Pemberlakuan SIM Khusus Moge, Wah Siap-Siap Nih!

7

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

SONY DSC
650CC

Sobat MMBlog sekalian, baca-baca dari blog temen-temen blogger dan dari berbagai media mainstream, ada rencana yang akan direalisasikan oleh Kepolisian mengenai penjenjangan Surat Izin Mengemudi khusus untuk sepeda motor. Jadi SIM motor diklasifikasikan, yaa kayak SIM mobil gitu yah, ada SIM A, B1, B2, nah untuk motor denger-denger akan dibagi jadi SIM C1, C2, C3.

Untuk SIM C1 (mungkin) berlaku untuk motor dibawah 250 CC. SIM C2 (Mungkin berlaku untuk motor dengan CC 251-500 CC ), dan SIM C3 (mungkin) berlaku untuk motor dengan CC 501 ke atas. Hmm, kalau diperhatikan, pembagian per-CC ini udah kayak pembagian motor yang kena pajak barang mewah ya Sob, dari bebas pajak (kurang atau sama dengan 250 CC), pajak 60% (251 – 500 CC), dan pajak 125% (lebih atau sama dengan 501 CC).

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

SONY DSC
kawasaki

Gak bisa dipungkiri, populasi motor gede saat ini emang semakin banyak sih. Walaupun sekarang, motor gede masih lebih banyak keluar pas weekend doang. Terus juga dilihat dari cara bawa motornya, emang terkadang rada-rada bikin resah juga yak. MMBlog sih paham dah, soale ntu motor indikator suhunya cepet naek alias emang panas, terus indikator bensin cepet turun alias boros bensin, ya bawaannya sama aja kayak kebelet buang aer besar alias seruntulan 😆

Sebagai pemilik motor 650 CC, MMBlog menyambut baik rencana ini Sob. asalkan nanti pada praktiknya terutama dalam proses pembuatannya bener-bener serius dan ada edukasi serta ilmu yang bisa diaplikasi langsung, yaa at least nambah dah ilmu dan skill berkendaranya, bisa bikin biker moge makin sabar, makin bertanggung-jawab, dan makin respek serta peduli sama lingkungan sekitar. MMBlog juga ngarepnya sih SIM C3 yang khusus diberlakukan untuk rider moge >500 CC juga terintegrasi sama kartu masuk TOL 😆 . jadi itu SIM udah sekalian jadi kartu E-Tol Isi ulang. Ngarep ini mah, wkwkwk. Terus, apakah SIM yang dibagi-bagi ini bakalan bikin tambah tebel dompet? Hmm, menurut MMBlog sih kayaknya pemberlakuan SIM ini bakal sama kayak SIM Mobil. Yaa, yang udah punya SIM B2 kan bisa bawa mobil yang sesuai dengan kriteria SIM A dan B1. Begitupula dengan SIM C3 kelak, udah bisa bawa Bebek, Matik, CB500, atau MV Agusta F4!

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

SONY DSC
ER6n

Okelah, ditunggu sosialisasi selanjutnya dari POLRI. Semoga berguna ya Sob.

All Photo taken by Dimas Suryo, Thanks Masbro!!!

 [/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

7 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here