Test Ride dan Review Kawasaki KSR dan KSR Pro, Kecil-Kecil Cabe Rawit!

19

test ride kawasaki ksr-2

Sobat MMBlog sekalian, ketemu lagi di artikel test ride dan review motor ala MMBlog. Biasanya, MMBlog test ride dan review moge-moge Sob, nah kali ini, malah kebalikannya, MMBlog test ride dan review motor kecil yang beneran dimensinya itu kecil banget Sob, apalagi kalau bukan Kawasaki KSR! Minimoto dari Kawasaki yang populer banget di thailand sana sebagai motor maenan! Gak tanggung-tanggung, MMBlog ngejajalnya KSR reguler dan KSR Pro Sob, yang kopling dan yang tanpa kopling, hmm, terus gimana sih rasanya?

Dimensi

test ride kawasaki ksr-6

Seperti yang udah kita tahu bahwa KSR adalah motor bantet, kecil, dan emang ukurannya beneran mungil Sob. tinggi joknya juga beneran rendah, MMBlog yang punya tinggi badan 167 cm bisa dengan menapakan kaki secara sempurna ke tanah. Kalau dibandingkan dengan MMBlog ini motor jadi beneran keliatan imut, tapiii gak seekstrim sampe terlihat kayak beruang sirkus yang lagi bawa motornya sih, hehe. buat anak-anak yang baru pengen belajar motor, atau muda-mudi yang baru punya SIM dan tinggi badannya baru sentuh 150 cm, bakalan pas banget riding pake Kawasaki KSR!

Ergonomi

test ride kawasaki ksr

Motor kecil ini genrenya motard/supermoto Sob, jadi emang ergonominya adalah ergonomi yang rileks dan santai. Posisi footstep agak ke depan kalau ditarik lurus dari jok. Terus juga posisi setang lumayan tinggi karena menggunakan setang pipa yang profilnya emang udah tinggi. Temen-temen bisa lihat, MMBlog santai banget pas riding pake KSR, posisi badan/punggung beneran tegap, ergonomi begini ini enak banget buat dipake commuter harian di jalanan yang macet Sob, gak capek! Oia, posisinya bisa santai karena juga jarak jangkauan tangan MMBlog ke setang emang gak terlalu jauh. Naek KSR ini berasa naekin motor, tapi bener-bener kita yang ngontrol motor Sob, gimana yah, berasa kecil jadi pede banget, sama sekali gak ada intimidasinya. Oia, baik yang KSR Reguler atau yang Pro, keduanya sama aja ergonominya temen-temen.

test ride kawasaki ksr-16

Performa

test ride kawasaki ksr-19

Hmm, kubikasi 110-an CC, motornya imut, bannya ring 12, ditunggangin sama MMBlog yang punya bobot 70 kg, bisa ngacir gak yah? Oke deh, pertama kali MMBlog jajal yang KSR Reguler dulu alias yang gak pake kopling Sob. nyalainnya MMBlog coba pake engkol ajaahh, hehe, yang ini kalau gak salah juga gak ada eletrik staternya deh. Tapi ngengkolnya pun enak, enteng, wajar soalnya mesinnya juga mesin bebek yang terlentang, kubikasinya juga hanya 100-an CC. “briiimmm”, hihi, suaranya imut banget, khas mesin satu silinder, tapi garing yah, beda sama suara bebek yang rada ngebas, liat-liat eh ternyata emang mufflernya itu lubangnya kecil banget.

Masukin ke gigi 1, sama kayak bebek teken ke bawah, puter gas dan langsung jalan, horeee!! :mrgreen: . nah, untuk yang reguler ini, MMBlog hanya jajal diseputaran komplek doang Sob. makanya nih, MMBlog mohon maaf karena gak pake helm dan sarung tangan. Kecepatan pun gak lebih dari 50 km/jam. Hanya untuk mengetahui impresi berkendaranya aja sih. Jadi bisa diketahui kalau KSR ini biarpun kecil, tenaganya lumayan loh. Laju, enteng, malah kalau MMBlog bilang, lebih enteng dari bebek tarikannya.

test ride kawasaki ksr-11

Saatnya test yang KSR Pro alias yang udah pake kopling Sob. hmm, kalau ini udah ada elektrik staternya. Tinggal tarik tuas kopling, teken stater dan “briimm”, hihi lagi-lagi suara garingnya langsung kedengeran dari ujung mufflernya yang imut. Oia, koplingnya juga empuk banget loh. Naah, kalau yang ini MMBlog bawa ke jalan raya, terus gimana tenaganya? Wuiihh, gak taunya sesuai dengan karakternya yang minimoto agresif, tarikannya juga gak bisa dianggap remeh Sob. kecepatan 60 km/jam dapat diraih tanpa kesulitan sama sekali! Padahal bannya kecil, ring 12 inci! Gak ada ngeden-ngedennya sama sekali euy, lucu dan kenceng!

Mirip-mirip lah sama bebek 100an CC, apalagi ini pakai kopling, berasa banget responsifnya! MMBlog agak ngeri bawa kenceng-kenceng, padahal suara mesin masih rileks, belum biasa aja Sob bawa motor imut begini, hehe 😀 . oia, untuk KSR Pro, ini motor pindah giginya full dicongkel ke atas kalau pengen up-shift. Pindah giginya agak keras menurut MMBlog, tapi mungkin inilah karakternya yah. Kesimpulan dari performanya sih udah bisa dan cukup banget dipake harian sebagai kendaraan operasional, sayangnya aja gak bisa boncengan, hehe. dan gak ada kompartmen buat naro-naro barang :mrgreen: .

Handling dan Suspensi

test ride kawasaki ksr-13

Menggunakan suspensi upside-down di suspensi depannya dan monoshock di suspensi belakangnya, ini motor ternyata emang udah advance yah Sob peranti peredam kejutnya. Kalau ditunggangin terus diteken-teken, maka akan kerasa banget kalau suspensi dari Kawasaki KSR itu empuk Sob. dibawa jalannya pun demikian, suspensi empuknya ini bikin nyaman, ngelibas polisi tidur, atau jalanan yang agak bumpy, jadi beneran enak, gak bikin mual. Terus gimana kalau diajak belok? KSR ini karena bannya kecil, suspensinya juga serius, dia punya handling yang luar biasa superb dan ringan banget! Ini motor handlingnya gak ada tuh yang namanya ngelawan, submissive! Bakal ngikut apa mau kita sob! terus yang asyik, ini motor setangnya bisa ditekak-tekuk patah, jadi buat macet-macetan, wuiihh jangan tanya, maknyuuss, udah gitu KSR juga punya fitur kayak bajay roda tiga, alias bisa U Turn aka muter balik tanpa makan banyak tempat!

Pengereman

test ride kawasaki ksr-15

Secara visual, lagi-lagi tampilan rem depan dan belakangnya juga serius banget loh ini motor! Udah cakram alias discbrake! Udah gitu, master remnya juga serius, ukurannya besar, dan handlenya itu mantap digenggam oleh jemari! Performa pengereman juga luar biasa mantap dan pakem! MMBlog kalau riding pake motor imut begini, kombinasi rem depan dan belakang bisa 50 : 50 Sob, lebih enak, lebih terprediksi, dan yang paling penting jadinya pakem banget! Oia, pas ngerem ada efek diving yang begitu besar dirasa tubuh Sob, soalnya suspensi depannya bener-bener masuk karena menahan bobot motor+rider, hihi, asyik!

Kesimpulan

test ride kawasaki ksr-12

Dengan harga 23 jutaan, KSR ataupun KSR Pro adalah motor serius, tenaganya juga bagus, kecil-kecil cabe rawit! Tapi, sebagai motor harian, temen-temen harus memahami bahwa sehebat-hebatnya, motor ini hanya cocok sebagai kendaraan urban, city riding, buat commuter dari tempat yang lumayan jauh, hmm, bisa aja, tapi ya gitu, kalau nemuin jalan dengan lubang yang besar, dan rintangan lainnya, butuh effort lebih untuk KSR agar bisa berjibaku. Untuk motor kedua atau ketiga, KSR adalah pilihan yang menyenangkan! Motornya gampang dipake, bisa dipake sama siapa aja, unik, dan yang paling kece adalah ini motor sangat-sangat atraktif! Bikin semua mata tertuju, apalagi kalau ridingnya bareng-bareng, jadi kayak Genk Motor Mini, hehe.

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

behind the scene
behind the scene

Oke deh, semoga menginspirasi yah Sob!

All Photo Taken By Aditya Agun Ardiwinata dan Amos Jeketi Prabowo, thanks dude!

test ride kawasaki ksr-24

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

 

 [/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

19 COMMENTS

  1. Ini sih emang motor hobby. Di komplek saya ada tuh pemilik bengkel moge yg punya, dipake buat wara-wiri di komplek. Buat motor ke sekian sih boleh, tp jgn coba2 dijadiin motor utama, krn ongkos miaranya bakalan nyekek leher, hahaha…
    Sempet kepikir beli satu utk dipake di area sekitaran rumah plus ntar buat ngajarin anak naik motor kl udah SMP, tp msh lama SMPnya, wkwkwkwkkkk…. Bini jg pasti nyap2 tuh kl beneran beli, wkwkwkwkkkk….. Kebanyakan duit lo? Motor udah 3 biji msh mau beli motor mainan gitu lg? wkwkwkwkkkkk…….

  2. Saya udah punya nih motor, udah pake ban ring14 ban asli nya tracker, ni motor langsung tinggi kknalpot juga udah racing, mantab ini motor ????????

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here