Balada Benang Layangan Dan Bikers, Gak Ada Salahnya Pakai Safety Gear Lengkap!

10

215452_620

Sobat MMBlog sekalian, bermula dari percakapan MMBlog dengan salah seorang sahabat sekaligus pembaca setia MMBlog, MMBlog jadi pengen nulis artikel dengan tema benang layangan. Sahabat MMBlog itu berkisah bahwa ia pernah mengalami hal yang kurang mengenakkan perihal benang layangan, dan itu membuatnya tanpa ragu untuk membeli jaket yang punya “kerah” atau beresleting tinggi hingga menjangkau leher.

Memang temen-temen, jalanan di Indonesia itu unik banget. Di aspal ada banyak ranjau yang siap menerkam motor. Dari mulai jalanan yang berlubang, paku, mur, dan segala macam benda yang bisa bikin ban bocor. Gak hanya itu, “di atas” ternyata juga ada yang bisa membuat biker apes, gak lain gak bukan benang layangan namanya. Sahabat MMBlog itu cerita, waktu sedang riding, menggunakan helm fullface, jaket riding full protektor, tiba-tiba ia merasakan panas pada bagian lehernya. Makin lama makin terasa menyakitkan, hingga motor diberhentikan dan ia meraba bagian lehernya, ternyata ada benang yang menjeratnya.

revit

Kondisi kulit di leher terlihat memerah, untungnya tidak sampai berdarah. Selamat, karena ia juga berkendara dalam keadaan rendah. Lalu, apakah itu begal? Yang menggunakan “benang setan”?? gak juga temen-temen, bisa jadi itu adalah benang layangan yang memang ditinggalkan oleh anak-anak yang tadinya bermain layang-layang di tempat itu. Akhirnya, sahabat MMBlog itu membeli jaket yang kerahnya tinggi, otomatis lehernya terlindungi apabila ada insiden semacam ini lagi.

Benang layangan dan bikers memang gak akur. Bahkan di kaskus, ada disturbing picture yang menggambarkan kondisi para korban yang terkena sayatan dari benang-benang ini. Sengaja gak MMBlog tampilin di sini, amit-amit daahh :mrgreen: . istilah dalam bahasa betawi apabila terkena benang kemudian terluka adalah “kebeler”. Terus, ada gak sih solusi dari hal ini selain kudu pake jaket yang punya kerah atau retsletingnya tinggi?

rsj267_blk__42958_zoomSebenernya ada beberapa cara Sob. kalau MMBlog pribadi, ketika hendak melalui jalan yang ada anak-anak main layangan, udah aja melanin laju motor, terus nunduk :mrgreen: . masa bodo amat mau diketawain orang apa gimana :mrgreen: . solusi selanjurnya adalah menggunakan helm fullface, nah kalau ini seenggaknya bisa melindungi dagu dan hidung dari sayatan itu benang. Kemudian, kalau mau lebih aman lagi, pakai balaclava atau masker yang panjang hingga leher, nah, kalau pengen lebih safety lagi dan lagi, temen-temen bisa pake slayer atau buff yang dililitkan di leher. Makin tebel, kudunya ya makin aman. Apalagi kalau yang dihadepin adalah benang gelasan, wuih, emang kudu tebel :mrgreen:

Konsekuensinya ya jelas, bagian leher jadi lebih gerah. Tapi toh ya gak papa lah, mendingan kepanasan daripada somplak :mrgreen: . oke deh, mungkin temen-temen ada yang mau nambahin atau sharing pengalamannya? Monggo dan ditampung!

Semoga berguna ya.

Ajang Silaturahim dan Diskusi
Facebook : Vandra Risky
Facebook FP : monkeymotoblog
Twitter : @monkeymotoblog
Instagram : monkeymotoblog
Email : vandrarisky@gmail.com
monkeymotoblog@gmail.com
Blog Foto : photommblog.com

10 COMMENTS

  1. solusi lain : terima nasib aja, anggap lagi apes. toh kejadiannya mungkin cuma 1 berbanding 1 juta. saya juga pernah kena, kebetulan kecepatan rendah, jadi bisa berhenti dan ditepis ke atas pakai tangan. gak luka, gak sakit.

  2. Ntar dibuatin deh neck and chin protector pake bahan plastik tapi tunggu prototipenya jadi dulu lagi di cetak pake 3D printer

  3. Saya pernah…tapi benang nyangkut di visor helm…langsung pinggirin motor, samperin yg main layangan, putusin layangannya trus kabur, hehehe

  4. Thanks bro vandra memang penting bgt safety jacket secara leher kita paling vital terkena iris apalagi leher bagian samping bs terjadi pendarahan super hebat yg bisa membuat kita kehabisan darah…masih banyak orang indonesia yang menomor duakan safety

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here