Pantai Sawarna, Tujuan Touring Yang Seru, Alami, dan Menyenangkan!

20

Sobat MMBlog sekalian, udah lumayan lama MMBlog gak bikin artikel mengenai laporan perjalanan atau trip MMBlog pribadi. Kali ini mau cerita mengenai perjalanan MMBlog riding bareng Si Merah aka ER6n dan juga Bro Frankie yang menggunakan Yamaha Vixion ke Pantai Sawarna, Banten. Tujuan MMBlog riding ke Sawarna adalah liburan, sekaligus survey untuk riding bareng Viar, walaupun ternyata riding bareng Viarnya malah mencong ke Puncak, wkwkwk, tapi gak papa, seenggaknya artikel ini bisa jadi tambahan referensi bagi temen-temen yang pengen berlibur ke Sawarna. Recomended loh ini pantai!

Perjalanan dimulai dari Matraman Sob. MMBlog ketemuan sama Bro Frankie jam 7 pagi. Eh, Vixion Bro Frankie ternyata warna ada kemiripan sama si Merah, kalau dilihat-lihat kayaknya ER6n belum fitness yang NVL itu, hehe. oke deh, langsung aja kita ngacir, sebelumnya full tank-in dulu tangki Si Merah di SPBU Shell Tebet, lanjut riding lagiiii. Hmm, kita mutusin untuk lewat jalan raya sukabumi aja Sob, ya lumayanlah aden rutenya, ketimbang lewat pandeglang malingping, xixixi. Kota pertama yang kita tuju adalah Depok dulu, rutenya Pancoran, Pasar Minggu, Tanjung Barat, Lenteng Agung, Depok. Sampe Depok, jalan Juanda, kita belok kiri ke arah Jalan Raya Bogor. Kecepatan di kembangkan di 60-80 km/jam aja.

Dari Jalan raya bogor, udah deh, kita lempeng aja. Ya MMBlog sih riding santai aja 80-90 km/jam, mesin si merah juga ngitir di rpm 4000, gak tau deh tuh bro Frankie dengan vixionnnya di belakang, yang jelas bisa kok nempel, hehe. riding teruuuss, sampe juga akhirnya di perempatan Ciawi, langsung muter balik, bablas ke Jalan Raya Sukabumi. Jalan raya Sukabuki ketika itu kondisinya lagi lumayan enak buat dilewatin. Hanya ada satu titik dimana jalan lagi dicor dengan beton, itupun lagi gak terlalu macet. Sedikit macet pas di Cijeruk yah, biasa pasar.

Oia, buat temen-temen yang pengen ke Sawarna lewat rute ini, pastikan di pikiran temen-temen bahwa kita akan riding ke Pelabuhan Ratu terlebih dahulu, ya emang pasti ngelewatin Pelabuhan Ratu Soalnya Sob. riding terus di Jalan Raya Sukabumi, hingga akhirnya MMBlog ingat pas riding bareng AHM tahun lalu (klik aja Sob) ada tikungan ke Kanan yang tulisannya โ€œ รจ Cikidang โ€, naahh, baru deh tuh ketemu jalanan yang super enak, hehe.

Seperti biasa, track menuju dan pas di Cikidang adalah track yang asyik banget cuat cornering. Dikelilingi oleh pohon Sawit, jalanan yang relatif sepi, terus saat itu juga jalanan lagi lumayan bagus dan gak bekas kena hujan, bikin MMBlog jadi gatel untuk bejek Gas lebih dalam. Kecepatan sempet sentuh 100-110 km/jam nikung-nikung, berasa banget iniiihh Suspensi belakang Si Merah keempukan euy :mrgreen: . ngelihat ke belakang, Bro Frankie kayaknya ketinggalan, yawis, MMBlog kendorin, dan mempersilahkan Bro Frankie untuk jalan di depan.

Track Cikidang tuh emang bikin napsu Sob, jalannya sepi, lumayan bagus, pemandangannya juga lumayan bikin mata seger, tapi temen-temen kudu hati-hati kalau mau nikung, kadang ada kendaraan dari arah berlawanan yang gak keliatan, jadi usahain ya jangan kelewat melebar nikungnya. Udah gitu, dibeberapa titik juga suka ada jalan yang berpasir, ini lumayan bikin buritan motor goyang dombret, wkwkwk. wah, bensin si Merah udah berkurang satu Bar aje nih :mrgreen: cukuplaahh, gas teruussss!

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Terus ngikutin jalan, sampai pada akhirnya, temen-temen bakal ketemu sama jalan yang bercabang. Sebenernya sih ini jalan sama aja, ujungnya ke Pelabuhan Ratu juga. Cuma kalau lewat kanan, jalanannya relatif rusak, kalau yang kiri langsung menuju kota pelabuhan. MMBlog akhirnya ambil jalan yang kanan, gak papa agak rusak dikit, setelah dilewatin dengan tangan yang sedikit pegel, ternyata langsung nembus ke pintu gerbang area wisata pelabuhan Ratu.

Area wisata pelabuhan ratu dipenuhi dengan restoran-retoran di pinggi jalan, terus jalannya juga diselimuti oleh rindangnya pepohonan yang ukurannya besar-besar. Relatif rame sih, tapi tetep asyik, sebelah kiri pantai, tapi adem, ini yang seru. Oia, terus kalau udah sampe sini, ke arah mana nih kalau mau ke Sawarna? Naaahh, temen-temen terus aja ikutin jalan yang di pinggir pantai itmu, gas teruussss, jalanannya asyik kok. Emang gak terlalu lebar, tapi muluuusss. Nah, kalau udah dari situ, ke Sawarna, dengan jalan konstan 70-80 km/jam waktu tempuhnya tinggal 1-1 setengah jam lagi Sob.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Dari sini menuju Sawarna, kontur jalanannya mulai bervariasi. Ada yang lurus-lurus aja, ada juga yang naik turun gitu. Seru banget pas naek turun euy, mantap! berasa banget bawa motor seberat ER6n, pas turunan badan kayak mau ke lempar ke depan semuah, wkwkwkwk. Di akhir jalan menuju TKP, jalannya mulai gak mulus-mulus amat tuh. Tapi overall masih okelah buat dilewatin. Masuk ke TKPnya, ternyata pantai ada disebelah kiri jalan, jadi kita kudu rogoh kocek untuk masuk. Oia, jangan lupa kalau ada jalan yang punya view bagus, jadi itu jalan adalah high angel untuk kita melihat pantai, keren!

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Oke, bayar dulu deh, murah juga kok, apalagi ini Pantai yang ngebuka kan warga, jadi juoozz! Setelah bayar, langsung di hadepin sama jembatan gantung, jiiaaahhh ๐Ÿ˜ฅ . ngeri amat ER6n lewat jembatan beginiiihh, ini motor kan beraatt. Bodo dah, nekat aja, dan ternyata emang bener Sob, jembatan itu pas dilewatin sama ER6n berguncang dan goyang-goyang dengan hebat, wkwkwk, asyeemm, ngiluuu, ini kalau ade ape-ape, motor gue nyemplung ke Kali, wkwkwk ๐Ÿ˜†

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Okeh, setelah lewatin jembatan, baru deh kita disambut sama Pantai yang bersih, sepi, lautnya biru, dan lumayan asri. MMBlog langsung gemes buat bawa Si Merah ke pinggir pantai, jiaahh, gak taunya sama aja susahnya kayak pas riding di Bromo. Pasir lagi pasir lagi ๐Ÿ˜† . setelah melihat-lihat pantai, dan menikmati udarap pantai yang bersih namun panas :mrgreen: akhirnya MMBlog istirahat. Oia, cek cek kilometer, eehh ternyata sampeย  190 an kilometer dari Jakarta ke Sawarna Sob. anehnya, badan MMBlog masih seger banget!

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

Sawarna emang pantai yang bagus, destinasi wisata dan liburan yang oke punya. Tapi temen-temen kudu jalan 190 km dulu kesana kalau dari Jakarta. Buat yang naik mobil, yaa sabar-sabar aja deh, beberapa jalan rusaknya emang lumayan bikin perjalanan tersendat. Terus sampai disana juga ada banyak pilihan penginapan, mau yang bilik di pinggir pantai, atau villa, semuanya ada, harganya pun bervariasi, dari 200 ribu hingga jutaan, sesuaikan dengan budget temen-temen aja. Saran MMBlog kalau pilih bilik yang dipinggir pantai, kudu bawa penahan nyamuk yah, soalnya nyamuknya mantap, hehe.

SAMSUNG CAMERA PICTURES
SAMSUNG CAMERA PICTURES

MMBlog nginep semalam di sana Sob. besoknya pulang dengan rute yang sama. Tapi kondisi badan beda sama berangkat, pas pulang berasa lebih rentek, wkwkwk. oke deh, semoga membantu dan menambah referensi temen-temen yah![/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

20 COMMENTS

  1. Wow keren.. Sebulan yg lalu ane jg turing dr soreang bandung ke pantai sawarna dgn jarak 201 km, pp 402 kman, soul gt ane hbs premium 55.000an.. Emang jalanan naik turun bagus jelek.. Emang ga pegel.. Asyik pokoknya..

  2. asli keren ini pantai, dulu pas taun 2012 dari bandung ke sawarna lama perjalanannya 6 jam an. yang bikin serem itu lewat jembatan gantungnya, bikin deg-deg ser padahal waktu itu cuma pake vario yang beratnya ga seberat er-6n nya yang punya blog. ๐Ÿ˜€

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here