Makan Siang Bareng Honda Dan Pelatihan Table Manner Bersama John Robert Power, Seru!

13

lunch with honda-5

Sobat MMBlog sekalian, pada tanggal 26 April 2015 (kemarin), MMBlog bersama dengan soulmate MMBlog menghadiri undangan dari HC3 PT Astra Honda Motor dalam rangka gathering, makan siang bareng, dan pelatihan table manner yang dibimbing oleh pembicara dari John Robert Power. Wuiihhh, jujur, MMBlog excited banget temen-temen. Karena dapet kabar dari Kak Siska kalau dress codenya formal, yeudeh pake Jas deh, wkwkwk, sempet bingung juga kalau tiba-tiba ada test ride motor, pake jas kan jadinye kocak :mrgreen: .

lunch with honda

Berangkat dari rumah jam setengah 10 kurang menuju Hotel Sultan, muacet banget di kuningan πŸ™ . akhirnya telat dikit dari jadwal yang ditentukan jam 10, yawis, untung acaranya belum dimulai. Oke deh, langsung masuk, ternyata udah ada wajah-wajah familiar kayak Mas IWB, Wak TMC, Mas Muhsin Bonsai, Mas Didik NH, Mas Mitra, Mas Imam Bengkel Sepeda Motor, Om Steven Langitan, dan juga blogger terkece badai, Om Kobayogas. Dari tim HC3 juga lengkap, ada Ibu Istiyani, Kak Siska, Mas Ari, Kak Andri, tapi Pak Nyoman gak keliatan nih.

lunch with honda-6

img_20150426_102037

Nah, akhirnya acara dimulai temen-temen. Acara pertama adalah materi yang disampaikan oleh Ibu Biki Wotulo Mitrovic yang berasal dari Yugoslavia, namun udah fasih banget berbahasa Indonesia. Di materinya ini dijelaskan mengenai apa itu table manner, bagaimana tata cara makan yang benar dalam versi internasional, bagaimana cara memilih menu makanan apabila kita kurang familiar dengan makanannya, dan lain sebagainya. Jujur, MMBlog baru kali ini ikut pelatihan table manner kayak gini Sob πŸ˜† . Secara sederhana, table manner dapat dimaknai sebagai tata cara dan sopan santun, serta beretika ketika kita dihadapkan dengan makanan dan bersama dengan tamu-tamu eksklusif.

Ternyata, dalam table manner itu ada beberapa tahapan makanan-makanan atau minuman yang disajikan secara bertahap. Makannya pun punya caranya masing-masing, asli dah, grogi dan kikuk bener MMBlog :mrgreen: , ye biasanye makan langsung menu utama, Nasi + Daon Singkong + Rendang + Kobokan + Teh Tawar Anget, wkwkwk :mrgreen: . nah, urutan-urutan itu antara lain :

Aperitif : nah ini adalah minuman (yang mengandung alkohol) Sob. ditawarkan oleh pelayan sebelum appetizer (menu pembuka).

Appetizer : kalau ini hidangan pembuka, biasanya sih roti terus ada menteganya gitu. Makannya lucu, rotinya kita potek pake tangan, terus diolesin mentega pake sendoknya, terus sendoknya ditaro, baru rotinya di-lep!

lunch with honda-2

Soup : ini ya sup, tadi sih dikasih Sup Asparagus, makan sup itu ternyata nyendok supnya dari arah dalam keluar tubuh yak. Tadi Mas IWB mau maen diuyup aja itu Sop, wkwkwkwk (becanda mas πŸ˜† ). Supnya enaakkk, segeerrrr!

lunch with honda-3

Oia, selain Sup tadi juga disediain Salmon Smoked. Warnanya jingga kayak lobak kalau makan Shushi, makanya MMBlog rada pangling. Coba dimakan, byuuhh enyaakkk banget ternyata. MMBlog sama soulmate MMBlog langsung bilang β€œini kalau pake nasi pasti lebih enyaaakkk”.

Main Course : ini dia yang ditunggu, menu utama! Tadi dikasih Tenderloin Steak dari USA, wuidiihhh maknyoosss. Cara makannya gimana? Biasa dah, kalau steak, tangan kiri megang garpu, tangan kanan megang pisau. Tusuk bagian daging dengan garpu, iris dengan pisau dengan jurusan yang satu arah, gak kayak ngegergaji :mrgreen: . Steaknya dibakar medium, tapi bagi MMBlog mah tetep nikmaattt, buktinya ludesss :mrgreen: .

Dessert : nah, makanan penutup nih, tadi sih dikasih cake coklat. Wuiihh, enak akhirnya kena makanan maniissss. Udah gitu ada crakckernya yang rasanya gurih-gurih maknyoooss kayak suara knalpot empat silinder, WKWKWKWKWK :mrgreen: πŸ˜† . terakhir adalah minum teh atau kopi, MMBlog mah pesen teh tawar anget aja, dan Alhamdulillah, kenyaaanngg, siap test ride Moge πŸ˜†

lunch with honda-4

Nah, di acara ini biarpun temanya adalah table manner dan pelatihan, namanya kumpul blogger motor, suasana yang ada ya tetep aja heboh, bocor, rame, dan penuh dengan canda tawa. Apalagi Mas IWB dan Mas Muhsin, wkwkwk, itu blogger dua kena tilang melulu sama Ibu Biki πŸ˜† . ada aja polahnya, dalam tabel manner, kita dilarang untuk meletakkan tangan di meja makan, eh mas IWB sama Mas Muhsin maen ngegelempangin tangan aja, terus sempet-sempetan mulet pula, wkwkwk, sontak satu ruangan pada pecah dan tertawa. Ini dia nih yang seru dari kumpul blogger, guyubnya ituloh!

MMBlog seneng banget bisa dapet ilmu mengenai table manner ini. Nambah wawasan dan ilmu banget! Kita jadi tahu, gimana cara makan apabila ada jamuan atau undangan resmi. Dan emang, kalau dilihat-lihat, walaupun mungkin agak rempong, cara makan begini ini terlihat rapih, bersih, dan tenang. Porsinya pun pas, gak kebanyakan dan gak kedikitan. Kalau MMBlog perhatikan, sebenernya table manner ini lebih kepada β€œmemakanankan makanan”, bahasa lainnya gimana yah? Ya lebih kepada menghargai makanan gitu deh.

img_20150426_123206

Dari event ini juga MMBlog jadi tahu, kalau ternyata steak itu ada yang dihidangkan mentah-mentahnya. Namanya tar-tar steak. Kalau temen-temen pernah nonton Mr-Bean yang pesen steak, terus steaknya ditaro ama dia di tas ibu-ibu, di vas bunga, dan ditempat lainnya πŸ˜† . itu karena steaknya mentah, dan rasanya belum tentu bisa diterima oleh semua orang. Jadi, pesan pentingnya adalah, kalau gak tau dan terkesima dengan nama makananya, lebih baik tanya dulu itu makanan apa.

Terus, MMBlog kena tilang gak nih, kayak Mas IWB dan Mbah Bons? Xixixi, MMBlog mah aman temen-temen :mrgreen: . oke deh, sebenernya ada banyak banget yang bisa disharing, mengenai cara duduk, terus menempatkan tamu di meja makan, terus gimana cara memulai pembicaraan, topik obrolan yang relevan, dan lain sebagainya. Di lain kesempatan kita bahas deh yak. Last, MMBlog mau ngucapin terima kasih sebanyak-banyaknya kepada HC3 AHM yang udah mengundang MMBlog dengan soulmate untuk hadir di lunch spesial ini. Seperti biasa juga, acara AHM selalu well organized!

Oke deh, semoga berguna yah!

Ajang Silaturahim dan Diskusi
Facebook : Vandra Risky
Facebook FP : monkeymotoblog
Twitter : @monkeymotoblog
Instagram : monkeymotoblog
Email : vandrarisky@gmail.com
monkeymotoblog@gmail.com
Blog Foto : photommblog.com

13 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here