Moge Di pameran Dipuja-Puji, Tapi Di Jalan Di Caci-Maki! Tanya Kenapa dan Ini Sebabnya!

42

moge-3

Sobat MMBlog sekalian, menarik sekali membahas moge. Selain ngebahas mengenai reviewnya, ternyata hal heboh lainnya dari moge adalah isu sosialnya. Moge, adalah komoditi yang emang diciptakan oleh pemerintah sebagai barang super mewah! Pajak yang begitu tinggi yang membuat harganya kian mahal, menjadi moge seperti motor yang berbeda dengan motor 250 CC ke bawah! Template moge sebagai mainan kaum the haves, mapan, semakin menjadi-jadi! Hasilnya, ketika melihat moge dijalanan, arogan sedikit dicaci, lawan arah dimaki, berhenti di depan Zebra Cross di bully, wah, segala macam gunjingan keluar Sob, padahal kalau dari Agama (kebetulan saya Muslim) menggunjing adalah perbuatan yang sia-sia. Tapii, begitu di pameran, moge dipuja-puji, kenapa bisa begitu?

IMOS Yamaha 2014-3

Sebuah pemandangan yang lazim apabila moge dipameran akan dikerubuti, difoto-foto, dan dielus-elus! Mata-mata yang memandangpun seperti mata lelaki yang melihat lawan jenisnya tanpa sehelai benang, ngelusnya pun seperti ngelus kepala bayi yang baru lahir, foto nya pun niat banget seperti memfoto model papan atas dengan lekuk tubuh realisnya, WOW, pesona moge emang luar biasa (di pameran), bahkan apabila ada tulisan “Silahkan Berfoto”, wuiihhh, para pengunjung pasti tanpa malu, tanpa segan, langsung nunggang, terus foto-foto, beli atau enggak, itu urusan nanti, yang jelas buat update di profile picture dulu daaah :mrgreen: .

Hal ini salah? Norak? ENGGAK!! Sama sekali enggak! Lah wong saya aja gitu kok Sob, wkwkwkwk, abis emang keren sih ini motor. Apalagi kalau saya, bisa dibikin artikel ergonomi!

Kontras dengan apa yang terjadi di jalanan, muncul pertanyaan, kenapa hal ini bisa terjadi. Mungkin ini sebabnya Sob.

Moge Di Pameran Itu Bukan/Belum Jadi Punya Siapa-Siapa! Atau Kalau Udah Ada Yang Punya, Pemiliknya Lagi Gak Ada!

moge

Nah, coba temen-temen perhatikan, moge dipameran ini sering dikerubutin, ditunggangin, disanjung-sanjung, karena ini moge belum jadi punya siapa-siapa! Dia masih independen, berdiri sendiri, istilahnya masih jadi Moge MiRa (Motor Gede Milik Rame-Rame). Sudah jadi kodrat manusia ketika melihat segala sesuatu yang keren tapi tidak atau belum memiliki kepemilikan, maka penilainnya akan subjektif + positif, dan akan tersihir.

Lain cerita kalau moge itu lagi ditunggangin atau diajak riding sama pemiliknya. beberapa orang mungkin melihat dengan sedikit rasa sinis, apalagi kalau mogenya berisik, bawanya agak kenceng, ridernya keren apparelnya! Kalau orangnya punya pikiran positif, harusnya dia dalam hati berangan-angan dan berdoa, serta mikir! Gimana caranya bisa punya begituan! Tapi kalau orangnya sohibul suhudzon, pasti mikirnya “dasar orang kayak belagu”, tapi pas diketemuin atau dipinjemin motornya sih pasti juga gak bakalan nolak :mrgreen: , apalagi kalau dikasih :p .

Dari Sudut Pandang Pemberitaan, Bad News is a Good News! Karena Orang Sini Tuh KEPO!

bad-news1

Inilah yang terjadi di negara ini, atau mungkin di dunia kali yah. Sampai-sampai dulu trans tv pernah bikin program berita Good News, yang isinya berita-berita bahagia, penemuan, keberhasilan, hasilnya? NOL! Itu program akhirnya selesai! Tutup! Abis! Wkwkwkwk, terus yang berkembang yang kayak gimana? Tentu yang kacau, yang gak semestinya! Kalau listrik nyala terus, emang ada berita wah PLN kinerjanya bagus nih?! gak ada kan? Coba kalau mati lampu, baru tiga menit udah keluar dah tuh caci maki, xixixi. Begitu juga dengan moge, di jalan, moge itu punya fisik rupawan, suara menawan, pokoknya digdaya dah! Begitu ada ketidaksesuaian, atau kesalahan, BOOMMM!! Langsung kayak boom! Rasa kepo, oportunis media, langsung menyorot! Dan bagi media juga ini merupakan sebuah komoditi!

Pernah juga waktu kasus Ari Wibowo menabrak seorang Kakek hingga tewas, wuiihh, langsung pemberitaannya menyebar! gimana gak menyebar, yang nabrak MOGE yang ditunggangin sama ARTIS! wkwkwk, ya jadilah bahan berita! bahkan ketika Mas Ari statusnya jadi korban, wuiihh banyak tuh yang ngebully. Emangnya Mas Ari Wibowo mau apa nabrak orang, toh beliau juga bertanggung-jawab penuh, yuk mikir lagi!

Para Pencaci Mungkin Gak Punya Moge, Atau Belum Pernah Jajal Moge Kali Ya?

moge honda big bike-3

Ini mungkin bisa bikin orang tersinggung, tapi apa mau dikata? Kalau punya moge, lihat ada moge bikin salah, yasudahlaaahhh, namanya juga manusia, Mahalul Khatha Wa Nisyan, tempatnya salah dan lupa. Tapi coba yang gak punya moge, lihat moge salah, wuiihhhh, langsung tuh Malaikat Atid nyatetin serapahnya, bullyannya, gunjingannya, gak takut Bro?? Terus coba yang mencaci ini kalau lihat motor kecil melanggar aturan, melengos! Gak mau tau, bodo amat, yaa gue juga sering kok! Wkwkwk, sedih ya, tapi begitulah adanya!

Coba udah pernah jajal Moge, atau punya sahabat atau saudara yang moge riders, anaknya baik, asik, gak pelit, pasti gak bakalan deh menghujat begitu.

MMBlog disini bukan ngebelain para pemoge, atau ngebelain juga rider motor-motor biasa. Segala macem tindak pelanggaran itu ya melanggar dan salah! Tapi tolong, gak usahlah kita koar-koar di dunia maya, menggunjing, mencaci, memaki, padahal itu juga belum tentu benar karena kita tidak disana dan tidak melihat langsung! sumpah deh, itu semua gak ada manfaat dan hanya memaparkan diri kita dengan energi negatif, dan menjauhkan diri dari Tuhab. Daripada begitu, mending bikin tulisan, ngeblog, sharing artikel yang bagus, jadi blogger ternak, jadi blogger dollariyah, lebih bermanfaat Sob!

Oke deh, semoga berguna yah! :p

instagram

Villa Kanaya

42 COMMENTS

  1. camer dulu punya pandangan negatif ke saya om, krn saya biker dan suara motor kenceng..
    lha piye ra kenceng, dulu make si triple biji je..

  2. MMBlog, banyak istilah2 dan kutipan2 didalam artikel ini yang sangat cerdas… salut bro!
    Tulisan yang bermutu seperti ini biasanya selow rating, kan sudah di highlight bahwa bad news is good news. nice dan “brilliant article” seperti ini dianggap “bad article”
    salam satu aspal

  3. Sebenarnya kalo gw pribadi sih kurang suka sama biker yg arogan. Yg selalu “bikin alasan pembelaan sendiri” yg “minta excuse” entah itu moge, mocil, atau monas wkwkwkwk..
    Kasus moge udh mirip sama biker ibu2. Walau ngga semuanya, tp banyak biker ibu2 yg “ngga ngikut aturan” tapi “minta excuse” dengan alasan gender. Nah, biker moge walau ngga semuanya tapi seringkali dijalan kya gt dgn excuse “mesinnya panas kalo jalan pelan2”.

    Jadi intinya mau biker moge, mocil, atau ibu2, kalau semuanya bisa ikut aturan di jalan gw fikir sih masalah pemberitaan moge ngga akan sebesar ini.

    Anw, dulu kita bilang FU itu motor alay, krn banyak yg pake ban cacing. Skrng seiring dgn lebih banyaknya biker FU yg pake ban dan velg standar dijalan, image FU sbg motor alay jg ilang.

    Intinya kalo mayoritas biker moge kya Vandra yg selalu taat aturan lalu lintas mah image dan pemberitaan mengenai biker moge arogan jg lama2 akan ilang.

    Salam hangat dr rider Suzuki A100 ya broo.. 🙂

  4. Artikelnya mantap, Mas Vandra 😀
    Apalagi pas di kalimat “Atau Belum Pernah Jajal Moge Kali Ya?”, mungkin itu bisa jadi salah satu poin penting knapa para biker mocil selalu mencaci biker moge. Ya itu, karena “Belum pernah nyoba”. Biker mocil selalu dihantui dgn perasaan gimana sih sensasi naik moge. Namun karna kesempatan ga kunjung datang, kelamaan dipendam akhirnya rasa penasaran itu brubah jadi rasa iri dan dengki. Dan pelampiasannya ke siapa? Pengendara Moge!

    Buat bahan sharing aja nih, Mas.
    Saya termasuk yg beruntung pernah nyoba moge, dan kesempatan itu datang dari showroom Ducati. Motor yg saya sempet tes cuma Monster 795, karna faktor “masih bisa napak” :-p Stelah nyoba ngiter SCBD slama 3 putaran, dari situlah saya belajar buat menghargai dan mengidolai motor besar. Karna ya memang harus bgitu, soalnya bawa moge ga bisa asal buka gas dan bobotnya yg berat bisa jadi perkara utama. Tapi kalo udah kenal, dijamin deh rasa menghargai itu pasti muncul.

    Kalo kata D’Masiv, “Syukuri apa yang ada”. Bersyukur aja apa yg lagi kalian punya, yg kalian pakai skrg. Kalo memang dana buat beli moge ga kesampean, beli aja apparel mogenya dulu :-p Ga guna mendam rasa iri, mending minta kenalan dan temenan aja dlu. Siapa tau, ksempatan buat jajal moge itu datang.

  5. Intinya yg sering resek tu yg bergerombol. Mau moge, mau mocil, mau sepeda, mau jalan kaki, mau mobil, mau anak sekolahan… kalo dah bergerombol potensi resek…

  6. Ya karena moge jarang yg punya dan yg punya jelas salah satu alasannya biar jadi pusat perhatian ya wajar kalau bertindak negatif sedikit saja jadi pemberitaan. Seandainya moge sudah gak jadi barang mewah ya gak bakal segitunya diberitakan….

  7. yah kang kasusnya sama ama mobil vs motor… kalo naek motor nyelonong nyenggol mobil yang pasti salah pasti mobil om, padahal asuransi, ttk bengek apapun kita yang bayar kang. nggak mesti sih, sering juga saya pas belajar mobil nyenggol motor, saya langsung minta maaf, di motornya maklum.. saya pun cuma punya motor 125 cc tp emang darah rider, pengin naek kelas ke 650 cc kang.

  8. Sharing aja sih, dulu pernah lagi jalan ke Bandung naek motor via Puncak – Cianjur – Bandung. Lokasi waktu itu setelah Cianjur yang jalannya lurusan panjang (lupa namanya).
    Lagi jalan di kanan, tiba-tiba diklakson sama HD (ga make sirine loh ya), RC minta jalan dengan sopan, toh saya juga sopan langsung ambil jalur kiri buat ngasih jalan sambil tangan kanan ngasih tanda buat lewatin saya.
    Disini saya ngerasa dihargain walaupun motor saya cuma 150cc, sekitar 20 motor HD ngasih jempol dengan tangan kirinya tanda bilang terima kasih. Dan…… dilakuin sama semua ridernya.

    Jangan ngejudge satu salah, salah semua. Contohnya ya kayak polisi, ada yg “nakal” satu dibilang kalo polisi itu “nakal” semuanya.

    Sering sering maen keluar om. Jangan nge-judge orang seenaknya.

    Mungkin kata-kata klasik yang tetep asyik “Anda Sopan, Kami Segan” 🙂

  9. Ya begitu deh.. kalo motor kecil melanggar aturan biasa..gak heboh, ya karena sdh lumrah dijumpai di mana2. Lha kalau moge melanggar dikit langsung heboh…

  10. Ane mah.. kalo salah ya salah baik moge atau pun motor kecil.. kalo sopan, bawaknya gak ugal2 lan ya ane segan or hormat aja baik moge atau motor kecil bg..
    Kalo di kasih mah ane mau bg.. gratis lagi.. ????????????????

  11. Ini kayak orang punya stigma negatif ke pejabat negara, tapi giliran ketemu pejabatnya justru cium tangan hahaha.. yaa mirip-mirip lah kayak yang om vandra jabarin di artikel ini 😀

  12. sebenernya sih bukan masalah moge or mocilnya..karena biasanya yang pake moge minta dipahami klo motornya bobotnya berat, handlingnya susah..tapi mereka ga paham kondisi jalan yang misal notabene nya macet, dimana semua orang tidak menerima ekslusifitas para moge yang minta kasih jarak atau minta lewat..ane pernah ketika pake mocil di intimidasi oleh moge untuk memberi jalan dengan alasan diatas..ane juga moge-ers, and ane jg ngerti berat and panasnya mesin moge, maka disinilah kita para biker terutama moge-ers harus paham, jika kita memilih naik moge ya harus paham dengan resikonya misal nahan berat bodi and panas. karena bisa aja pas kita bawa mocil eh kena intimidasi moge..intinya bukan moge nya tapi ridernya..yuk ahh kita para moge-ers memberikan contoh yang baik, agar image moge ga melulu kearah negatif..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here