tangan kiri gak gampak kesemutan atau pegal Sob. udah gitu, spion juga memperlihatkan gambaran belakang kita ketika riding dengan tampilan yang jelas! Fitur lainnya yang mungkin bisa dipakai pas touring adalah fitur heater grip, atau pemanas pada grip! Udah kayak BMW GS aja nih ada beginian! Mantap daaahh!

Suzuki GSX1400 Test Ride-20

Akhir kata, MMBlog bilang kalau Suzuki GSX1400 adalah satu dari motor terbaik yang pernah MMBlog jajal selain BMW K1300R dan Kawasaki ZX14R, motor-motor asli besar yang ternyata pas dikendarai sama sekali gak nyusahin dan menyenangkan! Oke deh, sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah!

28 COMMENTS

  1. Gak usah bayangin yg ini, bayangin naik Bandit 400 aja udah bahagia, wkwkwkwkkkk…. Suara 4 silindernya itu sesuatu banget…

  2. Nungguin Vandra test ride mesin gen V650nya Suzuki nih. VStrom atau SV650 yg baruu.. Ayoo van. Mnt unit test ride sama sis.

  3. Motornya gak ada radiatornya om? Kalo bawa siang2 paa macet2an lumayan tuh. Berartin itu yang didepan deket leher knalpot oil cooler ya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here