Test Ride dan Review Komplit Yamaha MT-25, Nakedbike Yang Nyandu, Bener-Bener Siap Buat Harian dan Touring!

29

Yamaha MT-25-17

Sobat MMBlog sekalianm pada tanggal 25 Agustus 2015, MMBlog bersama dengan sahabat blogger Bro Alki dari alkirahmatullah.com dan sahabat dan pembaca setia MMBlog, Mas Novan yang baik banget, melakukan kopdar di Universitas Indonesia Depok. Kopdar ini MMBlog yang prakarsai Sob, soale jujur dah, penasaran banget itu sama Yamaha MT-25 Kuning nan ganteng milik Mas Novan. Okelah, setelah ketunda beberapa hari, akhirnya tanggal 25 Agustus 2015, hari selasa, kita kopdar pas sore hari menjelang senja. MMBlog dateng bawa Si Merah Aka ER6n, Bro Alki pake Revo Tangguh, dan Mas Novan pake MT-25 kesayangannya.

Yamaha MT-25-4

Seperti biasa, ketemu rekan blogger dan sahabat pembaca itu, atmosfir yang langsung kebentuk adalah atmosfer akrab! Ngomong langsung nyambung, apalagi ternyata Mas Novan udah ngikutin blog sederhana ini dari Tahun 2013, weleehhh :mrgreen: .Terus keputusannya minang MT-25 yang merupakan Nakedbike juga sedikit banyak dipengaruhi artikel-artikel MMBlog yang emang doyan sama nakedbike, jiaaahhh 😆 , makasih loh Mas udah sering mampir ke blog saya 🙂 sukses selalu yaa 😀 . setelah ngobrol-ngobrol akhirnya kita semua langsung gas! MMBlog pake MT-25 Kuning punya mas Novan, Bro Alki pake Si Merah, dan Mas Novan pake Revo, siippp, langsung masuk ke reviewnya ya temen-temen!

Desain dan Tampilan

Yamaha MT-25-5

Yamaha MT-25 adalah nakedbike, pure nakedbike! Gak pake sarung atau apalah. Kalau ngomongin desain dan tampilan, MMBlog banget ini mah Sob. dari awal ngelihat di sentul pas ada sesi test ride MMBlog langsung ngebatin, “wah, ganteng juga yak R25 kalau ditelanjangin”. Desain tentu ada yang demen ada juga yang enggak. Kalau MMBlog mah, desain motor nakedbike hampir semuanya demen, dan karakternya pasti punya sifat muscle, liar, dan gagah! Temen-temen bisa lihat fotonya begitu MMBlog sampingkan sama ER6n, gak kebanting kan? Padahal CC ER6n dua kali lipat lebih dari CC MT-25, tapi secara tampilan dimesinya 11-12, gak kalah gagah, keren, dan yang paling utama, simpel!

Yamaha MT-25-3

Ergonomi

Yamaha MT-25-20

Ini pertama kalinya Sob MMBlog dudukin Yamaha MT-25. Weleeehhh, kok ya langsung dapet chemistrinya yah?? Ergonominya MMBlog banget iniiihhh. Compare sama ER6n yang juga nakedbike, setangnya memang lebih rendah Sob, tapi karena jarak setang ke badan gak kelewat jauh, masih jauhan ER6n, jadi posisi ridingnya tetep tegap, rileks, tapi ada feel agresifnya! Posisi footstep juga lurus sama Jok, jadi kakipun lumayan rileks, tapi yang MMBlog rasain, tekukan di dengkul lumayan juga yah. Mungkin karena jarak footstep ke jok agak deket niihh. Tapi it’s oke, tetep nyaman kok.

Yamaha MT-25-13

Malah MMBlog ngerasa paha lebar MMBlog ini bisa mengapit body MT-25 dengan proper. Ergonomi begini ini luar biasa cocok untuk riding harian, untuk touringpun sebenernya udah oke, walaupun MMBlog merekomendasikan untuk pasang raiser yang bikin setang lebih tinggi sedikiiiiitttt, udah deh, maknyuussss! Siap-siap bebas pegal dan riding lebih jauh! Terus gimana? Jinjit gak nih? pastinya tinggi MMBlog yang 167 ini jinjit Sob, tapi karena bodynya juga ringan, terus jinjitnya gak seberapa, kadar pedenya sama sekali gak berkurang!

Performa

Yamaha MT-25-16

Baiklaahh, saatnya siap-siap riding! Sebelumnya MMBlog pake safety gear anyar MMBlog, Jaket RS-Taichi 275 Armed Mesh Jacket (jaket super niihh, wkwkwkwk), Helm NHK GP 1000 konser edition, sarung tangan Scoyco MC9 dan TCX Boots! Puter kunci kontaknya ke posisi ON, biarin dulu fuel pump nyala, tarik tuas kopling, terus stater “wheerrr…wheerrr”, hiyaaaa, suara khas mesin dua silinder banget yaahh 😀 . Tone nya mirip sama Tone ER6n, tapi dia lebih lembut, lebih halus, dan lebih garing, karena ER6n lebih ngebas Sob.

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

mt2
Crusing di 56 km/jam, efforless

Ulasan test ride ini MMBlog ceritain berdasarkan feeling MMBlog yah Sob. mau pake alat kayak Race Logic atau Vericom, MMBlog belum punya, hihihi, nanti den nabung dulu. Oke, masukin gigi ke gigi 1 “cklik” jiaahh kagak ada bunyi bletaknyah 😆 . udah gitu, koplingnya juga enteng banget Sob! serius dah, ini motor kok ya empuk amat semua-semuanya! Aahh, langsung deh kasih puteran gas, lepas kopling, dan akhirnya meluncur jugaaa.

Yamaha MT-25-10

FYI, ini motor kilometernya masih 400 Sob, seger banget! Kalau menurut buku manual sih biasanya masih inreyen, kudu ada batasan dalam menggebernya. Yawis, MMBlog hanya betot-betot motor sampe RPM 5000-6000-an doang Sob di awal. Terus gimana tenaganya? Gilaaa, enak bangeett, lembuutt, ngisi, pas, linear, tapi tetep nampol! MMBlog pernah jajal Inazuma, nah MT-25 masih lebih responsif walaupun untuk kenyamanan, Inazuma ada di atas angin Sob. MMBlog juga pernah jajal R25, powernya 11-12 deh Sob, mirip-mirip! Cuman ini karena nakedbike, MMBlog banget, jadi powernya bener-bener presisi di feeling MMBlog, hentakan demi hentakan, laju demi laju, akselerasi demi akselerasi, terus ngisi, predictable, dan FUN!

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

89 km/jam dapat diraih dengan sangat mudah dan cepat!
89 km/jam dapat diraih dengan sangat mudah dan cepat!

Tentu temen-temen jangan bandingin sama Torsi 650 CC dua silinder, atau 800 CC tiga silinder, atau 600 CC empat silinder yang punya napas gak abis-abis. Yang jelas, power dari MT-25 adalah power yang relevan, realistis, dan cukup untuk digunakan di sebagian kontur jalan di Indonesia! Revving naek dengan cukup cepat! Hingga akhirnya Mas Novan mengizinkan MMBlog untuk geber aja, MMBlog akhirnya shifting di Rpm 8000-9000, shiftingpun sangat-sangat mudah Sob, empuk banget! Shifting di RPM segitu bener-bener membuat tenaganya terus-terusan ngisi, gak ada jeda Sob. jelas, dari kondisi diam hingga mencapai 90 km/jam dapat dilakukan dengan sangat mudah, cepat, dan minim sekali getaran!

mt3

Temen-temen bisa lihat capture-an MMBlog di image dari GoPro, dengan adanya indikator gigi, rpm, dan speedometer, temen-temen bisa menyimpulkan bagaimana performanya. Lebih dari cukup!

Handling

Yamaha MT-25-9

Di UI ada beberapa tikungan tajam dan tikungan hiperbolik Sob. beberapa tikungan juga ada kerikilnya dan gak mulus-mulus amat, hehe. MMBlog coba nikung dengan kecepatan 60-70 km/jam di tikungan hiperbolik, ampuuunnn, kok ya nurut banget yah? Enteng banget ditekuknya, udah gitu stabil! Mungkin ini disebabkan oleh karakter suspensinya yang gak empuk-empuk amat Sob. emang suspensi aga keras sih ya, setidaknya itu yang MMBlog rasain.

mt5

Bukan keras kayak sok mati loh tapi. Terus gimana kalau muter balik? Kebetulan setangnya bisa ditekuk abis Sob. satu lajur yang kebagi dua udah cukup buat muter balikin baby MT ini, lagi-lagi karena motornya enteng bagi MMBlog ya enak! Sempet selap-selip juga pas agak macet di stasiun, gampang aja tuh Sob! ini kalau setangnya diganti sama setang Byson, nikung bisa makin agresif kali yak?? :mrgreen:

Pengereman

Yamaha MT-25-12

Bicara motor kenceng, torqy, tentu kudu bahas remnya juga Sob. buat MMBlog pribadi sih, remnya udah oke kok, yaa emang gak seistimewa rem-rem moge radial, tapi untuk motor 250 CC dua silinder, remnya udah dengan gagah bisa melambatkan laju motor Sob. baik rem depan ataupun rem belakang, kerjanya optimal! MMBlog sempet jajal ngerem agak mendadak, dan ternyata motor tetep stabil, gak limbung, emang stabilitasnya mumpuni ini Sob.

Riding Quality

Yamaha MT-25-3

Riding pake MT 25 itu emang udah aja karakter MT 25, beda sama streetfire yang mirip abis sama moge-moge 500CC nya. Ini motornya karakternya kuat, nakedbike abiss, baik tampilan maupun feel ridingnya! Pas nunggang kita berasa gagah, motorpun jinak, visibilitas ke depan clear, jelas, begitupula kalau pengen mantau kecepatan dengan melihat dashboardnya, gampang, cukup dengan lirikan! Terus gimana dengan visibilitas ke belakang aka spion? Tinggal setting, langsung bagian belakang jelas banget Sob!

Kesimpulan

Yamaha MT-25-19

Yamaha MT-25 adalah motor 250 CC yang bagi MMBlog bener-bener highly recomended bagi temen-temen yang butuh motor 250 mainstream, motornya friendly, jinak, penyabar, MMBlog pake MT-25 malah enjoynya pas riding santai loh, serius deh, padahal positioningnya MT-25 kan Nakedbike agresif yah, tapi riding kalem kenapa lebih nikmat bagi MMBlog :mrgreen: . terus, dengan harga 46 juta rupiah, tentu MT-25 patut untuk dipertimbangkan Sob. yuk ngegalau, wkwkwk, semoga bermanfaat yah!

Special Thanks to Mas Novan untuk pinjaman MT-25 Kuningnya, dan Bro Alki untuk foto-fotonya!

MT-8

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

instagram

Villa Kanaya

29 COMMENTS

  1. Mantap nih mt 25 performa udah gak usah di tanya lah saya kecewa headlamp nya mas klan mt knp mesti harus di ganti kaya vixon gto mt series kan bulet ….not bad but sad

  2. Mantep reviewnya kang… tp ane harus jujur kang memamg motornya kurang ganteng selera sih… tp kang vandra kaya naik byson bukan sport 2 silinder 250cc… kekarnya dpt tp aura mogenya gk ada… #sorry to say

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here