Workshop Tata Cara Touring Bersama Unity Pitstop, Wah Ilmu Banget Ini!

12

Unity Pits Stop Touring Workshop-1-2

Sobat MMBlog sekalian, pada hari Minggu tanggal 4 September 2015, bertempat di Soul Kitchen Kemang, Unity Pitstop kembali mengadakan Workshop yang masih berkaitan dengan kode cowok Jalan Jangan Lupa Pengaman, tema workshop kali ini bener-bener seru dan menarik, yakni kupas tuntas mengenai tata cara touring rombongan yang baik dan benar, dan nara sumbernya gak lain gak bukan adalah Bang Joel D Mastana yang merupakan safety riding instructur yang sangat berpengalaman dan sudah punya jam terbang melatih skill riding para vooridjer di tanah air! Sayang banget kalau dilewatkan, ilmu banget ini Sob!

Unity Pits Stop Touring Workshop-8-2

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Hadir disana ketika itu ada puluhan bikers dari berbagai komunitas sepeda motor dan juga rekan-rekan media dan blogger. Gak hanya workshop temen-temen, ternyata setelah workshop safety riding touring ini, kita semua langsung mempraktekkan ilmu-ilmu yang diberikan oleh Bang Joel ketika workshop, yup Rolling Thunder bareng-bareng ke Indonesia Motorcycle Fest 2015 yang berlokasi di Plaza Timur, Senayan! Dikomandoi langsung sama Bang Joel yang riding pake Harley-Davidson, akhirnya semua peserta langsung dengan tertib dan rapih menuju TKP! Mantap!

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Terus, sebenernya apa sih yang harus dilakukan rombongan atau bikers ketika riding agar aman? Pengendara motor harus selalu mencari (search) dan memperhatikan potensi-potensi resiko yang ada di jalan, selain itu mereka juga harus mengevaluasi (evaluate) kemungkinan dari masing-masing potensi resiko berdasarkan pergerakan kendaraan lain, dan yang terakhir adalah mengambil tindakan (execute) yang tepat untuk menghindari resiko tersebut.  Bisa disingkat dengan SEE jadinya yah, hehe.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

“Manusia, dalam hal ini pengendara dan pengguna jalan, merupakan faktor utama penyebab kecelakaan di luar dari faktor kendaraan dan lingkungan. Oleh karena itu, diharapkan agar para komunitas bikers yang hadir hari ini dapat menerapkan pengetahuan yang saya berikan dalam kehidupan sehari-hari. Terima kasih untuk U Mild yang telah terus menerus mengajak para bikers untuk selalu berkendara dengan aman,” tegas Bang Joel.

Unity Pits Stop Touring Workshop-4-2

4

Mengenai Touring Rombongan, ternyata gak sesederhana itu yah Sob. untuk nyamannya sih rombongan emang jangan lebih dari 10-15 orang, tapi kalau mau lebihpun sebenernya bisa-bisa aja. Yang penting, para playmaker ketika touring itu dapat bersinergi antara satu dengan yang lainnya. Ini disebut sebagai touring officer atau petugas ketika touring. Yaa, temen-temen udah pada tahu sebagian pasti, ada road captain, ada sweeper, ada medis, dan ada ketua rombongan. Temen-temen bisa lihat di slide presentasi mengenai apa-apa dan gimana touring yang baik dan benar itu.

2 (1)

Pada intinya, agar selamat dijalan, bikers itu harus terlihat dan dilihat oleh pengendara lainnya Sob. selain itu yang paling penting juga adalah safety gear yang digunakan. Paling utama sebenernya adalah helm dan sepatu di atas mata kaki, hal ini mutlak karena helm harus dapat melindungi kepala dan mata yang merupakan dalang rider untuk dapat berkendara. Sebenernya sih materinya ada banyak banget Sob, kalau dijelasin di sini bisa kayak novel ntar, wkwkwk, nah untuk lebih mempersingkat, temen-temen bisa lihat slide presentasinya Bang Joel

Semoga berguna yah!

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

instagram

Villa Kanaya

12 COMMENTS

  1. mang vandra mau tanya donk. menurut workshop tersebut, saat touring dan di perempatan ada lampu merah menyala, apakah rombongan touring berhenti atau terus jalan menerobos lampu merah??

  2. salut!

    materinya simpel tapi sangat tepat sasaran,

    pernah riding bareng Om Joel, sumpah sopan habis ni orang, masuk ke area bike week ga pake toet toet klakson dll, bilang permisi bro ke pedestrian.

    salut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here