MMBlog’s Trip, Nyuci Mata Di Rancabali, Nguji Skill Cornering Di Cianjur Selatan Jawa Barat! Potensi Alamnya Luar Biasa!

26

teh-2-2

Sobat MMBlog sekalian, pada weekend minggu lalu, MMBlog bersama sahabat kuliah MMBlog, berdua (biasanya sih kalau full team bertiga) kembali melakukan touring. Di Touring kali ini, MMBlog riding pake Suzuki Thunder 250 2006, dan sahabat MMBlog pakai Yamaha Scorpio G 2004. Udah agak penat juga di Ibukota, akhirnya kita bikin rencana untuk touring. Mau touring agak jauh ke Jawa Tengah, pake Mottuba alias Motor Tua Banget yang sekarang lagi ada aja masalahnya agak ngeri-ngeri juga Sob. Yaps, Pio Lawas tangkinya sedang bocor-bocor sedap, dan Thunder 250 jadul ternyata jari-jarinya putus dan ngebul keluar asep putih, wkwkwkwk. Akhirnya kita memutuskan untuk ngasah skill ke Cianjur Selatan aja yang Track-nya lumayan menantang!

Berangkat pukul 20.00 dari Depok, MMBlog dan sahabat MMBlog ngacir melalui Jalur Cibubur – Cileungsi – Jonggol – Cariu – Cianjur. Check point pertama adalah rumah MMBlog yang ada di Cikalong Kulon. Entah kenapa karena banyaknya kasus begal, riding malem antar kota gitu kok ya jadi ngeri-ngeri sedap yah? Untung jalanan kesana relatif bagus, jadi bisa rolling speed, dan syukurnya lampu depan halogen Thunder 250 yang menggunakan bohlam H4 cukup fokus dan terang untuk menerangi jalan, ya setidaknya itulah satu-satunya pelita yang menerangi jalan kami ketika lampu lalin sudah gak ada.

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

duo lawas
duo lawas

Jam 11.00 ternyata sudah sampai, ternyata memakan waktu 3 jam yah Sob. Jalan malem sebenernya enak, adem, dan relatif lebih sepi. Tapi ya gitu, motor harus punya sorotan lampu depan yang mumpuni, MMBlog yang gak biasa pake kacamata akhirnya pake kacamata, mayan lebih terang. Track Cibubur – Cariu – Cianjur, trek ini sudah familiar sama MMBlog, Alhamdulillah amaaan!

Yak, tidur dulu, dan keesokan paginya kita langsung rembukan untuk menentukan rute. rute awal pengennya berangkat lewat rute yang sama, pulang juga lewat rute yang sama. Tapi akhirnya diurungkan, karena bukan gaya touring kami banget, xixixi. Walhasil, untuk bernostalgia, rute yang dipilih adalah lewat Bandung Selatan, sampai ke Pantai Selatan Cianjur, dan pulangnya lewat Cidaun – hingga ke Cianjur Kota! Wah, lagi-lagi, trek favorit MMBlog nih lewat Ciwidey – Rancabali!

Berangkat Jam setengah 7, setelah tidur cuman 4 jam, dan itupun kagak nyenyak-nyenyak amat, wkwkwk :mrgreen: . jalanan udah lumayan ramai, tapi hawa adem khas pedesaan dan sinar mentari lembut di pagi hari bener-bener ramah menyapa kami. Jaket Greedy yang MMBlog gunakan terus MMBlog pasang wind breakernya dari tadi malam, karena hanya ini perlindungan satu-satunya jaket mesh terhadap hawa dingin, dan emang sih bisa menghalau angin, tapi tetep aja kalau hawa dingin, bisa menyeruak masuk!

Sempet ketemu sama dua unit Suzuki Brugman, entah punya pribadi atau lagi di test jalan, MMBlog kurang tahu, soalnya papasan di arah yang berlawanan Sob.

Riding teruusss, iramanya santai, tapi tetep bertenaga khas touring menggunakan motor batangan, kecepatan di kembangkan di 70-80 km/jam. Mau riding ke arah bandung gak terlalu susah kalau dari Cikalong, petunjuk jalannya udah jelas dan lengkap! Sempet buka GPS bentaran, eh udah sampe di jalan raya bandung aja! Dengan tempo riding begitu, kami udah jadi pengendara yang lebih banyak nyusulnya ketimbang disusulnya, gak sadar, udah sampe ke Jembatan legendaris Raja Mandala aja!

Bensin yang diisi di pulau Jakarta ternyata masih tersisa banyak di tangki Sob, mayan irit lah untuk motor lawas, xixixi. Lanjut lagi, mulai dah ketemu truk-truk tua pengangkut batu di Padalarang. Beruntung, biar tua, motor kami masih bisa nyusul truk-truk itu di tanjakan. Riding lagi, petunjuk jalan ternyata sudah ngasih tahu kalau ke Kanan atau belok kanan di depan adalah ke arah Baros, yawis, ini lah rute kami menuju Ciwidey – Rancabali. Naahh, temen-temen nanti juga bakalan ketemu sama stadion sepak bola terbaik di Kota Bandung Jalak Harupat! Tinggal ngikutin jalan utama aja, pasti sampe kok! Nanti agak macet pas ngelewatin pasar-pasar gitu deh. Oia, dan ini udah masuk ke Soreang, ibukota kabupaten Bandung, mangcap!

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

ngaso dulu di soreang
ngaso dulu di soreang

Sahabat MMBlog yang amat sangat beriman ini, ngasih kode untuk melipit nyari Masjid, akhirnya di Soreang kita istirahat dulu. Sholat Dhuha, sambil sarapan nasi kuning, waktu itu waktu menunjukkan pukul 9 pagi! Wuih, cepet juga yak!

SAMSUNG CAMERA PICTURES

tour cidaun-11

Sekitar satu jam, lanjut capcus lagiii! Gak pake lama, akhirnya udara dingin lagi-lagi masuk ke badan, treknya mulai sempit, dan mulai ada petunjuk kebun strawberi, ini dia niihh, mulai masuk Ciwidey! Adem, mulus, dan pemandangannya bagus! Tapi sayang, karena kemarau panjang, warna bukit-bukit di tepi jalan jadi kecoklatan, ya kering! Yaudahlah, hingga akhirnya sampai juga ke jalanan yang kanan kirinya dipenuhi pohon pinus, hahay! Pasang action cam! Tapi ke arah belakang dulu, biar dapet action atau gambar riding dari depan!

tour cidaun-13

Trek Ciwidey kemarin mulus banget, aspalnya hitam, garis putih-putihnya jelas! Kayaknya pemerintah daerah bener-bener concern sama ini tempat karena emang potensi alamnya luar biasa. Objek wisata iconicnya kan Kawah Putih, ini dia yang banyak mancing wisatawan lokal dan mancanegara dateng. Udaranya sejuk, dan hebatnya tetep hijau! Buat riding, tentu recomended banget! Nikung-nikung di kecepatan 60-70 km/jam dapat dilakukan dengan nyaman dan feel secure!

SAMSUNG CAMERA PICTURES

tour cidaun-14

Sampe akhirnya ketemu sama jalan masuk ke Kawah Putih, MMBlog mah kagak masuk, cuman ngasih klakson doang, dan inilah jalur sebenernya yang bener-bener FUN! Perkebukan teh Rancabali! Gileee, jalannya mulus, pemandangannya bagus! Kanan-kiri jalan terhampar lautan perkebunan teh yang bahkan kayaknya lebih luas dari kebun teh gunung Mas Puncak! Landscapenya juga CHAAKKEEPP! Gilee berasa di luar negeri Sob! lagi-lagi tetep ijo! Rute ini kayaknya bener-bener dibenahi dari semenjak empat tahun lalu MMBlog kemari! Udah ada lumayan kendaraan yang wara-wiri, selain emang rute ini bisa tembus ke Cianjur Selatan, pemandangannya juga asli indah!

tour cidaun-8

tour cidaun-8

Kalau menyusuri jalan ini terus, temen-temen bakal nemuin petunjuk jalan ke arah Cidaun, naahh itulah jalan yang harus di tempuh kalau emang mau ke arah cianjur via bandung selatan. Kalau temen-temen lurus terus ngikutin jalan sempit, namun punya view menarik, ujung-ujungnya buntu, dan tiba di penginapan! Gak ada salahnya sih kalau waktunya ada nyoba nyasarin diri ke arah penginapan, gak akan nyesel karena pemandangannya emang chakep!

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

tuh petunjuk arah ke cianjur selatan
tuh petunjuk arah ke cianjur selatan

Sip! Karena waktu juga udah siang, langsung bablas belok ke kiri menuju Cianjur Selatan! Rute ini dikenal dengan nama Rute Cibadak – Cidaun Sob. dulu pas empat tahun lalu, ini trek kebanyakan hutan-hutan, tapi sekarang, hutannya udah dibabaaat! Inget banget dulu ada monyet-monyet! Sekarang udah jadi monyet berkepala hitam euy, wkwkwkwk :mrgreen: . nah, menuju jalan Cibadak, temen-temen masih bakalan disambut sama trek yang bagus, dan pemandangan yang super indah! Tapi hati-hati kelokannya makin ganas, dan jalannya sempit, lebih lagi, kanan atau kirinya jurang langsung! Gak ada pembatasnya! Kudu fokus!

tour cidaun-12

Biasanya, trek ini dipenuhi oleh kabut yang luar biasa tebal dan dapat membekas di jaket kayak kristal gitu sob, tapi berhubung kemarin MMBlog riding kesana musim kemarau kayak gini, jadi ya  terang benderang deh, hehe.

Masuk ke cibadak, mulai deh disambut sama jalanan yang kurang bersahabat. Agak bergerunjal tapi masih bisa dilalui dengan kecepatan sedang. Proses tambal menambal gitu deh, kalau ini pemandangannya yaa pemandangan pedesaan gitu deh, ada hutannya ada desanya, treknya masih tetep kelok-kelok. Dulu sih, ini jalan rusaknya panjang, tap sekarang dah better Sob! memang masih ada jalanan amblas, tapi selebihnya treknya lumayan menantang! Beberapa trek udah bagus, dipinggir tebing gitu euy! Malah ada trek yang cuman muat satu setengah mobil! Nah!

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

ceritanya lagi diskusi
ceritanya lagi diskusi

Tiba-tiba sobat MMBlog manggil “van, motor lo keluar asep putih, lumayan banyak, tapi gak sering sih”. Jiaaah, nasib motor tua, mudah-mudahan cuman seal klep dah, wkwkwkwk :mrgreen: . kalau di bawah rpm 6000 sih gak keluar, tapi begitu rpm sentuh 6000, langsung ngebul, xixixi :mrgreen:

Kami sadari, ternyata perjalanan menuju pantai selatan cianjur itu lumayan jauh dan menguras tenaga! Apalagi suspensi motor lawas kami ini udah gak sehebat barunya. Perut ama pinggang MMBlog lumayan cenat-cenut Sob, wkwkwk. hingga akhirnya, jam 1 siang, sampai juga di Cidaun! Horeee, saatnya nyari Masjid lagi buat Sholat! Alhamdulillah, ketemu Masjid yang sederhana namun sejuk di pinggir pantai, di rumah Allah inilah kami istirahat, Sholat, dan ngerebahin badan. Kebetulan juga lagi ada pengajian, jadi deh ngobrol-ngobrol juga, ini enaknya touring, jadi ada interaksi sama masyarakat sekitar, dan belajar kearifan lokal!

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Perbedaan suhu di dataran tinggi dan pantai lumayan bikin badan cepet lemes. Ternyata wind breaker di Jaket Greedy yang MMBlog gunakan masih kepasang, yawis copot dulu. Tapi sahabat MMBlog yang pake Alpinestar itu juga pake windbreaker, malah di Alpinestar itu Thermal Liner loh, kok dia kuat ya? Oia, dia kan kurus, MMBlog mekar, wakakakak :mrgreen: . oia, setidaknya ada beberapa objek wisata pantai di daerah ini Sob, ada pantai jayanti, terus ada Rancabuaya, dan lanjut lagi ada Santolo, tapi ya gitu, JAUH!

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Setelah istirahat lanjut riding lagi, menuju Cianjur lewat Cidaun – Sindangbarang – Sukanegara – Cibieber, eh Cibeber – terus lanjut lagi ke rumah MMBlog di Cisarua. Empat tahun lalu, jalan raya Cidaun masih aspal hotmix yang tajem Sob, tapi kini, aseeemmmmm, aspalnya empuk bangeettt! Mulus, lurus, dan samping kirinya pantai! Aje gileeee, riding 100km/jam konstan aja bisa dilakukan dengan waktu yang lumayan lama! Uhuy! Sampe pertigaan, belok ke kanan! Yup, trek cianjur selatan udah menanti!

Rute Sindangbarang – Sukanegara – Cibeber adalah rute di jawa barat yang sama sekali gak bisa dianggap remeh! Dari Cidaun, udah ada petunjuk jalan yang ngasih tahu kalau jarak dari situ menuju cianjur kota adalah 130 km! Kayaknya sih lebih Sob, 150 km-an daah! Yakin! Wong jauh kok! Ngaku biker sejati, tapi belum lewat sini, bakalan MMBlog pandang sebelah mata, kwkwkwkwk, becanda! Tapi serius, ini rute adalah rute yang mana bakal makan stamina dan konsentrasi tinggi! Jalannya full kelak-kelok selama ratusa kilometer itu! Kelokannya bukan kelokan lebar dan jauh kayak rute alpine dan rute eropa, ini kelokannya sempit! Lawannya truk pasir! Nah loh!

tour cidaun-1

Kanan kirinya hutan, dan seringkali ada akamsi alias anak kampung sini yang ngajakin ngebut! Dijabanin? Harus dong! Bisa gak? Bisa dong! Kan MMBlog udah sering dapet coaching clinic buat cornering, saatnya praktek! Dan akamsi yang pake bebek atau matikpun bisa dipepet bahkan disusul sama Thunder 250 dan Scorpio lawas! Gak nyadar, ngebulnya makin banyak, bhuahahaha!

Setelah dua jam riding, badan, kepala, punggung, tangan, udah benar-benar penat. MMBlog memutuskan untuk istirahat, gila juga euy tikungan begitu banyaknya. Padahal pemandangannya bagus juga, tapi karena tikungannya kayak gitu, boro-boro bisa celingak-celinguk, mantau jalanan teruuussss! Bener-bener mantep nguras tenaganya Sob! bahkan trek Cikidangpun masih kalah panjang sama ini trek!

Riding lagiii, kami berdua akhirnya sampai di cianjur kota jam 6, udah mulai masuk maghrib! Yak setelah jalan yang penuh tikungan itu, akhirnya sampai juga di kota Cianjur, keliatan udah mulai banyak ABG, muda-mudi, dan cabe-cabean bersama terongnya wara-wiri karena saat itu adalah malam minggu. Akhirnya ngisi bensin, dan langsung tancap gas di puncak! Gak lewat cianjur – jonggol lagi Sob, pengen ngadem di rumah MMBlog yang ada di Cisarua deket taman safari. Rute ini sih udah familiar banget, enak, adem, mulus, Cuma udah kelewat penat dan ngantuk! Yaudah geber-geber aja tuh motor yang kenceng! sampe cisarua jam 8 malam, dan nasi padang lauk rendang yang MMBlog beli disantap dirumah, dan gak lama langsung bobo.

Waah, paginya lihat odometer, aje gilee gak taunya trek itu makan jarak sampe lebih dari 500 km Sob! wkwkwk, dilanjut sampe rumah ya nambah 70 kilometeran lagi, udah kayak ke Semarang yak. Keesokan harinya, jam 10 pagi, kita pulang, karena sahabat MMBlog udah galau pengen nonton MotoGP Motegi, gak lama, riding 2 jam setengah dari sana, MMBlog udah sampe rumah.

Touring yang menyenangkan, irit biaya, dan yang pasti melelahkan kali ini kayak gak ada planningnya. Bahkan MMBlog bawa backpack yang biasanya pake tankbag. Tapi tetep, temen-temen kudu nyoba trek atau rute ini! Dijamin seru abis! Oke deh, semoga menginspirasi yah!

Panjang aje ini artikel :mrgreen: . nih kumpulan fotonya yah Sob.

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

instagram

Villa Kanaya

26 COMMENTS

  1. padahal dari jayanti gas ke rancabuaya terus ke santolo cikajang ke garut beuhhh itu jalannya mantap, dipinggir laut plus banyak jembatan panjang

  2. Thx bro info rute nya.. dulu jaman pacaran naek mtor dari bgor, main ke lembang n trus ke ciwidey. sma istri smpet mau coba jalur pulang ke bogor lewat situ ragu2 jd ga jd deh..
    Tp skrg jd tau, trnyata bner ya itu alternatif cianjur. Cuma astaga bgt itu 500anKm .. jauuuuhhh euy.
    Desember klo jd mau liburan k ciwidey pulang lwt situ ah.. haha

  3. Rute cidaun emang super mantapps bro, apalagi pas setelah rancabali, dari nama jalannya pun sudah menunjukan, Jl. Tanjakan Kelokan 1000, disana ada tempat ngopi yg asikkk namanya warung kabut itu tempatnya temen2 yg galau antara mau lanjut riding atau balik kanan karena kabut super tebal (kabut clear jam 11.00 – 14.00) hehehe, lain kali coba dari cidaun/ Pantai Jayanti lanjut ke arah timur via jalur Pantai Selatan bisa dapet banyak Pantai indah bro : rancabuaya, pantai puncak guha, Pantai cilaut ereun, pantai santolo, pantai sayang heulang lanjut kearah cikajang Garut dengan kebun teh nya lalu bisa coba berendam air panas di Cipanas Garut, sepanjang track tersebut jalan mulus dijamin puass & pemandangan super indah, total track tersebut kalo dari bandung sekitar 500km juga, minggu lalu baru lewat sana, solo riding alias jalan sendiri 😀
    Thanks for sharing bro.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here