Test Ride Honda CBR1000RR 2007 Racing Spek, Tenaganya Mengerikan! (Repost)

9

test ride honda cbr1000rr-8

Sobat MMBlog sekalian, mohon maaf MMBlog merepost artikel lawas MMBlog. Pas pindah hosting beberapa bulan lalu, ternyata artikel ini ilang Sob, wkwkwk. entah kenapa bisa gak ke import, yaudah, MMBlog ketik lagi aja untuk perbendaharaan artikel dan review di monkeymotoblog.com Sob. kebetulan Sob, foto-fotonya masih ada di hardisk lawas MMBlog, jadi bisa di pajang lagi deh, oke deh, selamat membaca ya Sob!

test ride honda cbr1000rr-3

Ketika MMBlog janjian sama Mas Ferry pemilik dari Suzuki GSR600, ternyata ketika itu lagi ada event kumpul dan riding bareng sama temen-temen Sumori Team di daerah Serpong. Kumpul-kumpul di BSD, akhirnya MMBlog mendapatkan kesempatan untuk menjajal dua Honda Fireblade, aka Honda CBR1000RR. Yang pertama dan yang akan MMBlog bahas di artikel ini adalah Honda CBR1000RR versi 2007 ke bawah yang masih menggunakan knalpot undertail, terus MMBlog juga berkesempatan untuk ngejajal Honda CBR1000RR tahun 2008 yang pesek, hmm, gimana nih rasanya yang 2007?

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

dari depan kayak tengkurep
dari depan kayak tengkurep

Honda CBR1000RR 2007 ini ternyata udah dioprek Sob. opreknya pun bisa dibilang total, kenapa? Gimana enggak, knalpotnya udah full system, terus juga speedometer udah diganti sama yang modelnya kecil dan ramping, display hanya menyediakan takometer dan speedometer thok! Hmm, ini adalah pengalaman pertama MMBlog ngejajal motor superbike satu liter, yaahh kudu respek daahh. Oia, untuk rutenya, MMBlog hanya ngiterin komplek ruko yang ada aerospeednya.

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

luar biasa bongkoknya
luar biasa bongkoknya

Okelah, begitu dapet restu dari empunya, MMBlog langsung aja numplakin ini motor. Walaahhh, ergonominya ternyata amat sangat bongkok! Ngeriihhh, yaa wajar, standarnya aja udah bongkok, ini stangnya udah diganti dengan setang yang lebih bongkok lagi! Temen-temen bisa lihat difoto betapa tangan MMBlog ngerebah kebawah, dan nahan badan banget kan? Udah gitu footstepnya juga udah diganti jadi posisinya agak ke belakang, sedaap nih buat si biji, wkwkwk. Dimensi motor ini bisa dibilang lumayan gede loh Sob, yaa superbike tahun 2000-an emang secara dimensi lumayan gede.

test ride honda cbr1000rr-7

Oke deh, tarik tuas kopling, nyalain mesin, “Vrooooooooooonnnggg”!!! Gilaaa, ini suaranya ngeri amat Sob! udah gak kayak mesin empat silinder lagi! Suaranya keras, meraung, dan kasar! Pas idle bener-bener gak kedengeran merdunya mesin empat silinder, gokiilll, bisa jadi karena full system di knalpot dan pengapiannya juga udah di tunning! Coba blayer, maaaakkkk, ini baru jeritan aslinya, bisa bikin pecah kaca rumah!

test ride honda cbr1000rr-11

Masukin gigi 1, “jledak!”! wow, kopling asinkronius-nya mantaap! Lepas kopling pelan-pelan, kasih gas dikit, dan fireblade-pun jalan, tapi kok pas dibawa pelan endut-endutan gini yak 😆 udeh kayak mau mati mesinnya, wkwkwkwk, udah gitu ini motor pas MMBlog tunggangin udah lumayan panas euy :mrgreen: . aahh bodo amat daahh, yang penting ngacir dan test ride, hehehe 😆 .

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

jinjit
jinjit

Kasih puteran gas agak banyakan, buset dahh langsung berakselerasi Sob! untung fairingan! Tapi jujur, tenaga bawahnya gak terlalu menyeramkan. Terus begitu ketemu jalanan yang agak lempeng, coba betot, daannnn asyeemmm dalam sekejap di gigi 1 kecepatan langsung tembus 100 km/jam! Angin udah kenceng banget, garis putih-putih juga bergerak dinamis dengan cepat, terus getaran mesinnya gilaa berasa ditangan Sob! dan yang paling mengerikan adalah suara knalpotnya “woooooooooooooonnnngggggg”!!!!!!!!!!

Itu baru diputeran pertama Sob, di puteran kedua komplek ruko, MMBlog coba betot lagi! Hmmm, lagiihh dan gigi 1 tembus 100 km/jam dengan sangat mudah, sekarang saatnya shifting ke gigi 2, adoouuhhhhhh langsung menghentak dan ban depan naek beberapa milimeter dari aspal kang maasss :mrgreen: , apa-apaan iniihhh? Ngeri amat, enaknya mah ngetes motor satu liter yang udah dioprek gini ya di sirkuit!

test ride honda cbr1000rr

Trek kala itu adalah jalan mulus dan betuknya square alias kotak Sob. impresi terhadap handling, MMBlog gak terlalu bisa beloknya Sob. setangnya kelewat bongkok, jadi bawaan MMBlog yang cuman rider newbie ini bisanya ya lempeng doang. Yaa belok pake motor begini ini, apalagi setangnya juga udah makin bongkok dan rapet sama tangki, bener-bener pake bantingan dan counter steering. Di sirkuit sih pasti enak, tapi di jalanan yaa gitu deh, belok alon-alon kayak ngebelokin sepedah sih bisaa 😆

test ride honda cbr1000rr-9

Terus gimana remnya? Udahlah, MMBlog gak perlu berkata banyak, motor udah dioprek gini, tenaganya segila gini, remnya jentik pake satu jari aja udah berenti Sob! ini dia nih, ngeremnya enaak ternyata karena posisi badan bener-bener bongkok dan siap untuk nahan G Force badan ke depan! Serius dah, pengalaman yang berharga banget bisa test ride Honda CBR1000RR yang udah dioprek gini, walau kudunya di sentul sih sob, hehe.

Oke deh, semoga berguna yah!

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

9 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here