Foto Resmi Honda CBR500R, Siap Ganyang Kawasaki Ninja 400-650? Terlalu Futuristik Untuk Klan CBR!

14

cbr500r-1

Sobat MMBlog sekalian, mungkin udah agak telat bikin artikel mengenai Honda CBR500R, tapi gak papa lah, namanya juga blog catatan harian, hihi. Terus disini, MMBlog juga mau berkomentar mengenai motor ini sebagai rider motor yang kurang lebih punya platform mesin hampir sama, dua silinder, DOHC, dan entry level moge. Honda kali ini emang cukup keterlaluan dalam mengupdate motor klan CBR series. Dari yang 250, 600, 650, 1000, desainnya ya gitu-gitu aja alias mirip-mirip, 11 12 13 dah, nah ini, udah lumayan melenceng. Ya emang sih, selalu ada yang pertama, entah itu buruk atau baik, tapi yang jelas CBR500R 2016 ini adalah awal revolusi model CBR yang baik!

Kurang Sporty? Wajar, Kan “R” nya Cuman Satu! Mau Sporty Abis? Ya Kudu “RR”

cbr500r-2

Mungkin temen-temen ada yang berkomentar bahwa motor ini kurang sporty, kurang sharp, ya menilai barang mah pasti ada aja yang gak sesuai sama selera dan ada aja kurangnya. Tapi coba tinjau dari sisi positioning dan dari sudut pandang historis. Positioningnya jelas, ini adalah entry level big bike! Motor bagi para pemula! Motor yang cucok banget cyiinn untuk rider yang baru bisa atau belajar naik motor! Desain begini malah udah kecakepan, mau lebih sporty? mau lebih bongkok? Atau mau lebih sharp? Bukan Honda banget itu namanya, Honda pasti pengen tiap rider baru yang jajal motornya merasakan feel berkendara yang aman, nyaman, dan easy to ride, bahasa betawinya gampang ditunggangin kali yak?

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

cbr-10
NAH!

Gak cuman untuk kaum adam, kaum hawapun pasti jadi target marketnya! Kalau udah merasa cocok, enak, baru deh naek kelas lagi ke motor atau ke klan CBR yang lebih sporty, ya kayak CBR600RR! CBR600RR biar kata sport paling nyaman, tetep aje bongkok loh Sob, MMBlog kelamaan riding pake itu motor, leher berasa mau dilepas dah, wkwkwk :mrgreen: . udah jelas kan positioningnya?

cbr-7

Terus gimana kalau ditinjau dari sisi historis? Ya pastilah, CBR = City Bike + R, ya pastinya ini motor CB yang disarungin. Terus embel-embelnya apa? Huruf “R”, “R” nya juga cuman satu, yang dilihat dari sejarah mah kalau R-nya cuman satu, itu motor ya kagak sporty-sporty amat Sob. Spoty untuk pemula kalau MMBlog taksir, nah kalau “RR” baru dah siap gaspol! Terus embel-embel “F” nah, jadi dah tuh sport touring!

Target Utama Hantam Ninja 650? Bisa Asal…

2014-Kawasaki-Ninja-400-Teaser

Agak aneh melihat kenyataan bahwa hanya Honda CBR500R doang yang kena update, tapi yang lainnya enggak. Tapi kalau dilihat-lihat, wajar juga sih, soalnya desain CBR500R udah lumayan “lawas”, kok lawas Mas? Bukannya ini motor baru? lawas karena CBR250R, dan CBR1000RR udah pakai desain ini sejak lama! Desain lama begini agak susah emang kalau mau ngebabat Ninja 650 yang udah kadung punya penggemar tersendiri.

cbr500r-7

Mau Babat Ninja 650? Bisa aja, asal ini motor punya eksposure yang luar biasa besar, ya kayak dipakai di ajang pendidikan balap, dan lain-lain. Tentu, CBR500R juga harus punya “keunikan” tersendiri kalau mau struggle di segmen moge entry level yang kian hari kian memanas kayak tunggu Surabi Bogor Sob

Banya Fitur Baru, Pricingnya Gimana?

cbr500r-8

cbr500r-9

Ini motor tampil kayaknya udah full LED untuk lampu, walaupun speedometer masing mengadopsi versi lawasnya. Entah ada fitur menarik apalagi, mungkin suspensinya bisa disetel pake tangan kayak moge-moge flagship? Atau mungkin jadi lebih bertenaga karena ada jeroan yang diupgrade, nah kalau udah begini ini motor mau dijual berapa yah Sob? untuk pasar Indonesia, bisa jadi lebih tinggi dari CB500X, untuk pasar global, hmm, harusnya sih tetep kudu lebih ekonomis ketimbang Ninja 650.

Oke deh, selamat datang Honda CBR500R, tinggal nunggu AHM boyong aja nih. semoga aja bisa foto-foto, syukur-syukur test ride, xixixi. Oke deh, semoga berguna yah Sob!

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

14 COMMENTS

  1. dari samping itu pewarnaannya /tone nya
    kok sekilaskaya ngliatin minerva 150 cc sarungan ya,
    desain sticker atau pewarnaan nya coba di tinjau ulangdeh
    IMHo

  2. CBR600RR harus diganti modelnya, menurutku paling jelek modelnya. malah mending CBR600RR Seri sebelumnya masih oke. klo CBR500R ya sudah oke kayaknya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here