Bikin Enteng Tuas Kopling? Gak Melulu Ganti Kopling Hidrolik Sob!

17

image

Sobat MMBlog sekalian, tingkat kekerasan tuas kopling (clutch lever) adalah sebuah kondisi yang dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan berkendara. Buat sebagian orang, mungkin tuas kopling yang keras gak jadi masalah berarti, tapi bagi sebagian orang, ini bener-bener jadi faktor krusial bagi orang itu untuk jadi meminang motor tersebut atau tidak. Jika sudah kesengsem berat sama motornya, tapi koplingnya gak taunya keras banget, ada solusi “mudah” yang dapat membantu temen-temen semua, lanjut

Biasanya sih, motor makin gede CC-nya makin berat juga koplingnya. Atau juga biasanya, semakin menggila performanya, makin menggila juga tangan kiri kalau mau narik tuas koplingnya :mrgreen: . Malah ada yang udah pame hidrolikpun tetep aja keras dan membal. Nah, ada satu trik jitu buat bikin tuas kopling itu jadi ueenntteeeeng banget, yaitu cukup dengan mengganti tuas koplingnya aja Sob, masih tetep pake kabel kopling standar, cuma tuas se-setnya aja yang diganti!

image

Yang MMBlog tahu, ada dua merek beken yang biasa dipake sama temen-temen sport/superbiker agar kopling motor mereka jadi entengan, mereknya adalah Accosato dan Galespeed. Kok MMBlog bisa yakin bener kalau tuas kopling ini bisa bikin enteng? Soalnya udah pernah nyoba langsung Sob, hehe. Tuas accosato pernah MMBlog bejek-bejek pas nemplok di Ninja 650 yang ada di toko aksesoris moge. Tuas kopling Ninja 650 yang masuk ke kategori empuk jadi tambah empuuukkkkk, gile jadi kayak kopling bebek :mrgreen: . Nah, buat Galespeed, MMBlognmalah udah nyoba dan jajal langsung di MV Agusta Dragster minggu lalu. Biasanya, kopling motor MV Agusta itu sifatnya “Jantan” banget, nah ini jadi super uenteeeeng! Sumpah jadi menghibur dan enak banget!!! Entah apa yanh bikin koplingnya bisa enteng gitu, padahal gak hidrolik, tetep pake kabel. Sepertinya ada mekanisme khusus dari ilmu Kinetik yang diaplikasikan ke tuas kopling kedua merek ini.

Tapi tuas kopling ini bukan tanpa masalah Loh, wkwkwkwk. Masalah utama adalah pada harganya. Accosato kayaknya harganya 4 jutaan dah, sedangkan Galespeed bisa lebih dari itu, langsung mules 😆 . Kalau temen-temen pengen tau harganya, Si Mbah jualan tuh Galespeed, kayaknye ama die bisa dapet harga spesial yang lebih oke (mahal :mrgreen:). Oke deh, semoga berguna ya.

17 COMMENTS

  1. Tuas kopling Ninja 650 yang masuk ke kategori empuk jadi tambah empuuukkkkk, gile jadi kayak kopling bebek
    —————————————————————————
    o_O

    kayaknya lu kudu nyoba kopling motor gw dah…

  2. Kopling kabel tu sensitif ama gesekan. Makin minim gesekan makin enteng. Contoh dulu kabel kopling RGR gue waktu pake slingnya Vespa beraaaaaatt bgt, dibanding originalnya yg dilapis teflon. Mungkinkah di tuasnya ada bearing atau bantalan khusus yg bikin enteng? Ayo kang dibongkar aja… 😀

  3. Ane mau tanya ni gan motor mx2007 ane bis ganti kampas kopling ama per kopling tiger katanya jadi mantap ko malah jadi berat solusinya gan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here