Honda CX500, Ketika Honda Punya Mesin Motor Kayak Motoguzzi!

3

Honda_1981_CX500B

Sobat MMBlog sekalian, sebenernya udah lama pengen bikin artikel ini. Terinspirasi oleh sosok motor yang parkir di parkiran moge Senayan City, MMBlog dibikin nungging-nungging ngelihat motor tersebut. Kenapa? Karena model mesinnya itu loh, mesinnya unik! Boxer bukan, karena kalau boxer kan flat, inline bukan karena ada dua silinder head, V-Twin?? Bisa dibilang gitu, tapi gak V-Twin kayak Harley-Davidson, melainkan V-Twin Longitudinal kayak mesin Motoguzzi! Setelah browsing sana sini, ternyata nama motornya adalah Honda CX500!

cx500e

Honda CX500 adalah varian motor sport Honda yang diproduksi pada tahun 1970-1980-an. Mesinnya mengusung mesin empat langkah, longitudinal 80 derajat, OHV dengan pushrod, terus klepnya ada empat per silinder, CC pasnya 497 CC, dengan bore x stroke 78 x 52 mm (completely overbore!) dan dengan kompresi 10,0 : 1 . Oiaa, Honda CX500 menggunakan karburator, tapi udah menggunakan CDI ternyata ini motor Sob. Terus powernya ada dikisaran 50 daya kuda @ 9000 rpm dan torsi 46 Nm @ 7000 rpm. Gigi-nya ada lima dan transfer power dari mesin ke ban menggunakan gardan!

Honda Cx500 80

Honda CX500, seiring dengan perkembangan zaman, memiliki beberapa varian. Mungkin ini motor waktu itu lumayan laris dipasaran, makanya dibikin dengan beberapa model. Ada yang menggunakan turbo yang mana ini motor dibalut oleh fairing, terus ada juga yang bermodel custom cruiser Sob yang modelnya kayak chooper-chooper gitu. Terus juga seiring dengan bertambahnya waktu, lahir juga Honda CX400 dan Honda CX650.

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

1980-honda-cx500-1
sempet dipake jadi motor polisi, jadi reliable!

Terus yang MMBlog lihat di Senayan City gimana tuh? Itu motor udah gak standar masbro, udah dimodif dengan tema caferacer. Selidik punya selidik, ternyata motor itu milik artis skaligus penyiar radio Imam Darto, wkwkwk, temen-temen bisa lihat motornya itu di Instagram miliknya 😆 . kayaknya sayang bener Mas Darto sama itu motor, ya iyalah bener-bener rare bike di Indonesia yah Sob. mudah-mudahan nanti ada kesempatan buat ngeliput langsung!

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

Turbo
Turbo

Opini MMBlog, kayaknya asyik nih kalau ini mesin kembali dilahirkan oleh Honda dan dipasang di motor retro anyarnya. Asli mesinnya unik banget ini Honda CX Sob! kalau mungkin motoguzzi sedikit manja dengan overheatnya, kalau si CX buatan Honda ini pasti lebih tahan banting dan reliable untuk digunakan harian! Oke deh, semoga berguna yah!

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

3 COMMENTS

  1. CX500 lagi heboh2nya dimodif cafe, srambler, atw bobber di luar negeri, harganya lagi naik2 kepuncak gunung, padahal di masanya dianggap motor abal2 (poorman’s guzzi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here