Kenalan Dengan Suzuki GN250, Motor Suzuki Dengan Mesin Thunder di Eropa Sana! (Part 1)

0

GN250-6

Sobat MMBlog sekalian, seperti yang udah MMBlog sempet sharing di facebook kemaren, kalau minggu ini MMBlog kedatengan motor kost lagi untuk direview harian. Motornya kali ini dari merek Suzuki, yakni Suzuki GN250. Motor apa tuh mas GN250? Kalau temen-temen bukan rider Thunder 250, nama Suzuki GN250 emang asing banget, tapi kalau temen-temen adalah Thunder 250 enthusiast, Suzuki GN250 adalah motor yang amat sangat spesial, gimana gak spesial coba, ini motor cuman ada satu di Indonesia, wkwkwkwk, dan unitnya lagi MMBlog review niihh. Terus motornya sendiri tuh gimana sih emangnya mas? Lanjut yah.

GN250-3

Suzuki GN250 atau motor Suzuki yang punya kode produksi NJ41A ini adalah motor Suzuki yang bermodel jadul, retro, sekilas kayak cruiser yang selonjoran, tapi enggak sama sekali. Mungkin lebih tepat kalau disandingkan dengan Kawasaki Estrella Sob. modelnya bener-bener jadul Sob, diproduksi dari tahun 1982 sampai tahun 2006 modelnya sama sekali gak berubah! Palingan ada versi GN250 dan GN250E, yang mana GN250E adalah varian dari GN250 yang menggunakan casting wheel aka pelek racing, bukan menggunakan pelek jari-jari. Nah, pas dikasih yang versi E ini pada tahun 1990-an, ini motor juga udah aja pakai electric stater, yups gak ada engkolnya lagih.

Terus mesinnya gimana sih mas? Ini diaa, mesinnya menggunakan mesin yang sama persis kayak mesin Thunder 250. Bisa dibilang, mesin Thunder 250 itu adalah mesin yang super duper tangguh! Dari tahun 80-an sampe sekarang, ini mesin masih aja diproduksi terus-terusan Sob. bahkan sampai eksistensi Suzuki GN250 selesai pada tahun 2006 aja, mesin ini terus dipakai sama penerusnya Suzuki TU250X aka Volty, dengan penggantian pengabutan bahan bakar dari karburator ke injeksi.

GN250-9

Bedanya apa mas sama mesin Thunder? Masa iya sama plek? Iya ada bedanya Sob. kayak untuk takometernya, Thunder 250 takometer digerakan secara elektrik dari koil, sedangkan GN250 ini digerakan secara mekanik, kayak ada kabel gitu yang masuk ke mesin, terus nyambung ke takometer, sama kayak Scorpio yah. Terus juga karburator yang digunakan, Kalau Thunder 250 menggunakan karburator mikuni BS32 sedangkan GN250 menggunakan mikuni BS34, hmm, venturinya emang lebih gede yah.

Lanjut ke bagian keduanya yah (klik)

instagram

Villa Kanaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here