Pemoge Pengen Bisa Masuk Jalan TOL? Wajar!!! MMBlog Setuju!

78

moge masuk tol

Sobat MMBlog sekalian, seperti yang dilansir oleh Detik, komunitas dan club motor besar seperti HDCI, IMBI, MBC melayangkan surat ke Korlantas agar pengguna moge dapat melenggang di Jalan bebas hambatan atau Jalan Tol. Hmm, akhirnya bersurat juga nih, mantaappp! Menurut MMBlog ya wajar banget kalau pemoge-pemoge ini pengen agar motornya bisa masuk Jalan Tol, nikmatin moge dijalan umum/biasa, kudu keluar kota yang jauh dulu baru bisa enak soalnyah, hehe.

Netizen kebanyakan menanggapin hal ini secara negatif, entah kenapa, kalau moge yang punya polah, pasti disorotinnya negatif atau jelek melulu yak, wkwkwk, kesian bener para pemoge, udeh motornye panas, berat, begini salah, begitu salah, lempat knalpot juga lama-lama ๐Ÿ˜† . tapi yang jelas, MMBlog mendukung langkah yang dilakukan oleh HDCI dan klub moge lainnya ini Sob. jelas aje MMBlog mendukung, MMBlog punya moge kan? Bentar dulu Sob, sebenernya ada beberapa benefit loh dari moge masuk Tol ini.

Suzuki GSX-S1000 Indonesia PRJ-6

Income TOL yang meningkat

Moge masuk tol, ya kudu bayar. MMBlog yakin, biarpun dikasih tarif dua kali lipat sama pemerintah agar boleh masuk tol, pemoge gak bakal banyak cingcong alias setuju! Nah, dari pemasukan ini, dapat menambah income PT Jasa Marga, lah iya, udeh masuknya mahal, moge kan motor yang bobotnya enteng. Jadi kagak ngerusak jalan, beda sama truk 30 Ton yang bisa bikin jalan bergelombang dan bikin aspal merotol. Belum lagi pas weekend, pasti volumenya meningkat! Incomenya otomatis juga meningkat!

Mendapat Devisa Tambahan

Dengan memberdayakan tol kayak Cipularang dan Jagorawi, para pemoge dapat bikin event dengan mengudang bikers dari negara tetangga untuk ikutan riding. Jakarta-Bandung, atau Jakarta-Bogor, kalau lewat Tol gak dipungkiri emang lebih nikmat Sob, lewat jalan biasa? Bisa jadi para undangan mikir dua kali kalau kudu berjibaku sama macet dan jalanan kribo. Nah, kalau boleh kan asyik tuh, tempat tujuan wisata jadi rame sama pemoge dari mancanegara, ekonomi berkembang, daerahnya pun semakin maju. Ketimbang ngacir ke negara tetangga buat riding enak, kenapa kita gak coba ngembangin potensi infrastruktur kita buat mendatangkan devisa? Juoozz banget kan?

Edukasi Untuk Pemoge Itu Sendiri

MMBlog setuju moge masuk Tol, asal dengan syarat harus ada test, ujian, dan SIM Khusus. Dapetnya gak boleh asal nembak! Kudu ada test yang komprehensif, lulus ya lulus, gagal ya gagal. Kayak di Belanda sana, Paman MMBlog pernah mau bikin SIM, ya testnya bener-bener, ada test di Jalan Raya sebagai test finalnya, ditentuin rutenya dari mana ke mana, terus ada petugas (Polisi) yang ngikutin dari belakang, hasilnya JELAS!

Naek Moge Di Jalan Tol lebih Susah?

Memang betul, ada trik dan teknik tersendiri kalau riding di Jalan Tol. Ya macam angin dari samping, dan lain sebagainya. Tapi lihat Pak Polisi, Pak PM, Pak Patwal? Mereka aman dan asyik-asyik aja kan riding di Jalan Tol. Yang paling penting ya tau diri aja, kalau mereka bisa, toh pasti kita juga bisa kan? Wong sama-sama makan nasi, hehe.

Pro dan Kontra, Selalu Ada!

Namanya juga hidup Sob, pro dan kontra pasti ada lah. Ada yang namanya hitam, ada yang namanya putih, semuanya itu gak lain gak bukan untuk keseimbangan. Rekan Blogger MMBlog, Mbah Dukun Indobikermags yang merupakan mantan kekasih Om Kobay aja gak setuju loh (MMBlog mah bukan blogger yang suka maen nyindir-nyindir, frontal aje langsung, Mbah Berantem yuk Mbah, wkwkwkwk). Ya wajar menurut MMBlog kalau Mbah gak setuju, wong die emang gak butuh jalan Tol buat motor, rutenye cuman Kemang โ€“ Senayan , Kemang โ€“ Kemang, doang, wkwkwkwk. Jujur, kesian MMBlog ama GS-nya, masak udah bertahun-tahun kilometernya baru 6000-an ๐Ÿ˜ฅ . tapi buat bigbiker peturing, long distance riding, Jalan Tol adalah kebahagiaan tersendiri.

Monggo opininya Sob. Moge Masuk Tol? MMBlog sih YES!

78 COMMENTS

  1. 1.Setuju aja moge masuk tol tapi itungan per 5 kilometer = 20JT ini baru yang namanya income bertambah.
    2.Di jalan biasa aja masih byk kecelakaan kok mau masuk TOL?
    3.Moge Patwal masuk TOL memang lagi dinas pengamanan VIP Kenegaraan. Situ, Kita, anda, kamu siapa sampai perlu naik moge masuk TOL?
    4.Pro kontra selalu ada, yang pro Moge masuk TOL silahkan Main ke negara lain seperti yang dibilang Mbah dukun yang bisa moge masuk TOL.

    Moge masuk TOL tunggu sampai mobil,bus melayang dijalan di masspro.

  2. lahhh…. income….. liat orang bawa motor non moge di jalur cepet pas nyetir aja ngeri…. kalo ada apa-apa yang gedhe yang harus kalah…..

  3. Sebenernya masalah devisa ama income tol meningkat ya relatif. Para biker jg tau populasi moge itu cuma nol koma brp persen sih dr seluruh populasi motor di indonesia. Nah tarif tol sendiri kan ditetapkan berdasarkan size kendaraan, lah kebanyakan moge pun size nya masih jauh dibawah agya/ayla, otomatis tarif pun bs lebih rendah dr mobil ukuran kecil. Dengan kecilnya jumlah populasi+murahnya tarif, ya kenaikan income pun ga signifikan. Blm lg para eksekutif yg biasa bawa mobil mewah di tol, kemungkina mereka bakal banyak pindah haluan jadi bawa moge di tol, malah ngurangin populasi mobil yg justru tarif masuk tolnya lebih mahal. So dengan begitu income jasa marga naik ga signifikan ditambah pindahnya kelas eksekutif ke moge, masih bs disebut kenaikan income?

    • wah, dimana ada pemasukan bukannya itu namanya income yah mas? opini yang menarik, makasih mas!

  4. Artikel ini seolah menggambarkan kl memang pemoger arogan, manja, ingin diperlakukan berbeda dg biker lainnya.
    Gimana pemoger g d anggap miring sm yg lain, ane menyaksikan sendiri waktu itu konvoi moge lewatin pasar dimana jalanan sgt sempit. Tp dg angkuhnya lewat dg kecepatan tinggi, padahal lg byk orang n anak2. Ckckck…..

    • takut ketinggalan itu mas, emangnya kalo motor kecil konvoi gak ada yang arogan juga yah??

    • Ooh jadi semua pemoge arogan gtu yah? Emg konvoi moge cuma yg anda liat doang, trs gmn dgn pemoge yg lain yg anda ga liat? Trlalu cpt menyimpulkan ckck

  5. ane juga setuju moge masuk tol, dan memang sebaiknya yg boleh masuk tol yg cc-nya 400 keatas, why? karena motor 250 cc kayak ninja penggunanya banyak yg alay lipat spion, ababil naik pake sendal jepit, ga pake helm dsb. belum siap mereka untuk masuk highway. terus kecepatan mimimum dibatasi minimal 50 mil/jam, gampanglah klo moge 400cc keatas jalan segitu, jalan 60 mil / hampir 100 km/jam aja kadang ada yg masih pake gigi 1 XD

  6. Nggak setuju,,, kalo punya moge harus siap dengan segala konsekwensinya,
    Termasuk susahnya bawa moge di jalan raya,,
    Kalo mau nyaman gak mau repot pake matik aja, jangan sok sokan pakai moge tapi minta privilage khusus, apa apaan itu..!!

    Soal income tol tambahan dari pemoge,,, Indonesia gak butuh itu

  7. Mana neh solidaritas biker sejati? Walau cuma pengguna motor kecil, harusnya kita bangga melihat saudara2 kita penunggang biker motor gede sukses melenggang di jalan Tol.

  8. lengkapin dulu aja deh administrasi kendaraan mewah,,,
    masih banyak yg bodong lho di Indo,, infonya an sudah ada 15 ribuan moge dan 40% nya bodong..
    mapu beli barang mewahnya tapi gak mampu nanggung resikonya.. kan lucu ๐Ÿ˜€
    Pajak administrasi dari 6ribuan unit moge itu kayanya gede yak ๐Ÿ™„

    Just opini yak,, don’t hate me :peace

  9. anak ninja alay..pake sendal jepit..hahhaa..btw lu pake motor apaan sob? trs klo anak ninja mau naik motor buat bli gorengan didepan komplek hrs pake sepatu balap, dan seperangkat baju balap n helm ala rossi gitu??

  10. masalahnya bisa ga di Indonesia diberlakuin aturan SIM khusus begitu tanpa akhirnya lewat jalan pintas alias nembak?judulnya ngimpilah..
    surat2x resmi motor aja bisa bodong, apalagi cuma sekedar SIM..

    please jangan bandingkan sama negara maju lainnya. attitude pengendaranya juga jauh beda karena disana aturan main & penegakan hukumnya jelas & tegas. disini?
    pengawalan patwal aja bisa ky gitu yg jelas2x seharusnya jadi penegak aturan, gmn yang lainnya?

    wacana kesana sih ok2x aja untuk long termnya, but theres a long way to get there..

  11. Moge masuk tol :
    1. Income TOL yang meningkat.
    Emang bakalan banyak moge yg akan masuk tol? Paling cuma beberapa. Income pun naeknya ga banyak.
    2. Mendapat Devisa Tambahan.
    Saya tidak yakin pemoge luar negri mau jalan2 ke indonesia bawa mogenya. Paling klo ada cm dikit. Jd ga mungkin bisa meningkatkan devisa.
    3. Edukasi Untuk Pemoge Itu Sendiri.
    Klo mau edukasi ga perlu masuk tol. Ikut aja safety riding.
    4. Naek Moge Di Jalan Tol lebih Susah?
    Klo motornya sebatas er-6 sih ga terlalu susah sepertinya. Hp-nya jg ga gede2 amat.

    Ayolah… jgn demi keinginan pribadi kita bikin susah pengguna jln yg laen. Kita hrs pinter. Tp ojo pinter keblinger. Trus mencari alasan2 yg membenarkan tindakan diri kita sendiri yg sebenernya tu merugikan org laen.
    Bijak lah wahai pemoge… jgn arogan ya…
    Klo mau sombong… inget… dibawah kita bnyk kaum dhuafa yg perlu dibantu. Drpd menyombongkan kekayaan mending gunakan kekayaan anda di jalan Tuhan…
    Matur suwun….

    • pemoge banyak loh mas yang sering ngadain baksos, beberapa waktu lalu malah menyantuni 20.000 anak Yatim dan kaum dhuafa, hehe. saling melengkapi ya kita, banyak pemotor cilik yang arogan juga kok ๐Ÿ™‚ . matur suwun sanget

    • Sekali lagi dinamika itu ada, buat semuanya ya harus diliat dari berbagai perspektif. Selama buat kepentingan bersama dan untuk kebaikan insyaAllah barokah. Mari budayakan attitude yg saling membangun, bukan menjatuhkan ๐Ÿ˜€

    • Indonesia ini kdg2 aneh jg,liat org make barang yg lebih bagus darinya dan dipake didepannya malah dibilang sombong…hahahaa
      ane yg miskin aja gak gitu2 amat mikirnya…
      kyknya biker moge (bigbike…ya) lah yg lebih sopan dlm berkendara ketimbang yg pemula.
      klu ada yg merasa terganggu dgn moge jalan diTOL ya itu tergantung,jgn jelas org yg merasa terganggu itu malah org2 spt anda,terganggu hatinya liat org senang…gak ada moge toh mobil2 yg jalan di TOL jg parah ugal2annya,,,
      #Katrok

  12. Coba aja dulu kalo banyak yg bawa moge ketabrak truck kan lumayan ngurangin orang naik moge…eh…kadang di negara ini susah saking udah parahnya diskriminasi banyak yg udah stockholm syndrome sama diskriminasi…

    • Klo gt ane dukung mocil masuk tol, biar ngurangin populasi jg.

      Ane jg iyes om.. Ane dukung mogeh masuk tol. Justru truk yg jalannya lambat tuh yg tlg bikinin jalur khusus,

      Xixixi jgn benci ane ya.. Peace

  13. wacana moge masuk tol, ribut soal diskriminasi… coba tuh si ahok bikin aturan seluruh motor kaga boleh lewat jl. thamrin dan merdeka barat, apa kurang kadar diskriminasinya ????….

    moge atau mocil semuanya tergantung atitude nya.. yg bawa matic imut+bebek jauuuuhhhh lebih banyak yang arogan dan membahayakan…

  14. Kyknya yg comment pda ga sadar klo yg punya warung naik moge jga sabar mas Vandra, mngkin mereka liat pemoge yg arogan doang, ga prnah liat pemoge yg patuh spt mas Vandra

    • naahh, demen saya sama komennya Mas Fikri, hehe. saya hanya menyeruarakan pendapat kok Mas. karena emang gak semua pemoge gak kayak gitu. nasib pemoge itu kayak polisi, satu/beberapa orang bikin ulah, semuanya tercoreng ๐Ÿ™

    • Ya begitulah kebanyakan org indo , mentalnya msh cemen.. saya do’ain Mas Vandra cpt2 pnya moge 4 cyl, biar saya bisa liat hihi

  15. Bagi gw sih moge maupun mocil sama aja arogannya,mobil gw ditabrak motor matic kabur naik ke trotoar lagi stop bacot moge arogan mocil arogan semua arogan kalau ridernya miskin moral

  16. artikelmu aneh. gk msk akal blas. yo op mungkin roda 2 masuk toll. mlh bahaya ktmu bis truk kcpatan tingi. bsa dilibas. kalau mau jalan bebas hambatan bwt moge ya bwt sndiri ja

  17. saya rasa memang wajar bagi pemoge untuk menginginkan bisa masuk tol dengan leluasa. tapi saya rasa itu namanya egois dan akan menimbulkan dampak negatif juga (bukan sesuatu yang benar-benar positif). seandainya di izinkan pun yang terjadi nanti jalan tol dijadikan arena geber-geberan (dalam arti yang jelek ya). saya perhatikan pun kebanyakan pemoge itu bukan orang yang santun dalam berkendara, tidak semua lho ya tapi kebanyakan. jujur lah, kita punya moge dijalan biasa ga bisa “explore”, coba kalau bisa masuk tol. lalu mulai bikin alasan ini itu. orang yang beli moge harusnya sudah tau resikonya. jalanan macet, ga bisa enak bawanya, mesin panas, berat, tapi karena hobi ya beli. fine, silahkan, tapi ya kalau sudah beli tanggung resikonya, jangan setelah beli malah seenaknya. itu ngga dewasa namanya.

  18. Sebaiknya tdk usah memulai suatu hal yg membuat permasalahan, sabar. Semua hal itu tidak bisa kita wujudkan. Kita juga harus memperhatikan orang lain juga. Apakah kita akan memenuhi nafsu dan ego kita sendiri?
    Cobalah lihat orang yg tdk mempunyai harta yg kecukupan itu. Mungkin mereka juga pernah berpikir “bagaimana kalian bisa hidup bahagia semudah itu? Padahal Kami kesusahan untuk mendapatkan sedikit bagian dr apa yg kalian punya, apa kalian tidak melihat kami?”
    Maka dari itu bro sis, jgn turuti nafsu dan ego. Kita hanyalah manusia yg hidup sangat” sebentar. Berlomba”lah kalian dlm mencari pahala. Ayo!

    Hanya skedar mengingatkan bro sis, sabar ya bro sis, istighfar tdk usah terlalu dipertajamkan soal perbedaan pendapat itu. Marilah menjadi jalan yg terbaik ๐Ÿ™‚

  19. Moge masuk tol?kenapa gk?ane juga mocil masuk tol ko… tol pejagan kanci dulu waktu belum dipake resmi wkwkkwkw… bang vandra kalo mau pke moge masuk tol sini gih maen” ke pejagan brebes nanti cobain tol pejagan pemalang mantep kan 80km lumayan mmpung blm dbuka resmi hehe… mnrt ane drpd minta masuk tol karena lbh banyak mudharatnya drpd manfaatnya mending minta perbaikan infrastrukstur jalan sama minta batasi kendaraan lalu mnta pembangunan jalan ditambah secara masif klo ini udh tercapai pasti pemoge atau pemocil jg gk bakal ngeluh minta masuk tol karena jumlah kendaraan sama jalan balance atau kapasitas jalannya lbh masif dibandg jumlah kendaraan… selama kendaraan gk dibatasi penjualannya indonesia gk bakal bebas dr macet lha di tol aja macet apalgi jalan biasa coba liat tol cipali-kanci-pejagan tiap musim mudik selalu macet pdhl pantura juga macet… ini karena jmlh kendaraan lbh banyak dr kapasitas itu sendiri ane lbh setuju batasi kendaraan dan kapasitas jalan yes…

  20. bkin jln sndri aja bro..kn yg pnya moge ktnya orng kaya..patungan aja tuh bkin jln klo gk mu ngikutin aturan yg sudah ada..

  21. wah kayanya harus dperbaiki dlu attitude msyaraktnya nya om, hehe
    d jalanan msh bnyak yg seenaknya bwa kendaraan, sekarepnya sendiri, jikalau d perolehkan para pngendara moge msuk tol, nanti dsni ad kcemburuan sosial para pngguna motor kecil, jikalau smua motor dperbolehkan jg masuk Tol nanti seenaknya bawa motor nyalip2 d celah kecil antara mobil dn mobil kan bahaya, klo d indonesia sudah benar2 attitudenya bagus, dan gak ad yg mlanggar lalu lintas baru ane setuju…
    msh bnyak tanpa SIM melenggang djln raya, melanggar stop lamp msh bnyak, ngebut2an d jalan raya msh bnyak, arogan djln raya msh bnyak,,untuk motor 150cc kebawah yg arogan itu oknum, tp untuk moge ridernya yg taat aturan itu oknumnya ,,, kebalikannya hehehe
    hmm itu saja ckup…hehe

  22. Y namanya pro dan kontra wajar….
    cuma kalo misal moge diijinin masuk jalan tol apa ga bikin kecemburuan sosial tho..?
    jadi asumsi gini….. yang kaya raya dan berduit…. makin diberi fasilitas sama pemerintah….
    sama sama ke tempat tujuan yang sama, tapi apa daya…. yang miskin cuma sanggup beli motor bebek….. walau sanggup bayar tol, tapi ga masuk kriteria untuk diijinin masuk jalan tol….

    • juoozzzz, mantap opininya mas!! itu nick name sampeyan dibikin lebih sopan dong. gak lebih sopan dari pengendara moge dijalan loh

  23. yang punya moge pengen jalan di tol, silahkeun ke luar negriโ€ฆmasalah beaya mah cemen yang penting kan bsa terpuaskan hasrat masuk tol nyah..oiya perginya pake garuda, motornya dipaketin pake pt. pos…kan nambah pemasukan negara…tinggal diitung populasinya brp dan mau brp sering pp ke luar negri, lebih untung drpda nambah pemasukan di jalan tol di dalem negri

  24. Susah ye emang make moge di sini, giliran kita geber dikit di jalan pasti di anggep sombonglah, angkuhlah, tengil, dst.
    Tapi giliran motor biasa gebar geber, terobos lamer, masuk ke zebra cross, spion di lipet/malah ga pake, lawan arah, kebanyakan pada bodo amat hahaha, mekipun kita udah patuh sama peraturan pasti tetep di pandang negative sama rata-rata orang hehe *IMHO

    serba salah ya…

  25. Sebagai pengendara matic ane sih setuju setuju aja moge masuk tol. Karna biar gak mempersempit jalanan umum wkwkwk
    Lagian kalo ada kecemburuan sosial oleh pengguna bebek dsb itu kan salah sendiri gapunya moge. Maksudnya sama aja kaya “salah sendiri gapunya mobil” hehe just my opinion

  26. Klo g pny moge jgn iri… sya aja g pny moge ngga iri klo misalny nanti moge boleh masuk tol.. malahan jd cambukan bagi sya utk brusaha biar bs kebeli moge dan bs masuk tol bareng pemoge… mocil tu ngga cocok masuk tol krn kbnyakan kurang menghargai pngguna jln lain terutama mobil.. mngkn krn motorny murah x ya jd main sruduk sana sruduk sini jlnny wkwkwk…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here