Ketika Moge Menjadi Target Pencurian Dan Perampokan, Curiga Jangan Waspada Harus! Nih Beberapa Tips Yang MMBlog Rangkum

18

cb500f-10

Sobat MMBlog sekalian, seminggu belakangan MMBlog dikejutkan oleh adanya peristiwa naas yang dialami oleh beberapa rider Moge. Kedua peristiwa ini adalah hilangnya motor karena dicuri dan dirampok. Kasus pertama adalah dibegalnya rider yang menunggangi Kawasaki ER6n di Indramayu Jawa Barat, terus yang kedua adalah dicurinya CBR1000RR dengan modus niat beli motor terus kemudian test ride terus dibawa kabur. Nah, MMBlog coba gimana sih emang supaya kita terhindar dari kejadian ini.

honda-nc750-phien-ban-police-chinh-hang-tai-viet-nam

Untuk Begal, ini emang agak ngeri, urusannya nyawa, fisik terluka, yang jelas para pembegal emang orang jahat yang tega melukai atau bahkan sampai membunuh korbannya. Bahkan, tante dari soulmate MMBlog sampai meninggal dunia karena begal seperti ini Sob, Innalillahi. Terus gimana cara antisipasi atau menghindarinya. MMBlog melihat begal sangat tebang pilih dalam menentukan objek atau target. Nah, temen-temen bisa bergaya Police Look untuk membuat para begal ini sedikit ciut nyali! Apa aja tuh Mas Police Look, contoh sederhana adalah pakai Rompi Hi-Vis yang berwarna fluorecent sama helm warna putih. Ntar kalau ketilang polisi gimana mas? Ya kan gak ada tulisan Polisinya, tulisin pake tulisan “BLOGGER”, wkwkwkwk.

Gujarat-Police-Motorcycle-Harley-Davidson-1-600x450

Ditambah lagi, bawa motor jangan terlalu santai Sob. sering-sering lihat spion, terlebih kalau malam, ada yang membuntuti, gak pakai lampu, langsung tancap gas kalau emang motor temen-temen kenceng! apalagi moge, jangan dikasih ampun, betot sebetot-betotnya! Yaahh, ini pengalaman MMBlog kalau riding malam dari luar kota Sob. tapi diusahakan juga, jangan sampai terlalu larut atau sampai dini hari ridingnya. Tambahan lagi, kalau ada temen konvoi, itu akan sangat baik dan membantu. MMBlog pernah dari bogor riding jam 12 malam ke Jakarta lewat jalan Raya Parung, ketemu rider Satria FU, kasih klakson, kasih jempol, ikutin dari belakang, yup jadi ada temen konvoi!

teh15

Tapi jujur dah, kalau gak kepepet-kepepet amat, gak usah riding malem dah, apalagi kalau sendirian. Mending di bawa bobo aja. Tapi kalau ngotot, ya itu, rompi hi vis sama helm putih Insya Allah bisa kok bikin wibawa kita jadi naek! Sama satu lagi, pilih jalan gede!

Terus yang kedua adalah moge yang dicuri ketika pencurinya punya modus pengen beli itu motor, terus test ride, eh malah dibawa kabur. Disini sebenernya ada beberapa solusi, pertama pasang GPS Tracker, kalau emang temen-temen sayang sama motornya, tentu sedikit effort masang GPS Tracker bukan hal yang tabu dan lebay, enak motor bisa dimonitor Sob. terus, liat-liat calon buyernya, mana yang serius, mana yang keliatan bloon, mana yang mencurigakan, yaa kita pasti punya insting kok. Terus kalau emang temen-temen tetep pengen ngasih test ride, ikutin dia atau tandem minta dibonceng! Laah gak papa dong, ente kan test ride Cuma biar tau ini motor masih seimbang apa kagak, atau endut-endutan apa enggak, jadi hanya kasih sedikit kesempatan untuk test ride.

cb650f

Yang paling aman sih sebenernya kalau jual moge ke temen, atau temennya temen, atau temennya temennya temen Sob, jadi enak bisa konfirmasi kesana-sini dulu gimana orangnya dll. Tanya juga sosial medianya, aktif di klub apa, ikut komunitas apa, gak ada salahnya kita kepo untuk kemaslahatan dan keamanan. Kalau emang udah jelas, orangnya jelas, sosmednya idup, baru kasih jajal, itu pun tetep kudu ada pengawasan yang kayak MMBlog bilang di atas.

Naah, itulah kira-kira saran yang bisa MMBlog kasih? MMBlog bersumber dari mana nih? tenang Sob, ini pengalaman pribadi, hehe. Insya Allah manjur! Semoga berguna yah!

18 COMMENTS

  1. Mantabbb tips nya mas….btw perlu pasang alarm plus cut engine ngga mas Vandra… kayaknya lumayan membantu juga kalo pas maling belum jauh bawa kabur motornya… cut engine pake remote n ajak tetangga buat “olahragain” tuh maling motor hehehe?

  2. Wiih parah juga itu
    Ada sedikit kelalaian si penjual juga sih mas.
    Kok test ride di biarin aja sendiri.
    Harusnya kan diawasi atau test ride di lapangan gitu di tempat yg di tentukan.

  3. nah parahnya kalo mau agak kenceng kadang jalan yang kita lewati itu agak gelap,
    kalo masalah test sie, moge saya rasa gak perlu test ride, paling aman jangan kasih test ridelah,
    kalo yg mau beli anak motor beneran pasti ngertilah..

  4. mungkin itu akibat polisi jarang memeriksa surat2 moge dijalanan otomatis pengguna moge measa aman termasuk pemilik/pengguna moge bodong.

    jika ada pengguna moge dengan penampilan tidak sesuai dg mogenya, itu layak diperiksa.

  5. ane sih setujunya gausah test drive. moge kan statusnya jarang dipake, udah pasti kondisinya tip top lah. wong dipake aja jarang, masa iya km baru 5000 misal terus motornya udah gak karu2an kondisinya.

    calon buyer tinggal di suruh liat secara kasat mata aja apa ada yang rembes2 terus nyalain sambil geber2. udah cukup. kalo dia minta test drive, jangan kasih, bilang aja “saya gak berani mas, ngeri dibawa kabur. soalnya dulu pernah kejadian sama tetangga” biasanya dikasih jawaban gini calon buyer serius akan mahfum.

    tapi kalo tetep maksa sambil bilang nanti kalo gak enak gimana? nanti kalo ternyata rusak2 gimana? yaudah suruh pilih silakan angkat motornya (beli) atau angkat kakinya dari rumah. gak ada yang maksa you untuk sekarang juga ambil motor ai.

    trik ini udah ane pake berkali2 waktu jual motor atau mobil. yang gak serius pasti gak lama pamit hihihihi….

  6. Sebenernya bingung juga moge kok bisa kebegal. Kalo emang ketawan mau dibegal kenapa gak ngacir aja ya? Secara moge kan kenceng kl digaspol?

    Apa yg begal Bawa pistol jadi bikin takut?

    Tapi ya mending sayang nyawa sih dibanding motor. Toh kl ada rezeki bisa beli lagi..

  7. klo misal mogenya bodong lapornya kmana yak… scra kn itu barang ilegal… ya gigit jari aja n meratapi nasib.. eh kasus cbr 1000 yg ilang.. iseng liat plat nomornya di cocokin ke samsat online jkt. kok yg muncul mlh punya yamaha 105cc kluaran taun 2005. .. … ?????

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here