Motor Dua Silinder Bersuara Empat Silinder Semakin Hangat, Ketika Audio Bisa Mengubah Mindset!

35

20140201_173740

Sobat MMBlog sekalian, belakangan ini, beberapa blogger membahas mengenai suara mesin dari Benelli TNT 250. Motor ini sejatinya adalah motor yang menggunakan mesin dua silinder segaris Sob. tapi suaranya padat, ngebas, kayak tidak punya tone layaknya motor-motor dua silinder seperti Ninja 250 atau Yamaha R25. Kenapa bisa begitu, setelah melakukan diskusi dengan Mas Imam Budiharjo pemilik warung bengkelsepedamotor, akhirnya MMBlog tahu bahwa motor ini menggunakan konfigurasi sudut crankshaft 360 derajat. Sederhananya, dua piston itu naik turun barengan Sob.

Baca juga : ini mesinnya dua silinder, tapi suaranya kayak empat silinder loh Sob!

IMG-20140201-00302

Pada awalnya, MMBlog penasaran sama motor yang punya suara “inline four” ini adalah ketika MMBlog dapet panggilan untuk ibadah Umroh. Pas lagi nyebrang di Madinah, ada polisi lewat naek motor, terus kok suaranya merdu banget, ngebas, dan padat! Awalnya MMBlog berpikir kalau itu adalah Honda CB750, kan emang dia mesinnya empat silinder wajar toh kalau suaranya kayak begitu Sob. tapi setelah sholat, dan penasaran sehingga MMBlog menghampiri motor tersebut, ealah, kok 250 CC?!

IMG-20140201-00304

Gak pake lama, MMBlog langsung browsing pake ponsel Mama yang udah beli simcard sana, nyari-nyari keyword CB250, dan ternyata bener! Itu adalah motor dua silinder Sob! wah, lansung kan MMBlog bikin artikel mengenai mesin motor ini yang sebaiknya digunakan untuk mengisi kekosongan mesin 250 CC dengan platform mesin yang sangat sederhana. Ya gimana enggak sederhana. Tapi, di artikel itupun banyak temen-temen pembaca yang pesimis, itu motor mau dijual berapa, ketinggalan zamanlah, dan lain-lain, MMBlog maklum, soale mungkin belum pernah denger suaranya kali yah, atau mungkin udah punya moge empat silinder kali, xixixi. mau dijual berapa? teknologi ini biasa aja kok, bukan teknologi baru yang istimewa, banderol logis di 35 juta masih oke, asal kasih stimulus aja kayak geberin itu knalpotnya, wkwkwkk.

benelli tnt 250-4

Beberapa rumor juga sempat berkembang, seperti yang diutarakan oleh sahabat blogger sekaligus senior blogger yang MMBlog hormati, Kang Taufik TMCBlog. Beliau mengisyaratkan bahwa ada kemungkinan Yamaha akan menggunakan mesin dua silinder dengan konfigurasi crankshaft yang berbeda dengan Yamaha R25. Hmm, apakah seperti Benelli TNT250? CB250? Yang jelas, kalau beda dari R25 suaranya bisa jadi akan lebih berkarakter Sob, IMHO.

Gak bisa dipungkiri loh, variabel suara terkadang memang bisa lebih atraktif ketimbang tampilan. Sederhananya gini:

Temen-temen kalau riding nih ya, bisa ngelihat motor yang temen-temen tunggangin? Bisa? Palingan bisanya ngelihat tangki, speedometer, sama spion doang kan? Ngaca-ngaca dikit palingan di Body Alphard yang mulus :mrgreen: . tapi suara, mau temen-temen riding, manasin motor, riding sambil merem, suara pasti terdengar oleh kuping! Sedikit banyak, banyak malahan, variabel inilah yang menjadi daya tarik bagi motor itu Sob, IMHO. Sayang, merek Benelli masih belum sepopuler dan semainstream merek-merek Jepang, tapi kalau merek Jepang yang ngeluarin, beuh, yakin deh, YAKIN! Mau ada kritik di body inilah, mau dikata speedo kampunganlah, mau dikata stoplamp cemenlah, mau dikata swingarem kotak tahu lah, begitu diblayer, di revving, “whhuuukkkk”! kicep semuah! :mrgreen:

benelli tnt 250

MMBlog punya insight kalau motor-motor dengan genre begini ini bakalan populer lagi. Tinggal ada riset dikit doang kok dari pabrikan, Suara kayak Ninja 250 dibanding sama suara kayak Benelli TNT250, tanpa ngelihat wujud motornya, mana yang temen-temen suka? Semoga berguna dulu dah yeee, hihi :mrgreen:

35 COMMENTS

  1. Kangen bgt sama cb200 ane dulu…

    Asli ane udah liat langsung motor ini, dan test ride d pameran kemarin…..

    Asli ane ga peduli semuanya….
    Akselerasinya, agility nya…
    Bobotnya…
    Begitu ane revving….
    Whuaassseemmmbbbb….

    Suaranya…..
    Buset gilak……

    Ane lebih seneng ini dibanding 2 silinder lokal lainnya…

    Suaranya…
    Ibarat kata makanan…
    Tenderloin steak….

    Tp versi kaki lima…
    Rasa mirip2 makanan eropa asli

    meskipun dagingnya alot ala lokal…

    Layak beli nih…. Bagi ane yg pernah punya cb200.

  2. Suaranya ituh…..
    Wueenaaakkk tenaaannnn…

    Padahal belum pk knalpot racing….

    Kalem, ngebas, kaya penyanyi yg pk penyanyi latar…

    Ga kaya mocin single silinder yg knalpot standarnya aja udah ngeblar blar brisik ga karuan…

    Tnt 250

    brader harus coba sendiri, sebelum ragu dengan mtor ini

  3. vote suara benelli tnt250. kalo wajah ganteng dah biasa. tapi suara ganteng alias seksi ini susah dicari. ninja akan seksi kalo dicangkok knalpot after market tapi mengintimidasi lingkungan (asli bikin gaduh nyaris kek zaman 2 tak). kalo suara 4 silinder dijamin ga mengintimidasi. karena siapapun akan menikmati iramanya. prumm prummm :mrgreen:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here