Nih 5 Syarat Utama Touring Jarak Jauh Menggunakan NakedBike Atau Roadster?! Bisa Banget!

7

touring-2

Sobat MMBlog sekalian, ketika meliput launching outlet Respiro di Pasar Minggu, MMBlog sempat berbincang sedikit dengan Mas Mario, ternyata materi ini juga beliau sampaikan ketika menghadiri Satu Dekade HSX125 di Buperta Ragunan. Tema yang sangat sederhana, emang bisa touring jarak jauh pakai Nakedbike/Streetbike/Raodster? Biasanya kan orang touring pake motor adventure? Jawabnya, bisa banget! Nih syarat-syarat utamanya!

  1. Pelajari Rute

turing-hbd-new-cb150-3

Sebelum temen-temen touring dengan menggunakan roadbike/roadster yang paling pertama harus temen-temen lakukan adalah survey rute? lah, rempong dong mas? Gak usah rempong, cukup dengan buka internet, masuk ke mbah google, terus buka google earth, cek rutenya! Apakah rutenya aspal? Tanah? Pasir, jalanan rusak parah? Naahh, roadster itu habitat aslinya adalah aspal, tapi masih bisa mentoleransi jalanan tanah yang gak terlalu bergelombang, silahkan cari rute terbaik!

  1. Pilih Ban Yang Kompatibel

michelin-anakee-2_tyre_large

Ban, sebenernya bisa aja kok pake ban on-road, tapi temen-temen bakalan lebih nyaman kalau pake ban on/off road. Ini ban patternnya gak sekembang tahu ban offroad, emang agak kotak-kotak gitu, dan patternnya dalam. Contohnya adalah ban yang dipakai di BMW GS, atau Ducati Multistrada. Pilihannya banyak kok, Pirelli ada, Michellin juga ada yang tipe Anakee, atau Swallowpun punya tipe SB117.

  1. Atur Setang!

wpid-img_20151109_150003_ao_hdr_wm.jpg

Setang berkaitan erat dengan ergonomi, yang pengaruhnya besar banget ke kenyamanan dan endurance berkendara Sob. nakedbike, punya setang yang highly adjustable! Fleksibel kalau mau ditinggiin, karena cukup dengan bongkar pasang ganti setang yang lebih tinggi, pasang raiser, puter sana ā€“ puter sini, tinggal cocokin dengan posisi dan kenyamanan kita yang relatif.

  1. Kurangi Bobot Bawaan

touring

Bobot yang berat, bakalan membuat motor juga tambah berat. Motor Roadster yang tadinya ringan, lincah, jadi agak stiff kalau banyak banget barang bawaan. Kondisikan bawaan seperlunya Sob. makin enteng, makin enak ridingnya, makin jauh lagi daya jelajahnya, hehe.

  1. Bikin Bonding (Hubungan) Dengan Motor

touring-3

Ini emang agak absurd, tapi sangat penting! Mas Mario mengatakan bahwa ia memiliki Bonding dengan Benelli BN600 nya Sob. riding jadi semakin nyaman, semakin trust, dan bersyukur, motor gak pernah rewel! Kita kudu punya rasa sayang, dan peduli sama motor, walaupun pada kenyataannya motor hanyalah benda mati, tapi kalau diperhatikan, terawat, diperlakukan dengan baik, serta punya bonding khusus, riding dengannya akan membawa keselamatan dan kenyamanan!

Melihat BN600 milik Mas Mario emang agak aneh juga yah kalau dibawa touring jauh, tapi kenyataannya, ini motor udah sampe ke Paris! Butuh waktu beberapa bulan, mantaapp! Yang pernah touring jauh pake Roadster powerfull lainnya adalam Bro Bucek Deep, aje gile bawa Triumph Street Triple ke Medan, wkwkwkwk, ini motor kencengnya padahal ampun-ampunan (kata Om Kobay).

Oke deh, semoga bisa menambah referensi temen-temen yah!

7 COMMENTS

  1. Setuju……..BN memang enak dipake touring juga city riding. Dari awalnya agak ragu sampai akhirnya buktiin dipakai setiap hari…..ya setiap hari di kemacetan parah Jakarta, juga banjir2an gak pernah masalah. Tidak ada tuh yg namanya over heating yg umumnya menjadi momok pengguna moge. BN bener2 layak menjadi Moge Street Fighter……dibawa kalem bisa, cepet sedikit ok, atau agak ekstreem juga hayuuhhh aja. Akselerasi 4 Cyl yg sebenarnya baru lebih terasa setelah diatas 4000 RPM. Belum lagi yang bikin ngangenin adalah suaranya Bro……beda tipis dengan suara super car, inilah bedanya racikan mesin Italy yg memakai exhaust system 4-2-1 dng output 2 silincer……gahar abiiisss.
    Setahun ini KM sdh masuk di KM 36000 tanpa masalah yg berarti, 90% keliling Jkt dari daerah ujung cibubur, sumarecon bekasi, klp.gading, kota kasanlanka, central park, alam sutera, sumarecon serpong, bintaro exchange yg juga gak perlu repot cari parkir di mall2 tinggal ke lobby beresss….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here