Kawasaki Z125, Memperkuat Atau Memperlemah Citra Klan “Z”?

18

z800-4

Sobat MMBlog sekalian, sama sekali gak kepikiran di benak MMBlog bahwa Kawasaki punya rencana untuk merilis dan menjual Kawasaki Z125. Sebuah minibike, motor bantet, motor imut yang dikasih nama “Z” di depannya, hmmm benar-benar sebuah langkah yang out off the box, diluar kebiasaan, dan yang pasti, punya resiko yang bisa dibilang gak sepele! Naahh, kaitannya sama Brand Image ini Sooobb!

Z1251

Kawasaki Z Series adalah varian motor dari Kawasaki yang motornya “serius”. Klan Z punya karakter nakedbike, stretfighter yang kuat! Sangar, gahar, futuristik, dan agresif! Variannya yang top alias paling tinggi ada Sugomi Z1000, terus ada juga Z800 yang kayaknya malah lebih sangar dari Sugomi. Terus ada juga Kawasaki Z250/300 inline twin yang punya karakter body kayak Z800, dan terakhir ada Z250SL, 250 CC satu silinder, desainnya petarung jalanan banget, preman!

z800-2

Nah, munculah Kawasaki Z125 yang imut, bikin gemas, dan lucu. Laahhh, klan Z yang serius kok sekarang ada varian yang buat lucu-lucuannya? Gimana ini? Gak ngerusak brand imagenya yang udah susah payah dibangun? Hanya ada dua kemungkinan, kemungkinan pertama adalah sama sekali gak mempengaruhi image klan Z atau gak bikin klan Z rusak namanya, alias gak akan mempengaruhi eksistensi atau penjualan dari Z kakaknya, dan yang kedua adalah bikin jeblok.

z1000

Analisa MMBlog sih, beratnya ke “Z125 gak akan ngerusak nama dari Z Series”, karena brand Kawasaki dan Z Series, bukanlah brand prestisius! Beda sama Ducati atau MV Agusta atau Harley Davidson, keluar versi 125, eh gak usah 125, 250 aja, bubar jalan dah, wkwkwkwk :mrgreen: . gak percaya, silahkan temen-temen kebet Journal of Marketing yang ditulis oleh Kirmani et all (1999), membahas mengenai brand line extension, dan secara empirik diketahui bahwa emang brand yang gak prestisius, lebih bisa fleksibel dalam membuat lini produk baru!

test ride kawasaki ksr-24

Terus Mas? Jadi memperkuat dong? Nah ini dia, dibilang memperkuat juga enggak sepertinya. Terus buat apa? Buat penjenjangan yang baru punya SIM untuk motor Z pertama pake motor ini? Wkwkwk, kan udah ada Z250, ngapain pake ini motor? Buat bocah belajar motor? Lah rencana kedepannya mau buat apa? Buat belajar balap? Bukan motor fairing, mau belajar cross bukan motor trail. Jadi motor ini kayaknya beneran dibuat Kawasaki hanya untuk mendobrak dominasi Honda MSX. Mau bikin pake nama baru, ribet, harus ada lagi komunikasi marketingnya, harus ada lagi strategi marketingnya, ada lagi brand developmentnya, mending pake nama “Z” praktis, udah beken, tinggal follow up!

Sebenernya sih, agak lebay juga pake nama Z, opini pribadi MMBlog, pake nama ER125n aja kayaknya lebih sederhana tapi mengena!

Oke deh, gimana menurut temen-temen? Silahkan opininya yah. Semoga berguna!

18 COMMENTS

  1. suka kok ngliat Z125
    meski kecil tapi dikasih tampang nya lumayan sangar
    tetap gak bisa di remehkan
    ibarat anak kecil gendut di kasih sarung tinju pasang muka sangar
    imut2 garang wkwkwkw
    nice job kawasaki
    naked kawasaki apapun jenisnya slalu ok banget dah beda sama fairing nya yg kesannya mirip2 smua

  2. Kenapa yang MONO gak USD? masa kalah ma ini miniMOTO dan KLX/Dtracker???

    T_T T_T T_T

    Tolong tuh MONO di kasih USD…, biar keren dikit lah walau power masih di bawah RC250…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here