Suzuki G-Strom 250 dan Kawasaki Versys 250, Pontensinya Besar Loh Ini!

9

Rendering-of-the-Kawasaki-Versys-250 (1)

Sobat MMBlog sekalian, rumor mengenai motor adventure touring dua silinder 250 dari Suzuki dan Kawasaki memang lumayan santer beberapa minggu ke belakang. MMBlog melihat rumor ini bukan hanya sebatas rumor! Disaat pabrikan besar nan raksasa seperti Yamaha dan Honda kini sedang asyik dengan moge-moge serta motor-motor 150 CC, pabrikan lain seperti Kawasaki dan Suzuki sepertinya memang harus mencoba nyemplung di segmen baru, yaaa istilahnya bikin pasar sendiri gituuh. Nah, kebetulan, Motor adventure touring dua silinder belum ada pemainnya! Terus Kawasaki dan Suzuki mau main? Logis!

tinggi jok versys

Kenapa logis? MMBlog melihat bahwa Kawasaki dan Suzuki udah punya line up yang stratejik, Kawasaki punya Versys yang udah kesohor, sedangkan Suzuki punya V-Strom yang populer banget! Honda dan Yamaha? Honda baru main dengan moge yang punya varian huruf โ€œXโ€ sedangkan Yamaha, walaupun punya Tenere series, ini motor identiknya dengan satu silinder, kalau dua silindernya terlalu gede dan massive. Jika Suzuki menggunakan nama Strom untuk line up motor 250 cc-nya, dan Kawasaki menggunakan nama Versys untuk motor 250 Ccnya, maka brandawarnessnya udah dapet!

suzuki vstrom-4

Motor adventure touring mulai populer dan menarik di hati sebagian besar bikers semenjak BMW GS bisa ngajak ridernya kemana-mana. Aktifitas touring jauh, adventure, mengeksplorasi keindahan alam, adalah kegiatan yang gak kalah bergengsi daripada trackday atau adu kebut untuk masa-masa sekarang Sob! kasarnya, ada paradigma โ€œmakin jauh riding, makin jauh touring, semakin sah dia menjadi bikers!โ€. Praktis, yang bisa mengakomodir aktifitas riding seperti ini adalah motor-motor yang punya ergonomi super rileks, punya torsi, punya napas panjang, dan motor kayak gitu kayak ada di motor adventure touring dua silinder!

suzuki vstrom-3

Di Indonesia sendiri, motor-motor adventure sebenernya amat sangat digemari. Rider yang demen touring, ketimbang demen ngebut di sirkuit MMBlog rasa jumlahnya lebih banyak! Touring gak butuh banyak cingcong, badan sehat, gear normal, motor sehat, udah bisa jalan! Beda sama track yang butuh sumber daya ini itu kan? Nah, kendalanya, motor touring di Indonesia/Asia saat ini hanya ada dikubikasi 500 CC ke atas! Di Indonesia, pajak untuk motor-motor sebesar ini udah mengintai dan siap menerkam Sob. Versys 650 harganya udah sentuh 160 juta, V-Strom karena buatan Jepang harganya 192 juta, paling ekonomi Honda CB500X yang dijual oleh AHM seharga 130 juta, dan CB500X itu udah ludes! Kebayang kan animonya?

suzuki vstrom-5

Suzuki dan Kawasaki jika memang jadi merilis dua motor ini, akan perang fitur dan nama besar! Paling utama pasti dari teknologi dan ergonomi! DOHC VS SOHC (kalau G-Strom pake mesin Inazuma), ergonominya tinggal lebih nyaman-nyamanan deh tuh! Pricingnya? Kawasaki pede dengan buatan Thailand, syukur-syukur kalau someday di lokalkan di dalam negeri! Suzuki, bisa dengan memproduksi di Cina dan mengimpornya ke Indonesia! Oia, part-part seperti swing arm yang besar, terus suspensi depan upside down adalah part utama yang bikin nafsu dan hasrat ridernya bergejolak, PASTI!

Oke deh Sob, kita nantikan aja setahun ke depan, yang jelas, Trend motor adventure touring 250 CC dua silinder bakalan sehebat motor sport 250 CC dua silinder! Inget, yang demen touring banyak loh! Hehe. semoga berguna dan selamat menabung yah! :p

9 COMMENTS

    • adventure touring tuh kayak versys, v strom gitu mas, ijum kalau menurut saya masih kental aura nakedbikenya

  1. Wah kalok gstrom jadi keluar, otomatis panjang fork depan lebih tinggi ketimbang inazuma, bakal banyak rider inazuma yg ganti front fork pake punya gstrom nih, termasuk saya ๐Ÿ˜€

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here