Test Ride & Review Yamaha R6 Di Sirkuit Sentul, Habitat Aslinya! (Part 2)

2

Yamaha R6 Sentul-9

Lap Kedua, saatnya gaspol! Gigi 2, Betot gas, hentak langsung, kyaaaaaaa…. badan langsung kebetot! Ketarik kebelakang! Serta merta deru angin langsung menerpa helm HJC Lorenzo yang MMBlog gunakan! Raungan kencang knalpot, getaran yang berirama padat langsung menjangkiti setangnya! Lihat speedometer, laahh kok 120?? Perasaan udah kenceng banget, walahhh ternyata satuannya adalah MPH!! Wkwkw, ya kalau dikonversi ke KMH kurang lebih jadi 180 km/jam! Sadiisss itu dari R4 menuju S Besar Sob, langsung lemeess sayaahhh 😆

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

bongkok yah, jinjit lagi
bongkok yah, jinjit lagi

Posisi riding yang sporty, napas yang ganas di putaran atas, membuat R6 seperti mendapatkan jati dirinya! Yups, ini motor emang cocoknya dipakai di sirkuit! Pilihan yang amat sangat tepat apabila temen-temen butuh motor yang berguna sebagai penghibur di sirkuit! Di straight alias trek lurus MMBlog sempet intip speedometer, dan bisa tembus sampai 160 MPH, yaahh kalau dikonversi ke kilometer per jam, kurang lebih 240 km/jam kang maasss! Terus gimana dengan rem-nya?

Yamaha R6 Sentul-4

Mumpuni! Pakem, malah MMBlog bilang pakem banget! Dari 240 km/jam, terus ngerem ke 100km/jam memasuki R1, gilaa badan terasa banget hempasan ke depannya. Beruntung ini motor pas banget untuk badan MMBlog, hempasan ke depan dapat diredam dengan bongkoknya badan dan tahanan lengan di setang! Praktis, saat itu hanya rem depan saja yang MMBlog tekan, kaki bebaasss!!! Motorpun gak ada yang namanya gejala ngelimbung, atau ngebuang, buat pemula yang pengen nge-track pokoknya cucok banget dah!

Yamaha R6 Sentul-5

Terus gimana nih mas dengan handlingnya? Kebetulan, motor ini sudah menggunakan Ban Pirelli, jadilah bener-bener asyik diajakin belok Sob. MMBlog sih gak ngerebah-rebah amat, yaa gimana, gak pake knee slider, xixixi. Yang jelas, ini motor nurut! Jinak, dan sama sekali gak susah untuk diajak belok kenceng di sirkuit Sob! lagipula, bongkoknya itu bener-bener bikin enak buat ngerebahin motor, mana bannya extra ngegrip lagi, jadilah makin menyenangkan! Apalagi kalau temen-temen terbiasa menggunakan teknik counter steering buat belok, R6 bisa banget ngikutin, dan bener-bener terprediksi arahnya!

Tapi, yang namanya motor sport, even itu dibawanya kenceng, di sirkuit, berkat kompresinya yang tinggi banget itu, ini motor rasa panasnya lumayan juga yak nyerang paha, xixixi. Tapi emang gitu sih supersport atau superbike, jangan ngarep hawa adem daahh, wkwkwk. kalau pengen yang adem-adem mah silahkan intip atau jajalin moge adventure aja Sob, yang kompresinya relatif rendah, pasti enaakkk!

Yamaha R6 Sentul-3

MMBlog sempet diskusi sama Om Kobay, MMBlog bilang kalau R6 ini asyik banget, tapi om Kobay gak sependapat. Telisik demi telisik, gak taunya beliau emang udah fatique badannya Sob. udah lumayan kelelahan abis ngejajalin MV Agusta Brutale 675, 1090, F3, dan lain-lain. Wajar emang saat itu, tenaga bener-bener kekuras habis. Hawa panas, geber motor kenceng, kena hempasan akselerasi, kena dorongan kuat deselerasi, bikin stamina kekuras! Tapi entah kenapa, bawa R6 di sirkuit tuh nagih bingiittzzz!

Oke deh, kalau ada kesempatan, silahkan temen-temen jajalin gimana Yamaha R6 di sirkuit sentul, dan buktiin omongan MMBlog kalau ini motor emang habitat aslinya yaaa di track! Terus, untuk artikel berikutnya asyik nih kayaknya kalau dibikin komparasi antara Yamaha R6 dan Honda CBR600RR ketika diajak ngetrack di sirkuit!

Sekian dan semoga berguna yah! Awas pusing karena kepengen, xixixi 😆

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

instagram

Villa Kanaya

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here