Motor Jadul VS Motor Kontemporer : CC Lebih Kecil, Ukuran Ban Lebih Besar!

12

mesin thunder-12

Sobat MMBlog sekalian, ada fenomena yang menggelitik MMBlog tentang motor-motor kontemporer aka zaman sekarang. Fenomena itu adalah ukuran ban yang relatif lebih besar ketimbang ukuran ban motor-motor jadul. Hmm, jadulnya sih gak jadul-jadul amat, kira-kira tahun 2000-an lah, coba temen-temen flashback dan inget-inget, pas zaman dan saat itu, ada gak motor yang ukuran ban belakangnya lebih dari 130?

Pas tahun 2003, motor dengan ban 130 adalah motor-motor yang bertipe cruiser. Ya kayak mantan motor MMBlog Kawasaki Eliminator atau Honda Phantom. Itupun CC-nya 175 dan 200. Terus untuk yang versi lokalnya kayak Honda Tiger, Yamaha Scorpio, Suzuki Thunder 250, ukuran ban-nya pada gak lebih dari 120! Bahkan Tiger ukuran ban belakangnya 100 dan Scorpio 110, CMIIW. Itu motor CC-nya minimal 200 padahal, dan ketika diganti dengan ukuran 130 atau 140, wuiihh bangganya luar biasa :mrgreen: . berasa udah paling keren, dan moge banget!

10699219_10203833943122160_545978179_n

Tapi lihat apa yang terjadi sekarang. Motor-motor sport 150 CC sekarang udah lumrah banget menggunakan ban lebar 130. Untuk yang streetbike aja kayak NVL ban belakangnya udah 120. Yamaha R15, Honda CBR150R, ukuran ban-nya udah pake lebar 130! Kalah motor-motor sport jadul :mrgreen: . denger-denger Next CBSF juga pake ukuran ban 130 yah? Itu yang 150 CC, yang 250 CC sekarang malah pakai ban ukuran 140 untuk belakang. Padahal pas tahun 2008, Ninja 250 masih pake ukuran ban belakang 130, karena banyak yang “teriak-teriak”, akhirnya di tahun 2012, ukuran ban belakangnya di revisi.

DSC_1600

Terus, apakah ban 120 atau 130 di motor 150 CC membuat performa motornya loyo? Selama MMBlog test motor-motor itu sih performanya oke-oke aja. Bukti kalau makin kesini teknologi mesin semakin baik, CC makin kecil, tapi power juga makin besar. Untuk menggoyang ban ukuran besarpun gak masalah! Selain itu juga, sekarang ini konsumen/bikers lebih mudah dalam menyuarakan pendapatnya, selain karena kemajuan teknologi tadi, permintaan motor sport dengan ban lebar udah kayak sabda alam 😆 .

Oke deh, ada pendapat lain? Monggo layangkan aja di kolom komentar yah.

Ajang Silaturahim dan Diskusi
Facebook : Vandra Risky
Facebook FP : monkeymotoblog
Twitter : @monkeymotoblog
Instagram : monkeymotoblog
Email : vandrarisky@gmail.com
monkeymotoblog@gmail.com
Blog Foto : photommblog.com

12 COMMENTS

  1. kalau mau liat efeknya coba sering liat sisi kiri tuh di drive train alias bagian rantai,.
    yg sekarang dgn ban segitu jadi cepet kendor rantai IMHO yah.
    tapi ya tetep aja sih, tknologi untuk mbuat bobot velg agi ban tapak lebar yg juga semakin ke sini makin ringan berkontribusi juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here