Opini : Bagaimana Jika Honda CB500 Series Dijual Seharga Kawasaki ER6n 2015?

21

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

lah, udeh jajal duluan, wkwkwk
lah, udeh jajal duluan, wkwkwk

Sobat MMBlog sekalian, menarik membaca artikel dari blog sahabat Mas IWB di sini, yang menginformasikan mengenai sinyalemen dari harga Honda CB500 Series. Dari sumbernya, kemungkinan Honda CB500 ini akan dijual dengan harga 130-150 jutaan. Hmm, masuk akan sih, CB500F dijual 130 juta, CBR500 dijual 150 juta, dan CB500X dijual 150 Juta. Lalu, gimana kans-nya kalau ini motor dijual dengan harga demikian?

MMBlog kemarin dapat memastikan secara gamblang, bahwa kini, Kawasaki Motor Indonesia telah menjual Kawasaki ER6n vin 2015 dengan harga Rp. 139.900.000,- . penjualan ER6n 2015 ini masih ditandem dengan penjualan ER6n Vin 2012 dan 2013 yang dibanderol jauh lebih kompetitif, diharga Rp. 102.500.000,-. Lalu, bagaimana kans CB500 series menghadapi tembok bernama Kawasaki ER6n ini? Tentu kalau MMBlog bilang sih, apabila masih ada stok ER6n vin 2012/2013, potensial buyer kemungkinan switchingnya lebih besar.

Bukan apa-apa, untuk segmen moge 100 jutaan, selisih 30 juta itu guedde banget loh! Kalau ada motor 650 CC, dua silinder, harga 102 juta, dihadapkan dengan motor 500 CC, dua silinder seharga 130 Juta? Sama-sama merek Jepang, yang membedakan adalah tahun produksinya, yang satu stok lama, dan yang satu lagi gress, pilih mana?? Segmen moge 100 jutaan itu bisa dibilang segmen yang pilih-pilih banget. Sebelum memutuskan untuk beli, pasti cek dan ricek dulu ada opsi apa aja. Informasipun bakalan lebih banyak digali.

Kawasaki ER6n-4

Oke, sekarang kondisi kedua yang mana stok ER6n 2012/2013 udah ludes semua (ngarep banget nih MMBlog :mrgreen: ). Otomatis, yang ada di dealer Kawasaki adalah ER6n tahun 2015 seharga Rp. 139.900.000,- . kans CB500 series gimana? Ini dia nih, di luar negeri khususnya di Eropa, CB500 series lebih dibenturkan dengan Ninja300/ Z300. Jika AHM benar membanderolnya dengan harga 130-150 jutaan, maka perlu strategi khusus, berkelanjutan, dan terintegrasi agar bisa  compete dengan ER6n.

Bukan ape-ape lagi nih, ER6n udah punya tempat sendiri di hati para biker tanah air soalnya. Bisa dibilang, inilah moge “murah” pertama yang dijual oleh ATPM. Walaupun ada segelintir orang yang bilang ini moge banci, disposable big bike, atau soulless bike, whatever! Ini motor bisa ngacir 200 km/jam, dari 0-100km/jam cuma perlu 4 detik! Bisa parkir di parkiran Moge, dan yang paling penting, motornya tangguh dan gak rewel!!!

Kondisi ketiga, ini yang agak berat kayaknya. Potensial user bisa aja loh hunting Kawasaki ER6n second. Dengan harga yang bakal amat sangat kompetitif, ER6n atau Ninja 650, atau Versys second akan sangat menggoda!!! Sekennya ER6n atau Ninja 650 mah masih sueggeerrr, apalagi kalau yang pake MMBlog, wuidiihhh, kuinyiisss-kuinyiissss :mrgreen: .

Oke dah, itu semua sih opini MMBlog semata Sob. ada yang mau nambahin mungkin?? Semoga berguna yah.[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

21 COMMENTS

  1. Bukan apa-apa Pajak Barang Mewah 251cc sd 500cc =60%, sedangkan 501 keatas 125% itu udah cukup jauh, 2x lipat. jika benar di Eropa, CB500 series lebih dibenturkan dengan Ninja300/ Z300 harusnya CB500 masuk Indonesia ya seharga Ninja300 yg sudah masuk Indonesia yg tak lebih 90Jt CMIIW

  2. Wah bener nih mas, potential buyer 80-100 jt bakal mikir2. Jujur saya sempet tertarik awalnya sama cb500 series karena pajak yg tak setinggi 650cc up, tapi kalo gini ceritanya yo nggolek versys second wae 😀

  3. Gak AHM, gak Honda, suka overPeDe, kalo jualan barang ginian (motor2 CBU) suka overprice, lht aja hrg PCX 150 dan CBR 250/150.
    Kalo saya sih mending nyari ER6n atau ER6f bekas. Di OLX ada tuh dikisaran hrg 70an-80an, value banget, syukur2 udah dpt yg plus modif.

  4. Kemahalan cyinn, cc500 single front disc brake harga segitu… paling gak ngikut harga er6 tahun lama lah ya, di kisaran 100 – 105 jutaan, sukur2 bisa di 90 jutaan.. kalo kemahalan mending gw ambil er6 second aja

  5. Pastinya overprice di harga segitu Bro

    Kalau penampilan model antara Kawasaki ER6N/F dan Honda CB500F/CBR500 itu memang tergantung selera masing-masing.

    Tapi untuk besar CC, torsi dan HP, Kawasaki ER6 di atas performa Honda CB500F/CBR500R.

    ER6 torsi 66Nm/7000 rpm, CB500 torsi 43Nm/7000 rpm.

    Semakin besar torsi mesin motor, semakin kuat dan cepat akselerasinya.

    walaupun bobot motor ER6 lebih berat sekitar 10 kg.

    Dalam realita nanti akan terlihat apakah dengan harga segitu akan banyak peminatnya.

    Salam gazz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here