Test Ride dan Review Honda All New CB150R, FIX! Miniatur Honda CB500F!

14

All New CB150R-1

Sobat MMBlog sekalian, akhirnya rilis juga nih artikel mengenai test ride dan review Honda All New CB150R! Setelah MMBlog ngejajalin motor ini barengan sama temen-temen blogger dan tim HC3 PT Astra Honda Motor, MMBlog bisa menarik kesimpulan bahwa Honda CB150R adalah miniatur, atau bentuk kecil dari Honda CB500F Sob! malahan dari garis desain, IMHO CB150R terlihat lebih moderen dan futuristik loh, mau tahu kenapa? Lanjut dulu yuk!

Desain

All New CB150R-1-2

Ini dia yang MMBlog bilang lebih keren ketimbang Honda CB500F, IMHO. Beberapa komentator di RoadRide ada yang bilang lebay, wkwkwk :mrgreen: . ya gak papa, sebagai informasi kenapa MMBlog bilang begini, soalnya gimana yah, emang Honda CB500 desainnya kalem banget Sob, udah gitu lampu-lampunya juga masih menggunakan bohlam konvensional, coba tuh si CB150R baru, udah LED semuah kan? Udah gitu juga, dari segi tampilan emang lebih agresif dan juga lebih futuristik! Yaa, menilai sesuatu kudu objektif juga laahh, jangan karena ujug-ujug mesinnya lebih gede, dua silinder, tampilan juga langsung kesihir jadi lebih kece :mrgreen: . kalau dibandinginnya sama Honda CB1000R baru dah tuuhhhh :mrgreen: .

All New CB150R-3-2

Ergonomi dan Performa

All New CB150R-1

Ngomongin Ergonomi, bisa dibilang posisi berkendara lumayan sporty loh ini motor Sob, berasa gitu gagahnya, bener-bener berasa kayak nunggang miniatur moge Streetfighter. Feelnya emang kayak Honda CB500F, tapi agresifitasnya itu udah kayak nunggang Kawasaki Z800! MMBlog yang punya tinggi 167 cm ini masih agak jinjit kakinya Sob, tapi berhubung ini motor juga enteng, jadi ya semuanya under control daaah! Motor ini pas digunakan untuk rider-ridernya yang punya tinggi badan 160 – 175 cm, bakalan terlihat ngeblend banget sama motornya, udah gitu feelnya juga bakalan PAS, IMHO.

All New CB150R-6All New CB150R-7

Oke deh, saatnya geber! Kebetulan waktu itu MMBlog kedapetan giliran untuk test ride di kloter pertama Sob, soalnya datengnya lumayan cepet alias duluan, xixixi. Pake dulu safety gear rempong, Jacket RS Taichi Honda Element Air Jacket, Helm NHK GP1000 Berisik, dan Glove Scoyco MC9, gak lupa dekker juga dipake dong! Gak pake lama, MMBlog puter kunci kontaknya ke posisi ON, wuiihh keren juga panel speedometernya, matiin dan idupin lagi aahh, wkwkwk, asli nyalanya keren euy, udah full digital, tapi beda sama konsol CB500F, lebih keliatan canggih, mirip sama punya Kawasaki Z800!

gogo

Nyalain.. “breemm..breeemm”, wuiihh suaranya garing dan halus ternyata Sob. di blayer dalam kondisi netral, rpm langsung cepet banget melonjak! Mantap! tarik tuas kopling, asyem empuk amat, masukin ke gigi 1, cklik! Lepas kopling dan akhirnya Streetfire barupun ngacir perlahan, wuiihh, enak nih, diajak pelan alus banget, gak endut-endutan, mantap! oia Sob, rute test ride adalah jalan raya cilangkap, temen-temen bisa lihat di video terlampir yang ada di artikel ini yah!

gogogo

Saatnya eksplorasi performa! Wuiihh, ini motor ternyata respon akselerasinya diluar dugaan loh Sob! akselerasinya spontan! Gigi 1, gigi 2, gigi 3, sampe gigi 5 tenaganya terus-terusan ngisi! Ternyata ini toh keunggulan mesin near square! Napas bawah, tengah, hingga atasnya terus-terusan ada! Diadu dengan mesin-mesin konvensional 200-250 CC satu silinder berpendingin udara, tentu performa 150 CC Streetfire dan akselerasinya bisa nempil, malah lebih responsif kalau MMBlog bilang, tapi torsinya, tetep mantepan yang CC lebih gede kayaknya yah. Power 150 CC, DOHC, Near Square ini udah cukup banget untuk nemenin perjalan temen-temen di dalam kota, atau touring! Untuk overtaking, yang MMBlog ingat, gigi 1 dapat sentuh 40 km/jam, gigi 2 dapat sentuh 65 km/jam, gigi 3 85 km/jam, itu hampir-hampir redline ya Sob, abis itu MMBlog ya riding normal lagi, xixixi. Lumayan banget untuk motor batangan 150 CC!

Handling dan Suspensi

go1

Ngomongin handling, tentu gak lepas dari suspensi, ukuran pelek, ukuran ban, sasis, dan faktor lainnya. Sesuai prediksi MMBlog, handlingnya ringan, gampang diajak manuver atau ganti jalur! Sayang treknya gak ada yang hiperbolik yang bisa kecepatan tinggi, tapi ada beberapa tikungan yang membutuhkan dan bisa menikung cepat, respon motor ternyata memang cepat! Antep, anteng, mungkin karena ergonominya yang lumayan sigap, terus suspensinya yang agak-agak stiff kali yah Sob. terus gimana kalau diajak selap-selip, ini dia, motornya enteng, ramping, radius putar juga banyak, enaaakkk!

Suspensi seperti yang MMBlog ceritakan sedikit di atas, agak stiff untuk suspensi belakang, gak terlalu empuk. Terus suspensi depannya juga gak empuk-empuk amat, karakternya emang lumayan sporty ini motor yah Sob. tapi efeknya enak, kalau ngerem mendadak ini motor suspensi depannya gak terlalu ngedive, beda sama ER6n, biarpun 650 CC tapi suspensinya bener-bener empuk! Oia, ban gambot juga kayaknya memperngaruhi bound dan rebound dari motor ini Sob. profil ban IRC Road Winner seperti lumayan tough ya Sob, kalau diganti sama ban yang empuk dan kompon lunak, wuidiihh handlingnya juara iniiiihh! Terus Rem nya gimana? biar kata kagak radial, tapi tetep super pakem! kombinas antara rem depan dan belakang adalah sebuah kinerja bijaksana untuk ngerem denagn motor ini Sob,

Riding Quality

kby4

Ini yang menarik, Honda All New CB150R ini riding quality jempolan Sob! Honda meracik ergonominya serius, selain ergonomi yang bagus, ini motor juga punya lekuk tangki yang pas ketika dijepit sama paha. Bisa dibilang, kalau temen-temen familiar atau pernah ngejajal Honda CB500F, maka temen-temen akan menemui benang merah antara kedua motor ini! Honda CB150R baru adalah versi minitatur dari Honda CB500F! Hanya saja powernya beda jauhlaaahh, hehe. tapi feel berkendaranya 11 11 setengah Sob, bukan 11 12 lagi, xixixi :mrgreen:

Apakah Motor Ini Baik Untuk Dipinang?

All New CB150R-2-2

Kalau MMBlog bilang sih, dengan desain yang makin kece, fitur yang menarik, lampu-lampu full LED, terus riding quality yang moge Honda banget, terus performanya juga asyik, ini motor layak dan pantas temen-temen pertimbangkan apabila temen-temen pengen motor 150 CC. Memang New Vixion Advance juga menarik, malah namanya udah hampir menjadi legenda, tapi value, daya tarik, dan performa dari All New Honda CB150R adalah sebuah keniscayaan yang harus dibuktikan sendiri secara empirik!

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

Oke deh, semoga review MMBlog bisa jadi tambahan masukan dan referensi temen-temen yah! Semoga bermanfaat dan semoga berguna! Semoga!!! Hehe 😀 . Oia, video terlampir di atas paragraf ini yah 😀

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

14 COMMENTS

  1. Kalo orang awam, sumpah bagian tangki dan shroud kalo diliat dari atas mirip banget sama Vixion. Ane bukannya mau flaming dan memulai perang, cuma ngomong impresi awal fisiknya aja kok. And ane setuju sama koplingnya yg ringan, bukan ringan, ringan banget malahan. Jadi pengen jajal, tapi gak ada yg ngasih, hahahahaha.

    • serius mas, abis apa kurangnya yah? untuk ukuran 150 CC saya agak susah nyari cela nya, kalau desain sih selera, dan saya demen, hehe

  2. Ahm gak mikirin konsumen old cb150r, AHM cuma mkirin gmana ngalahin sang rival. Buktinya all new cb150r cuma spionnya doang yg bsa d psang di old cb150r. Trnyata AHM gak satu hati tuh ama konsumen

  3. Menurut saya salah satu yg agak mengganggu adalah model behel besi belakangnya mas… sakit banget ditangan trus saya pernah jatoh juga pas parkir gara2 celana saya nyangkut di behelnya… model behelnya sebaiknya kyk byson atau old cb150r yg nyambung kanan-kiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here