All New Honda BeAT eSP Dieksport Sama AHM, Juoozzz!!

4

AHM_ (3) (2)

Sobat MMBlog sekalian, PT Astra Honda Motor (AHM) melakukan ekspor perdana All New Honda BeAT eSP ke Filipina dengan dukungan 98,8% komponen lokal berkualitas karya putra putri Indonesia. Kegiatan ekspor ini merupakan salah satu komitmen perusahaan dalam mendukung industri dalam negeri meningkatkan ekspor sekaligus memperkuat industri komponen lokal.  Pelepasan ekspor perdana AHM ke Filipina dilakukan di pabrik AHM Cikarang oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia Saleh Husin. Turut hadir dalam kegiatan ini antara lain Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Republik Indonesia Nus Nuzulia Ishak, General Manager of Motorcycle Business Planning Honda Motor Co. Ltd Atsushi Ogata, serta President Director of Honda Phillipines Inc. Daiki Mihara selaku negara tujuan ekspor AHM. AHM tahun ini akan mengekspor 30.000 unit All New Honda BeAT eSP ke Filipina. Jumlah ini akan ditingkatkan secara bertahap sehingga diharapkan tahun depan volume ekspornya dapat mencapai 50.000 unit /tahun.

Adapun model yang akan diekspor adalah All New Honda BeAT eSP (CW) dan All New Honda BeAT eSP CBS-ISS. Model ini dipilih karena dianggap sebagai produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar di negara tujuan yang membutuhkan motor yang berkualitas, irit bahan bakar dan ramah lingkungan serta mampu memenuhi ketentuan lokal, termasuk dalam hal emisi gas buang dan standar kebisingan suara dengan tetap memiliki harga yang kompetitif. Honda BeAT merupakan produk motor skutik terlaris di dunia karena telah mampu membukukan penjualan hingga lebih dari 8,3 juta unit sejak dipasarkan pertama kali di Indonesia pada 2008.

All New Honda BeAT eSP diproduksi dan dirakit langsung oleh putra-putra bangsa terpilih di pabrik AHM Cikarang, Jawa Barat dengan kandungan komponen lokal 98,8%. Tingginya kandungan komponen lokal ini mencerminkan besarnya kemampuan produsen suku cadang di dalam negeri dalam memproduksi komponen berkualitas yang dibutuhkan AHM. Tercatat sebanyak 86 perusahaan dalam negeri binaan AHM yang terlibat dalam produksi model skutik terlaris di dunia ini.

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman mengatakan dukungan perusahan komponen nasional yang memiliki daya saing tinggi dari sisi kualitas dan biaya, menjadikan AHM mampu memberikan produk dengan harga kompetitif dan berkualitas tinggi. Untuk bisa memproduksi sepeda motor yang berkualitas dan punya daya saing di pasar ekspor, AHM didukung oleh 1.180 suplier produsen komponen lokal yang melibatkan lebih dari 76 ribu karyawan. Dan semuanya mampu memenuhi standar tinggi yang ditetapkan perusahaan.

“Secara tidak langsung, ekspor Honda BeAT ini akan menciptakan multiplier efek yang positif di rantai bisnis kami terutama di kalangan produsen komponen. Kami yakin kegiatan ekspor ini akan mendorong meningkatnya pergerakan roda industri di sisi hulu industri otomotif di Tanah Air dan tentu saja akan meningkatkan kontribusi devisa bagi Negara.”

Selain melakukan ekspor sepeda motor, melalui anak perusahaan dan jaringan bisnisnya, nilai ekspor komponen sepeda motor mencapai Rp853 miliar per tahun dan akan semakin meningkat kedepannya. Komponen-komponen buatan dalam negeri ini telah diekspor ke berbagai negara di lingkup ASEAN, Asia, Eropa, hingga Amerika. Komponen-komponen sepeda motor yang telah diekspor antara lain berupa Disc Brake, Rear Cushion, Fuel pump, Light Assy Head, Body Assy, Piston, dan komponen lainnya. Adapun perusahaan dalam negeri yang terlibat sebanyak 11 perusahaan yakni PT Showa Indonesia Manufacturing, PT Yutaka Manufacturing Indonesia, PT Musashi Auto Parts Indonesia, PT Toyo Denso Indonesia, PT Mitsuba Indonesia, PT Indonesia Stanley, PT Indonesia Nippon Seiki, PT Honda Lock Indonesia, PT Astra Otoparts, Divisi Nusa Metal, PT Indokarlo Perkasa, PT Federal Izumi Mfg.

“Kami berharap ekspor unit dan komponen sepeda motor Honda ini dapat memberikan manfaat besar bagi industri komponen dalam negeri sekaligus memberikan kebanggaan bagi bangsa. AHM bersama jaringan bisnisnya berkomitmen untuk terus mengembangkan bisnis dan memperkuat kontribusinya dalam pembangunan bangsa.”

 

 

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here