Menghidupkan Honda XR650R Hanya Dengan Engkol, Tricky! (RoadRide Video)

9

XR

Sobat MMBlog sekalian, setelah kemaren MMBlog membuat artikel mengenai Honda XR650, naahh sekarang saatnya membahas mengenai hal terpenting dari motor ini Sob. yaitu cara menghidupkannya. Seperti yang udah MMBlog bilang, ini motor gak ada aki, bahkan enggak ada kunci, jadilah ngidupinnya kudu diengkol. Terus gimana caranya ngengkol motor dengan kubikasi 650 CC satu silinder? Wkwkwk 😆

Honda XR650-7

Awalnya MMBlog mikir pasti agak susah nih ngidupin ini motor, soalnya Bro Gilkun yang punya ini motor aja mukanye rada-rada asem bin suntuk pas ngeluarin ini motor (gak tau karena kurang tidur kebanyakan ngoding kayaknyah 😆 ), yawis, setelah mendapatkan informasi dan penjelasan dari Pak Sis, owner dari Honda XR650R ini, MMBlog coba praktekin satu per satu apa-apa yang udah beliau instruksikan. Oia, tentu sebelumnya MMBlog juga ngelihat beberapa video di youtube, tapi ya gitu, gak ada yang detail, hingga akhirnya RoadRide bikin video detailnya!

Pertama : Pastikan dulu, keran bensin ke posisi ON atau RES, kalau ke Posisi OFF, sampe kaki putus juga gak bakal idup itu motor 😆

Kedua : Kalau Mesin dalam kondisi dingin, pastikan chokenya kebuka, biar debit bensin jadi makin kaya. Kalau udah panas mah gak papa gak pake choke

Tuas dekompresi ada di deket tuas tuas kopling, di bagian setang sebelah kiri

Ketiga : PENTING! Tarik tuas dekompresi, maka engkol bakalan loncer, enteng banget, kocok-kocok dulu engkolnya (sambil tuas dekompresi terus di tarik)

xr1

Keempat : AGAK TRICKY! Tuas dekompresi ditarik setengah atau seperempat, sambil diengkol, lakukan hal ini beberapa kali, sampai di dapat tuas dekompresi dalam kondisi loncer, oplok-oplok, atau oglek-oglek, atau kendor.

Kelima : engkol sampai tuas engkolnya ke bawah, kalau bisa sekuatnya aja.

xr2

Keenam : kalau enggak idup, ulangi dari bagian “sampai tuas dekompresi oplok-oplok” 😆

Dari berbagai macam banyak percobaan, uji ini bisa dibilang yang paling moncer. Beberapa kali MMBlog engkol, motor masih suka gak idup, engkolan kayak masih nyangkut, gak bisa langsung bablas ke bawah.

Perhatian : gak boleh yang namanya ragu-ragu pas ngengkol, emang engkolan bisa naek dan punya daya tendang yang luar biasa kuat, tapi tetep okelaahhh, kalau biker sejati mah eceesss 😆

Naahh, kalau penasaran, silahkan temen-temen lihat aja videonya terlampir yah. Semoga bisa jadi inspirasi. MMBlog punya pikiran, belum jadi biker sejati kalau belum bisa ngidupin Honda XR650R, wkwkwkwk 😆 :mrgreen:

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

9 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here