Kenapa Kok Kontes/Pelatihan Safety Riding Gak Pakai Spion? Ini Alasannya!

9

safety riding honda-9

Sobat MMBlog sekalian, ketika MMBlog merilis artikel kontes safety riding Honda Nasional di Palembang tahun lalu, lumayan banyak para pembaca yang antusias dan memberikan respon. Salah satu respon yang menarik menurut MMBlog adalah sebuah pertanyaan, “kenapa kok lomba safety riding, tapi spion di motor gak dipasang? Menyalahi aturan dong?” nah, kemarin pas ada acara safety riding bareng Wahana, MMBlog mendapatkan jawaban mantap nan logisnya, nih dia.

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

Pak Sis Ngasih penjelasan
Pak Sis Ngasih penjelasan

Spion gak dipasang itu objektif utamanya adalah agar membiasakan rider untuk melakukan “Check Point”. Check Point itu apaan mas? Simpelnya adalah nengok kanan kiri masbro, karena kalau pasang spion, kecenderungan rider untuk nengok jadi agak males, maunya lirik spion doang, tahu sendiri kan kalau melihat dari spion pasti masih ada blind spot, alias tempat yang emang gak kelihatan.

Safety Riding Honda-4

Nah, dengan ketiadaan spion ini mau gak mau rider kan kudu nengok tuh, make sure semua baik-baik aja, gak ada orang yang deket sama motor, gak ada objek yang bisa mengganggu rider pas mau mulai jalan, gak ada tuh yang namanya standar turun belum dinaikin, dan lain-lain. Terlihat, semua instruktur yang lagi ada di tkp waktu itu pas lagi mau mulai jalan, pasti melakukan check point, yah bukan kontes lho padahal, hehe, tapi tetep mereka melakukan itu?

AHM Safety Riding-5-3

Implikasinya? Jelas, akan sangat berguna dan menjadi habit yang positif apabila sedang riding dijalanan Sob. naaah, udah jelas kan jadinya kenapa itu spion gak dipasang? Alesannya ya itu tadi, supaya ngebiasain ridernya untuk tengok kanan kiri masbro! Sip, sekian, terima kasih, dan semoga berguna. Btw, kalau lagi riding, spionnya jangan gak dipasang yah, dipasang juga dibentangin lho, jangan dilipet :mrgreen: .d

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

9 COMMENTS

  1. Banyak dari rider cewek yg ga pernah tengok2 nih harus nya gimana spion perlu nengok juga perlu.tapi banyak dari polisi dan orang tua bilang ga usah nengok2 kaya orang desa aja cukup spion uda cukup kan bingung.sok kalau ditilang ama polisi pasti alasan nya kudu pasang spion biar ga nengok2 kaya monyet padahal cuma mastiin aman aja.pengalaman om.mkasih hahahaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here