Adjuster Atau Setelan di Tuas Kopling/Rem, Penting Gak Sih?

6

kopling er6n

Sobat MMBlog sekalian, salah satu fitur sederhana yang tampaknya sering luput dari pandangan mata adalah adjuster atau setelan yang ada di tuas kopling atau tuas rem. Biasanya, yang pakai sistem begini ini adalah motor besar Sob. malahan, hanya Thunder 250 doang loh motor lokal 250 CC yang pakai adjuster di tuas rem-nya, mantaap! Terus, fitur ini sebenernya penting apa enggak sih?? Ayo kita cek.

Setelan Tuas Rem, Penting!

F78514776

Kenapa MMBlog bilang penting, soalnya jari tiap orang itu beda-beda panjangnya! Terlebih motor juga biasanya juga punya jarak main tuas rem yang berbeda-beda! Terkadang ada orang yang jarinya gak terlalu panjang, agak-agak bantet jahe gitu, naahh, kalau jarinya agak kesulitan menjangkau tuas rem karena tuas rem itu terlalu jauh jaraknya dari handgrip, maka pengeremanpun jadi gak bisa maksimal, butuh effort, butuh waktu! Lain hal kalau ada adjuster, tinggal sesuaikan.

Untuk yang jarinya pendek, tuasnya disetel di posisi yang paling dekan dengan handgrip, terus kalau jarinya panjang, supaya lebih nyaman, di setel agak jauh dari handgrip!

Setelan Tuas Kopling, Penting Banget!

kopling er6n-2

Ini sebenernya gak terlalu lazim di temuin di Motor. MMBlog nemu setelan ini baru di Kawasaki ER6n dan moge-moge BMW. Fungsinya? Sama kayak tuas rem, mendekatkan tuas dan menjauhkan tuas dari handgrip. Tapi gak hanya itu, lebih krusial lagi, bisa disetel pengen “jauh” atau “deket” koplingnya! Itu loh, kalau motor koplingnya deket, baru dilepas dikit motor udah ngeloyor, kalau koplingnya jauh, dilepas banyak dulu baru bisa jalan.

tiger-800-800xc-clutch-lever-span-adjustable--14207-p

Fungsinya? Karena ada setelan ini, dengan cepat kita bisa ngubah setelah kopling Sob, kalau lagi macet, koplingnya di setel deket agar jemari kiri lebih presisi ngatur laju motor. Terus, kalau lagi lengang, tuas bisa disetel jauh supaya gear shifting bisa lebih efisien! Colek dikit, cklik!!!

Fitur begini sebenernya gak mahal-mahal amat! Malah di beberapa lever atau tuas aftermarket udah terintegrasi dan tinggal pakai! Terus gimana menurut temen-temen?? Semoga berguna yah!

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here