Komparasi Honda CBR600RR VS Yamaha R6 di Sirkuit Sentul, Sama-Sama 600CC Tapi Beda!

14

_AFG9312

Sobat MMBlog sekalian, bikin artikel komparasi motor nih, hehe. seperti janji MMBlog sebelumnya kalau MMBlog bakal bikin komparasi antara Honda CBR600RR dan Yamaha R6 ketika ini motor dua-duanya berada disirkuit sentul. Buat temen-temen yang belum baca artikelnya, silahkan baca artikel Honda CBR600RR di sini, terus untuk Yamaha R6, di sini, dan di sana, naahh, MMBlog ngetest dua motor ini di hari yang sama Sob, hanya saja CBR600RR MMBlog jajal pas agak pagi, sedangkan untuk Yamaha R6 udah sore alias badan udah lumayan ngerentek, xixixi. Oke deh, lanjut yah.

Ergonomi

ELA_6996

Yamaha R6 dan Honda CBR600RR sejatinya adalah motor sport, supersport, 600 CC, ini motor pakai sarung alias fairing. Keduanya adalah rival sejati, motornya loh ya yang jadi rival, kalau ridernya mah kayaknya bersaudara aja tuh, hehe. dari motor sport ini, udah bisa kok diketahui kalau ergonomi keduanya bakalan bongkok abis! Tapiii, ada bedanya! Honda CBR600RR ergonominya masih sedikit lebih bersahabat Sob, karena jarak dari setang ke jok itu gak terlalu jauh, beda sama R6 yang jaraknya lumayan jauh, terus juga posisi setangnya lebih rendah.

Yamaha R6 Sentul-11

Untuk unit yang MMBlog jajal ini, Honda CBR600RR nya setangnya udah lebih dibongkokin dan disetel lebih nekuk, jadi yaaa udah mirip-mirip sama R6 walaupun jaraknya masih tetep jauhan Yamaha R6. Kalau R6, MMBlog bener-bener rebah tengkurep euy, hehe. bisa dibilang, ergonomi R6 lebih siap dibawa turun ke track, sedangkan CBR600 kudu ada setting sana sini lagi.

Performa

Yamaha R6 Sentul-4

Ini adalah hal yang lumayan ngebedain antara Honda CBR600RR dan Yamaha R6. Honda CBR600RR punya power yang agak lebih, MMBlog bilang agak lebih loh yah, agak lebih ngisi di putaran bawahnya. Kayaknya Honda CBR600RR bener-bener dirancang untuk bersahabat dengan kondisi jalan yang stop and go, atau kondisi jalan traffict yang butuh putaran bawah lebih cepat tenaganya terus ngisi sampe red line Sob, asyik bener daaahhh, temen-temen bisa lihat di youtube ketika CBR600 diadu drag sama Yamaha R6, di awal CBR600 emang lebih njengat. Ini dia yang ngebedain sama Yamaha R6, putaran bawahnya lebih smooth, tapi masuk Rpm 10.000 ke atas, dia bakalan teriak, tenaganya ngisi! MMBlog mah amatiran, jadi tenaga keduanya pasti berasa banget kencengnya, top speednya pun hampir sama di tangan MMBlog, dapat sentuh 240 km/jam-an dengan sangat mudah :mrgreen: .

Kalau buat trackday, tenaga supersport Jepang 600 CC, MMBlog rasa udah cukup kok buat nguras adrenalin. Udah gitu motor juga lebih enak dikontrolnya, karena dimensi juga gak kelewat gede, power juga masih bisa diprediksi dengan lebih presisi.

Handling

ELA_7051

Ngomongin ngetest motor di sirkuit, yang paling penting itu sebenernya handling Sob, gimana kalau motor dibelokin, nurut enggak ,antep enggak, dan lain-lain. Naahh, supersport Jepang kayak Honda CBR600RR dan Yamaha R6 punya handling yang sama-sama menyenangkan! Ini motor relatidf lebih mudah ditekak-tekuk, dan jinak. Tapiii, MMBlog merasakan kalau Yamaha R6 lebih punya potensi handling yang lebih baik ketimbang Honda CBR600RR, kenapa gitu? Karena ergonominya lebih sporty terus juga motor lebih slim ketimbang chibi. MMBlog mah kurang tau ini motor dua-duanya udah disetting kayak apa suspensinya, yang jelas enaaak banget deh dibawa belok dikecepatan tinggi! Nikung R1 140 km/jam maahh biasa banget rasanya pake ini motor Sob, seriusan! Kalau Pro malah bisa 160 km/jam, wkwkwkwk, ngiluuu banget!

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

Jalan Yuk
Jalan Yuk

Terus kesimpulannya gimana? Gampangnya sih kalau MMBlog boleh berpendapat, Honda CBR600RR itu akan “lebih” enak untuk digunakan sebagai supersport harian, kalau mau buat track, tentu harus ada setting lebih ina itu biar jadi pas untuk peruntukkan sirkuit. Sedangkan Yamaha R6 standarnya udah langsung bisa turun track Sob. terus, MMBlog pribadi pilih mana? Kayaknya pilih Chibi deh, soalnye udah pernah ditest harian, jadi tau plus minusnya, mungkin kalau R6 udah di test harian, beda lagi ceritanya 😆 .

Yang jelas, keduanya bikin puyeng karena suara empat silindernya itu bikin telinga MMBlog keenakan, huahahaha :mrgreen:

Oke deh, semoga menginspirasi ya, sekian dan terima kasih!

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

instagram

Villa Kanaya

14 COMMENTS

  1. entah knp.. ane lebih kesengsem ama r series.. r15 mungkin kalah dari segi mesin ama cb, kalo muka relatif lah.. tp kalo area buntut belakang itu. sesuatu bgt.

  2. Naik r6 d bilang r25 modf ato ninja modif
    Krna byk skali faring modifan yg mirip kyk body r6
    Untung ga d blg r15 modifan
    Huahhahaha
    Auranya beda sama cbr600

  3. Kang,
    Itu udah di modif race ya.
    Hihihi
    Jok nya kayak fiber doang gitu..
    Biar bisa mlosot” pantatnya..
    Hihihi
    ,settingan sama dengan standart atau di ubah semua itu kang?
    Hehhehe

  4. Kang,
    Itu udah di modif race ya.
    Hihihi
    Jok nya kayak fiber doang gitu..
    Biar bisa mlosot” pantatnya..
    Hihihi
    ,settingan sama dengan standart atau di ubah semua itu kang?
    Hehhehe kepo nih

  5. yah blogger abal2 yg ngarah ke promosi honda series yg ribet dan overprice…. lain kali yg real mas klo nulis komparasi, yg sering sirkuit pasti ketawa liat komparasi ente….
    skip aja dah blog kaya gini

  6. @ cbr is the best
    lah ente bilang skip aja, tp ente komen d blog ini, brarti ente pemerhati blog ini, haha dasar haters ga guna
    lagian kalopun ente sering ke sirkuit apa ente udah pernah buat ulasan tentang test ride sebuah motor, minimal ttg perbandingan supersport buat jepang kayak di artikel ini
    gmana?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here