Praktek SIM C1 dan C2 Pakai Motor Diatas 250 CC dan 750 CC, Nih 4 Kandidat Motornya!

10

bmw r nine t review-17

Sobat MMBlog sekalian, tampaknya wacana penjenjangan dan pengklasifikasian Surat izin Mengemudi khusus motor gak lagi menjadi wacana, melainkan sudah masuk ke rencana dan siap dieksekusi. Berita terbaru diwartakan oleh Kompas (1) bahwa eksekusi SIM baru ini akan dilakukan mundur dari rencana awal bulan April, menjadi bulan Juli paling lambat. Yang asik adalah, statement dari Pak Condro Kirono, bahwa untuk SIM C2, praktiknya akan menggunakan motor 750 CC, wuih motor apa nih?

Tadinya, pengklasifikasian SIM adalah sebagai berikut

SIM C : Untuk motor sampai kubikasi 250 CC

SIM C1 : Untuk motor sampai kubikasi 250 – 750 CC

SIM C2 : Untuk motor 750 CC ke atas

Nah, tampaknya sekarang udah FIX

SIM C : untuk motor sampai kubikasi 250 CC

SIM C1 : Untuk motor sampai kubikasi 500 CC

SIM C2 : untuk motor 500 CC ke atas (ER6n masuk dooong)

cropped-BMW-R1200-GS-2.jpg

Yang MMBlog highlight adalah statement dari Pak Condro mengenai motor yang akan digunakan untuk praktek. Naah, ternyata gak pakai motor sendiri yah Sob. untuk SIM C2 menggunakan motor 750 CC, dan C1 menggunakan motor di atas 250 CC. Terus pilihan motornya apa aja nih? nih MMBlog kasih beberapa contoh moge yang dijual umum di Indonesia atau moge dinas yang pernah dipakai Pemerintah :

2012-suzuki-gs500w

  • Suzuki GS500, SIM C1 (Tahun lumayan tua, gak tau deh kalau diimpor yang baru, dipakai sama PM)

Honda CB500F-4

  • Honda CB500 series, SIM C1 (Dijual resmi sama PT Astra Honda Motor)

11

  • Suzuki GSX750P. SIM C2 (udah agak berumur, walaupun masih lumayan seger unitnya, Dipakai PM dan Dishub)

honda-nc750-phien-ban-police-chinh-hang-tai-viet-nam

  • Honda NC750X, SIM C2 (udah masuk Indonesia, tinggal eksekusi nih)

Kandidat terkuat menurut MMBlog sih moge-moge dari Honda, yang 500 series dan NC750 Sob. soalnya ini motor kan seger, baru, ya keleus test sim pake motor jadul yang koplingnya keras terus oli soknya bocor, wkwkwk. dari statement ini yaa at least yang dipakai test motornya bersahabat, gak kebayang meliak-liuk pake Yamaha FJR1300 πŸ˜† .

Tapi, segala kemungkinan masih dapat terjadi, aturanpun masih bisa berubah. Yaa, pokoknya kita apresiasi dan sambut positif aja kebijakan baru pemerintah ini Sob. kalau emang pake NC750 kan lumayan pas nanti MMBlog bikin SIM C2, bisa sekalian test ride sama review, xixixi. Oke deh, semoga berguna yah!

10 COMMENTS

  1. Bisa ga ya, bahas artikel jgn honda terus? Ane tau situ blogger suapan AHM. Cuman namanya blogger netral dikit lah. Ada pabrikan lain, kayak viar, jarang bgt dibahas.

    Blogger mental suap ya begini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here