SIM C2 (Khusus Moge) Di Triwulan Pertama 2016, Testnya Gimana Ya?

12

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

kalo CB500F pake C1
kalo CB500F pake C1

Sobat MMBlog sekalian, via otomotifnet.com diwartakan mengenai update dari rencana SIM berjenjang untuk sepeda motor, SIM C1 dan SIM C2. Jika pada awalnya rencana penerbitan SIM ini akan dilakukan pada akhir tahun, ternyata pemerintah sedikit mundur, dan ditargetkan pada triwulan tahun 2016. Kayaknya penerbitan SIM Khusus ini bukan lagi wacana Sob, udah digodok dan kalau semuanya udah beres tinggal dieksekusi. Jika di luar negeri, penjenjangan SIM kriterianya adalah pada power mesin, di Negeri Tercinta ini nanti akan dibedakan dengan kubikasi motor/silinder atau CC. Hmm, asik nih, terus testnya gimana yah?

bmw r nine t review-17

Pada tahun 2009, MMBlog bikin SIM Motor di Samsat Daan Mogot. Ternyata buah โ€œsok idealisโ€ dengan mengikuti prosedur dan bayar 75 ribu rupiah berbuah manis, yupss SIM dapat hari itu juga. Prosedurnya simpel aja, ikut test teori, dan ikut test praktek, untuk test kesehatan, mata, dan lain-lain kagak Sob, soalnya udah bawa surat keterangan sehat dari dokter, hehe. bermodalkan niat lurus, dari pagi hingga sore hari, akhirnya itu SIM berhasil di dapat, oia test prakteknya pake Thunder 125, selain ada Vega R, yah enakan pake motor kopling dah ๐Ÿ˜€ , untuk moge mungkin ceritanya akan berbeda.

cb650f

Cerita pertama dari biaya, kalau ikut prosedur dan jujur yaa pasti biayanya lebih mahal ketimbang bikin SIM C reguler, toh udah diomongin langsung sama Kombes Polisi Unggul Sedyantoro, โ€œjelas biayanya berbeda. Karena motornya (kapasitas mesinnya) berbeda. Sehingga biaya PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) dan lainnya akan berbeda pula,โ€ bisa jadi dua kali lipat biaya bikin SIM Biasa, ya gak papalah, asal beneran dapet ilmu baru aja sama pengalaman tak terlupakan, xixixi.

Cerita kedua dari Test, soal test teori mungkin umum, kayak pasal-pasal, lalu lintas, dll, naah yang menarik adalah prakteknya Sob. ini pake motor apaan?? Pake motor sendiri apa pake motor Polisi yeee? Motor polisi kan gede-gede amat noh, XJ900P sama FJR1300 ๐Ÿ˜† . kalau testnya disuruh melintir meliuk-liuk di cone, yaaa alamat banyak yang gagal, wkwkwk, kudu latihan dulu laahh (gagal di test, gak tau deh kalau ada drama setelahnya :ngakak: ), asyiknya sih bawa motor sendiri-sendiri aja kali yah, atau dengan sistem kayak di Belanda, pemohon akan dinilai cara ridingnya oleh polisi yang mengikutinya di jalanan umum!

z800-2

Oia, simulator maahh pasti iniiii

Objektif dari pembuatan SIM C1 dan C2 adalah untuk memberikan pemahaman lebih dan skill terhadap para pengendara motor besar, niatnya sih bagus pemerintah, tapi ada benefit laen gak nih? kayak boleh masuk Tol gitu? Kan udah dapet edukasi, jadi gak bakal deh seruntulan, wkwkwk ๐Ÿ˜† (edisi ngarep).

Okelah, ditunggu eksekusi penerbitan SIM C1 dan C2, yang jelas bakalan ada drama kocak, seru, dan haru di samsat pas lagi test praktek, wkwkwkwk. MMBlog kudu bikin ini soalnya Sob, riding pake si Merah aka Kawasaki ER6n lumayan sering, udah gitu rutenya rute razia melulu lagi, huahahaha.

semoga berguna yaaa, ada yang mau bikin juga??

 [/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

12 COMMENTS

  1. Bg van, nitip pertanyaan aja.
    Misal kalo dh ada sim c2 yg di atas 500cc itu berlaku gak buat 500cc ke bawah? Jdi gak perlu ketiganya kita punya (c, c1, c2) Misal punya sport 500 trus juga ada n250 ato sport 150 ?? Ato malah bebek gitu..
    Sekian makasih mas

  2. gw mikir… uu modifikasi kendaran bermotor… sim 3 tipe… nnti tiba2 ada gagasan motor belajar platnya harus learner warna beda di stnk juga warnanya beda menunjukkan stnk motor baru belajar.. kapasitas ruang bakar ga boleh lebih dr 250cc.. apalagi ya ide2 dr bapak2 kepolisian nnti…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here