Test ride dan review Honda CB400 Superfour, Gak Bikin Jatuh Cinta, Tapi Bikin Jatuh Hati!

13

cb400-3

Sobat MMBlog sekalian, mungkin judul artikel ini agak lebay yah, wkwkwk, kayak penggalan lirik lagu Raisa šŸ˜† . tapi jujur, itu adalah kenyataannya Sob. alhamdulillah MMBlog akhirnya berkesempatan untuk menjajal Honda CB400 Superfour, motor 400 CC, retro moderen, empat silinder yang menjadi line up legendaris Honda Motorcycle. Sampai sekarangpun, motor ini masih diproduksi loh Sob. dan MMBlog berkesempatan untuk menjajal unit tahun 1998-1999. Terus gimana impresinya?

MMBlog awalnya penasaran banget, emang gimana ya performa empat silinder 400 CC? Kalau 250 CC empat silinder MMBlog udah pernah nyoba Sob, ya so so lah, tapi suaranya ituloh asli mengagumkan! Nah, kalau 400 CC empat silinder gimana kalau dicompare sama 650 CC dua silinder? Ternyata, emang 400 CC empat silinder itu gak enak, tapi enak banget! :mrgreen:

Dimensi dan Ergonomi

Dimensi Honda CB400 SF tuh gak gede-gede amat, yaa lebih gede dikitlah daripada Thunder 250. Buat postur MMBlog yang Indonesia banget ini, pas dan cocok! Enak dipakenya! Begitupula dengan ergonominya, gak beda jauh sama ergonomi Thunder 250. Rileks, ala-ala touring gitu, santai, posisi riding yang bener-bener standar, gak ada intimidasi/tekanan pada bagian tubuh tertentu. Jinjit gak? Tinggi MMBlog 167, dan sama sekali gak jinjit! Makyuusss!

Performa

test ride CB400SF-1

Ini dia highlight dari artikel ini, MMBlog bakal ceritain ke temen-temen! Oke deh, coba nyalain mesin, ā€œvroouummm….!!!ā€, WOW, merdu amat yah, RPMnya juga cepet banget naiknya ini motor Sob! gile, cita rasa Thunder 250, tapi suaranya enyak renyah! Oke deh, masukin gigi ā€œcklikā€ hfff, lagi-lagi alus, dan kasih throttle dikit, jalan juga nih motor Sob.

Tenaga bawahnya smooth, alus, malah kalau MMBlog bilang lemes, wkwkwk, gila cocok banget ini buat riding harian, kalau tenaga bawahnya gini, dipelintir pelan jalannya juga pelan, pasti bensinnya irit banget. Riding pelan, MMBlog langsung dapet feelnya, lagi-lagi 9 tahun riding pake Thunder 250 bener-bener bikin riding pake CB400 SF jadi amat sangat menyenangkan dan semuanya under control! Gak heran ini moto laris manis di Singapura atau negara-negara asean lainnya!

Feel udah dapet, motornya juga enak, yuk betot, pengen tahu akselerasinya dibanding sama motor 650 CC dua silinder. Hajaaarrrr, pelintir sampe 10000 RPM,wuiihhh, suaranyaaaa ā€œwuuuuunnnggg…!!!ā€ menjeriiit Sob! gilee, enak banget di kuping! Suaranya merdu banget! Terus gimana tenaganya? Ini dia nih, responsif, akselerasi cepat, tapi gak bikin badan terlalu terhempas ke belakang! Jelas lebih nampol ketimbang 250 CC dua silinder kayak Ninja atau R25, tapi lebih smooth ketimbang ER6n yang punya konfigurasi mesin dua silinder segaris 650 CC! Asyiknya, ketika ER6n udah kehabisan nafas dan harus pindah gigi, si CB Superfour ini tetep nafasnya gak abis-abis! Panjaaanngg, tenaga ngisi terus walaupun linear!

test ride CB400SF-2

Oooh, jadi gini toh tenaga dari 400 CC empat silinder, menyenangkan, tapi jelas bukan untuk speedfreak atau penggila torsi. Kenceng sih kenceng, nampol sih nampol, ngacir sih ngacir tapi gak sampe bikin badan kehempas ke belakang Sob! laju laahhh, enak buat touring, buat harian, buat trackday? Hmm, agak kurang yah sepertinya yah. Terlalu sayang kalau buat betot-betotan di sirkuit, buat joy ride, buat touring, sumpah enak banget! Kecepatan 100 km/jam dapat diraih dengan tanpa kesulitan sama sekali, tarik dikit, berakselerasi, kedengeran jeritannya, langsung deh sampe ke 100 km/jam!

Pengereman

Dual disc di depan dan satu disc di belakang, udah cukup banget untuk menghentikan laju dari dimensi ā€œimutā€ CB400SF Sob. kebetulan remnya juga udah baru diperbaiki dan di rekondisi, jadi performanya gak bikin was-was layaknya rem-rem motor yang udah berumur Sob. kalau barunya kan sekarang udah pake rem ABS, yang pasti makin maknyuutt dan makin pakem!

Suspensi dan Handling

Motor-motor streetbike yang murni streetbike kayak CB400 gini suspensinya kebanyakan empuk-empuk banget. Ya gimana enggak, fungsinya kan emang lebih ke motor nyaman, jadi untuk apa suspensi keras-keras? Suspensi stiff yang mantap buat rebah? Wong peruntukkannya juga untuk dijalan umum doang dan untuk harian kok. Handlingnya juga enteng banget, gampang di tekuk, gak ada gejala atau karakter ngelawannya sama sekali! Gawat daahhh.

Motor Favorit Bikers

Honda CB400SF bisa dibilang sebagai motor favorit tiap bikers. Kenapa? Karena ini motor di sency banyak banget yang melototin! Bahkan rider-rider motor Eropa yang motornya punya prestise tinggi aja matanya tetep susah kalau gak noleh ke Honda CB400 :mrgreen: . parkir di parkiran moge bisa, buat hari-hari bisa, buat touring bisa, motor enak, hmmm, kapan yah AHM juga ini motor, wkwkwkk!

Oke deh, semoga menambah inspirasi yah Sob!

instagram

Villa Kanaya

13 COMMENTS

  1. Pernah dikentutin 2x, sekali di jalan panjang, sekali di PIK, suaranya itu lho keinget trs sampe kebawa mimpi šŸ˜€

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here