Jika Di Indonesia Ada 4L4y Rider, Di Amerika Ada Squid Rider!

35

image5

Sobat MMBlog sekalian, lagi asyik-asyik nyari informasi mengenai trend bikers di manca negara, MMBlog stuck dengan salah satu image atau sebutan Squid Rider. Hmm, di luar negeri, khususnya di Amerika, ternyata topik Squid Rider adalah topik yang hangat untuk diperbincangkan. Setelah MMBlog browse kesana-kesini dan membaca berbagai macam web serta blog, Squid Rider ternyata punya kemiripan sama tipikal/fenomena rider di tanah air yang biasa dikenal dengan istilah Rider 4L4y. Lanjut yuk.

Pengertian Squid Rider dari Urbandictionary:

A young motorcyclist who overestimates his abilities, boasts of his riding skills when in reality he has none. Squid bikes are usually decorated with chrome and various anodized bits. Rear tyres are too wide for their own good, swingarm extended. Really slow in the corners, and sudden bursts of acceleration when a straight appears. Squids wear no protection, deeming themselves invincible. This fact compounds intself with the fact that they engage in ‘extreem riding’–performing wheelies and stoppies in public areas. Squids wreck alot. Derived from ‘squirly kid’ 

Nah, bisa temen-temen perhatikan, bahwa definisi dari Squid Rider adalah rider ugal-ugalan, motornya dimodif jambrong blink-blink, kalau ketemu jalanan lurus ngebut gak karuan, ketemu tikungan beloknya kayak keong, gak pake riding gear sama sekali even itu helm, ada tambahan suka wheelie dan stoppie di manapun. Kalau diluar negeri, ban belakangnya dibuat superlebar, kalau disini dibuat kayak lidi, mantap!

Knalpot lokal-3

Okelah, kalau perkara modif motor, itu selera, taste. Duit juga duit mereka, jadi MMBlog gak ikut campur dan gak banyak komen. Tapi untuk perilaku berkendara, memang banyak juga persamaan antara Squid Rider dengan 4L4y Rider yah Sob. bedanya, di sana menggunakan supersport, kalau disini menggunakan motor yang lebih variatif. Kita bahas perilaku ridingnya:

Gak Pakai Riding Gear : temen-temen 4L4y demen riding gak pake helm, gak pake jaket, pake sendal, sama kayak Squid Rider. Nah, dari sini istilah “Squid” yang artinya cumi-cumi itu muncul, cumi-cumi kan bugilan dia, gak ada protektor atau pelindungnya sama sekali 😆 .

calamari

Bawa Motor Ugal-Ugalan : serobot sana-sini, blayer sana sini, kalau disini gak ada yang wheelie dan stoppie wong jalanannya rame, malah seringnya macet, wakakak. Kalau lurus, emang beneran narik dan kenceng banget! Kalau 4L4y plus ngerokok, wakakakak, pernah nih MMBlog kelilipan abu rokoknya, et dah ini mata panas bener! nyeesss

Nah, diluar negeri, Squid Rider tampaknya lebih mengerikan. Kenapa? Karena mereka menggunakan motor yang powernya lebih dari 100-an daya kuda. Tanpa ada proteksi sama sekali, tentu resiko tewas ketika mengalami kecelakaan akan semakin besar. Gak hanya itu, baik itu Squid Rider maupun 4L4y rider, perilaku berkendaranya gak hanya membahayakan dirinya, tapi juga bisa membahayakan pengguna jalan lainnya. Gak ada perhitungan, gak ada toleransi, yang ada gaspol rempol!

Kenapa MMBlog angkat topik ini? Karena sering banget MMBlog ketemu sama rider 4L4y Sob, gila, ngerih banget cara bawa motornya, mana pake knalpot suara brang-brong gitu lagi, duuhh, ngilu. Pernah waktu bawa Chibi 600, ada 4L4y yang mepet terus ngeblayer, dan narik, yaa ampuunn, yaudah MMBlog gas lebih dalem si Chibi, pake itungan detik, kesusul langsung, dan terlihat di spion wajahnya langsung cengar-cengir, ketemu di lampu merah, gak nyapa gak apa lho, mukanya datar kayak Saitama kalau ketemu penjahat, abis itu langsung blayer lagi dan masuk jalur busway, di revving sampe limiter motornya! Yaudah, ati-ati di jalan yah, hap hap hap.

average_saitama_wallpaper_by_dopplerdefekt-d9ku4uc

Terus gimana? Yah MMBlog sih hanya bisa ngingetin dan menghimbau, untuk temen-temen Squid Rider Indonesia aka 4L4y, yuk rider yang asyik, pake safety gear, at least helm lah gitu kalau jaket dirasa kepanasan, atau sepatu dirasa bikin gak nyaman, sama cara bawa motornya, udah santai aja, Insya Allah masih ada hari esok kok 😆 . atau mungkin ada temen-temen pembaca yang punya kerabat dengan tipikan riding yang seperti ini, coba untuk mengingatkan aja, yang penting kan udah usaha 😀 betul gak?

Oke deh, kita bahas fenomena-fenomena rider lainnya di next artikel yah Sob.

35 COMMENTS

  1. Kebetulan saya rider yg suka kecepatan.berarti saya alay gitu? Hadehhh .orang tua ngebut karna buru2 ada urusan mendesak itu alay.bahaya nih kata alay itu apa?.yg alay itu sampean yg ga bisa liat situasi dan kondisi para rider indonesia.masing2 aja klo emang ada yg salah atau membahayakan ingatkan lah.tolong kaji ulang tulisan nya om.cuma orang yg ga punya motor yg ga pernah ngebut naik motor itu logika.semua orang alay dong.hahahaha

    • @Didi Supriyadi: baca dulu yang bener mas, dipahami dulu isi artikelnya.
      biar gak kelihatan dangkal otaknya ya ..
      salam damai & pintar ..

    • halo mas didi, ngebut silahkan lho mas, tapi ada beda signifikan antara ngebut seruntulan sama ngebut perhitungan, kalau 4L4y ngebutnya seruntulan mas, bahaya, gak tau kondisi, ya udah dijelasin lah ya sama temen-temen komentator lainnya, tengkyuu

    • Nih orang minta dikaplok congore…ngoahahaha
      C’z u must to know…..

      >> Honda adl takdir
      >> Honda adl kenyamanan
      >> Honda adl jati diri
      >> Honda adl kekuatan
      >> Honda adl kemapanan
      >> Honda adl keniscayaan
      >> Honda adl kemenangan
      {{{{{ CHOICE OF THE CHAMPION}}}}}

    • kayaknya kamu memang alay ah..
      lagian jgn malu disebut alay,sebutan alay kan tidak melanggar hukum
      kalau disebut residivis,sepantasnya merasa malu

    • Tiger26 (The Power of Dream) March 12, 2016 at 7:20 pm
      Nih orang minta dikaplok congore…ngoahahaha
      C’z u must to know
      dst.

      scara structure,
      setelah must kaidahnya ga pake to
      beda halnya menggantikan must dengan have to
      jadi you must know padanannya you have to know

  2. Riding gear nya om didi.. -. –

    Om vendra nah ini udah ada yg protes karena d sebut ngebut, bentar lagi kayak nya bakal ada yg protes karena knalpot nya Ente debut td Om ven.. :v

  3. Om didi kalau mau cepat semua juga mau cepat sampai pastinya.. Tp d sini yg d tekan kan Om ven adalah yg mana se enak nya aja d jalan.. Udah ngebut tanpa riding gear.. Terus d jalan kayak empunya jalan.. 🙂

  4. Klo disini, kota jember….memang harusnya ditorkop/ kaplok ndiase….jengkel ane….
    C’z u must to know…..

    >> Honda adl takdir
    >> Honda adl kenyamanan
    >> Honda adl jati diri
    >> Honda adl kekuatan
    >> Honda adl kemapanan
    >> Honda adl keniscayaan
    >> Honda adl kemenangan
    {{{{{ CHOICE OF THE CHAMPION}}}}}

  5. Van, suka liat gak sih rider2 seperapat liter yg gegayaan bawa motor gak pake helm, mboncengi cewek. Soalnya sepanjang jalan kerja, saban hari sering ktm yg macam begitu. Mereka gak mau pake helm, biar mukanya keliatan “neng, liat abang nih motornya gede seperapat leter”. Nyang begini ini yg bikin image rider separapat leter jadi 4l4y. Kasian yang pake riding gear lengkap jd korban juga.

  6. wah kalo di Jakarta sih ada lagi aneh2…naek motor sport fairing udah pake helm,full protektor tapi kaca spion dilipat atau malah ga ada sama sekali,entah apa dibenaknya..

  7. Matikan 1 4l4y sebelum mereka memcelakAkan or mematikan puluhan rider or pengguna jalan lain yg dah sabar n safety riding.. #kalimatekstrim…wkwkwkwk

  8. kalo nggak salah itu ada kepanjangannya deh om.
    Stupidly Quick, Underdressed, Ignorant and Dangerous.

    Artinya suka ngebut nggak kira-kira, nggak pake safety gear, cuek bebek, tidak memperhatikan keselamatan dan membahayakan (baik dirinya sendiri maupun orang lain).

  9. sore-sore jalan boncengan pake motor ban cacing jalannya kenceng dan zig-zag (kurang 4L4Y nggak tuh)… biasanya sih cuma saya doain semoga sampai di tujuan dengan selamat… selamat sampe UGD… hehehehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here