Trackday Dengan Kawasaki ER6n Di Sirkuit Sentul, Kali-Kalinya Bisa Gaspol Si Merah Sob!

24

er6n sentul-5

Sobat MMBlog sekalian, ketika menghadiri acara trackday dan safety riding course dengan MV Agusta di Sirkuit Sentul minggu lalu, MMBlog juga kebagian jatah untuk menggeber Si Merah aka Kawasaki ER6n di Sirkuit Sentul Sob. wah, awalnya niat hati pengen ngeliput doang, akhirnya ada kesempatan untuk ngejajal Si Merah di Sentul. Atas saran dan dorongan dari seorang Bapak yang juga sahabat MMBlog, akhirnya MMBlog beranikan diri untuk ngegas ER6n di Sentul 😀 .

er6n sentul-3

Penasaran, pengen tahu MMBlog gimana sih performanya, di straight dapet berapa, nikung di R1 dapet berapa, handling? dll pokoknya dah. Selain itu, MMBlog juga dapet masukan bahwa sesekali motor perlu digeber gaspol dan ngacir kenceng, untuk merontokan kerak-kerak, serta membersihkan saluran gas buang, istilahnya Italian Tune Up kali yah? Hehe, oke deh, pake deh tuh Jaket RS Taichi 257 Full Mesh, dan untungnya MMBlog bawa Dekker CE Certified yang diletakkan di dalam celana Sob. Oia, helm yang MMBlog pake adalah helm entry level dari NHK, NHK GP1000, diluar dugaan, ini helm emang super berisik, tapi kalau ngebelah angin? Jangan tanya :p .

Sekalian Latihan

er6n sentul-2

MMBlog riding di sentul bareng Si Merah 4 lap Sob, gak perlu banyak-banyak, 4 lap udah bisa dan nyimpulin gimana rasanya kok, hehe. masuk pelan-pelan dari Pit, sembari tengok ke arah kiri belakang, kali aja ada rider yang masih kenceng. Yawis, jalan santai dulu … tapi kok ya penasaran? :mrgreen: . tanggung gitu rasanya, hihi. Yaudah, akhirnya coba pelintir throttlenya lebih dalam lagiii 😀 . tikungan demi tikungan dapat MMBlog lewatin dengan mulus, ya iyalah, kagak kenceng-kenceng amat, pengen tau aja gitu rasanya gimana bawa ER6n di sirkuit, gak taunya enak juga, berasa touring, wkwkwk 😆

er6n sentul

Di tikungan terakhir akhirnya coba betot, dan whuuuussssss…. kecepatan sentuh 160 km/jam hingga akhirnya ngerem lagi, hehe, lumayanlah buat lap pertama. Nikung di R1 coba kecepatan 90 km/jam, cuussss belok dengan santai. Nah, selepas dari R1, MMBlog udah mulai dapet feelnya Sob, akhirnya coba untuk ngembangin kecepatan dan mempercepat lap time (secepet-cepetnye paling 10 menit 😀 ). Coba nikung agresif, asyeemm, kok suseehh bener yaakk? Angin berasa kenceng banget, udah gitu suspensi belakang berasa ngesat-ngesot euy, S kecil apalagi, ngebuang melipir banget kala itu Sob, pelaaann :mrgreen: . S besarpun MMBlog gak terlalu pede buat ngerebah, duuhh kenapa nih ya?

Naah, hingga akhirnya pas di straight, MMBlog coba untuk nundukin badan, jiaahh ini setang begini tingginye pake acara nundukkin badan 😆 . tapi ternyata, itu adalah solusi terbaik Sob! geber kenceng, di straight kecepatan nambah jadi 170 km/jam, lumayaannn :D, dapet kecepatan segitu si Merah sih tanpa susah payah, asal di tikungan terakhir sebelum straight udah mulai ngurut dah tuh. Hingga akhirnya, MMBlog nunduk terus pas bawa Si Merah ngegas di Sentul Sob! ngaruh euy, drag angin lebih jauh berkurang, nikung juga jadi bisa lebih cepat!

er6n sentul-6

Dengan Nunduk, MMBlog bisa ngegas nikung di R1 dengan kecepatan 110 Km/jam, dengan kecepatan segitu, setelah suspensi belakang ER6n masih dapat belok dengan stabil, kalau lebih kayaknya mulai geal-geol deh :mrgreen: , kudu di kerasin. Lagi-lagi, efek ngerebahin badan, dan juga pakai teknik counter steering ternyata dapat membuat Si Merah yang kata orang handlingnya susah, menjadi super jinak dan gesit! Gilee, di jalan raya MMBlog paling shifting di RPM 4000-6000 an, ini di sentul shifting di RPM 9000-10000, sempet redline di 11000, dan ternyata kalau shifting di RPM segitu, alus bener yak, gak pake kopling juga bisa euy, alus dan cepet! Tapi getaran di RPM lumayan bikin ngeri juga yak 😆

Performa Rem Yang Cukup

Dari sentul ini, MMBlog tahu bahwa pengereman ER6n tidak seistimewa moge-moge lain. Ya memang dibuat demikian, namanya juga moge Entry Level Sob. kalipernya masih menggunakan kaliper konvensional, belum menggunakan kaliper radial. Gak usah dibandingkan dengan rem MV Agusta, dibandingkan dengan Honda CB650F aja masih lebih cieettt CB650F kok, apalagi kalau dibandingin sama rem Honda CBR600RR yang udah radial? Berasa banget bedanya. Yaa, ngeremnya dari titik yang jauh aja dari tikungan Sob, hehe. tapi, remnya biar dibejek abis, dia ternyata gak ngebuang motornya, tetep stabil.

Top Speed

Ngomongin nyentul, gak seru kayaknya kalau gak ngomongin top speed. Terus berapa sih topspeed dari Kawasaki ER6n di Sentul apabila jokinya MMBlog? Kemarin MMBlog bisa membukukan speed hingga 187 km/jam on speedometer di Gigi 5 Sob. kalau up shift, yakin langsung masuk ke 200 km/jam. Tapi ya itu, berhubung remnya dari baru belum pernah ganti, terus juga ada perkara retsleting jaket melorot, MMBlog jadi down duluan :mrgreen: . gak pape laahh, tapi beda bener yak ama Brutale yang bisa sentuh 240 km/jam, hihi 😀 .

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

retsleting melorot
retsleting melorot

Setelah empat lap, akhirnya MMBlog masuk kembali ke PIT. Lumayan bisa ngejajal si Merah di Sentul, Thunder 250 MMBlog malah udah duluan nyentul, tinggal si Scoopy nih yang beloman, wkwkwk, ntar dah yak. Kesimpulannya, Kawasaki ER6n bukanlah motor yang bisa jadi ultimate trackday weapon, performanya masih dalam kategori biasa aja kalau di Sirkuit, wajar, dua silinder segaris, 650 CC, cocoknya untuk touring dan penggunaan urban. Kalau pengen yang mantep, sekalian ZX6R dah tuh, pasti ngacir dan ngibrit!

er6n sentul-4

Dari pengalaman ini pula, MMBlog jadi tahu bagian mana aja dari ER6n yang bisa ditingkatkan perfornya, seperti sektor pengereman, nafas mesin, dan akselerasi. dengan mengganti part-part tersebut, dijamin, Kawasaki ER6n bakalan lebih maknyus dan ngacir lagi di jalanan Sob. semoga menginspirasi yah!

Special Thanks To Pak Min buat foto-fotonyaa 😀 , laen kali bawa Z1000 dong Paakkk, hehe[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

instagram

Villa Kanaya

24 COMMENTS

  1. Er6n shock belakang nya emang ga enak buat di track geal geol. Kmrn saya adaptasi bisa diem kok motor nya. Di R terakhir malah bisa nikung di sekitar 135kpj. Di S besar bisa elbowdown malah. Bisa cek di ig @ahmadfahri9.11

  2. Yups betul tuh comment yg diatas. Ganti slang rem udh cukup. Saya rasa ga perlu pakai br*mbo segala. Cuma ganti slang rem aja udh enak buat late braking.

  3. Honda Supra X 100 ane juga kenceng nih kalau di Sentul, yah bisa 1100km/jam lah,,,, eh maksdunya 110kpj on speedo tapi realnya paling 90kpj. Hehehe 😀
    Wehehe,,, motor pertama dari zaman SMA masih enak buat ke pasar sama nganter anak sekolah 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here