Sport Murni Atau Sport Touring, Mana Yang Jadi Pilihan Sobat MMBlog?

30

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

ngerebah
ngerebah

Sobat MMBlog sekalian, ketika MMBlog berkunjung ke markas motor8 punya Om Steven Oentoro di Gandaria, MMBlog ketemu sama dua motor yang mungkin secara model bisa dibilang sejenis. Tapi ternyata jika dilihat dan dirasakan dengan seksama, ternyata kedua motor ini punya perbedaan yang signifikan. Tersangka utamanya adalah Honda CBR1000RR Fireblade dan Kawasaki Ninja 1000. Motor ini sama-sama full dress alias full fairing, kubikasinya sama-sama 1000 CC, terus yang bikin beda emang apanya Sob?

moge-2

Nah, kebetulan kedua unit udah ada di depan mata, jaraknya berdekatan. Yaudah, MMBlog coba aja tunggangin dua-duanya, hehe. ternyata memang, Ninja 1000 yang bukan ZX10R punya riding position yang lebih rileks dan bersahabat. MMBlog belum pernah test motor ini dengan komprehensif, kalau jajal dikit-dikit udah pernah 2 tahun lalu. Bisa dibilang, lebih kental aura touringnya daripada aura sportnya. Padahal setangnya setang jepit, tapi karena posisinya emang lebih tinggi dari yoke atau segitiga otomatis badan juga gak kepaksa ngebongkok ke depan.

Tersangka yang satu lagi adalah Honda CBR1000RR Fireblade. Nah, kebetulan kalau fireblade mah MMBlog udah pernah jajal ngacir-ngaciran. Ternyata emang kerasa bedanya abis ngedudukin Ninja 1000 terus dudukin Fireblade yang superbike. Fireblade ya ngebongkok memang, badan ketarik ke depan, apalagi MMBlog juga speknya Indonesia banget, jinjit, tangan ngejulur, pinggang ketarik :mrgreen: . udah gitu juga posisi footstep agak deket sama jok, otomatis kaki atau dengkul juga jadi tambah nekuk, nah di Ninja 1000 gak begini Sob.

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

Peruntukkan motor itu memang jelas. Ninja 1000, tampaknya enak banget dipakai buat dailyride, apalagi buat touring. Radius putarnya juga pasti lebih lebar, wong setangnya bisa nekuk dalem gitu. Buat trackday gimana? Jelas masih bisa, 1000 CC euy, pasti ngacir, melesat dengan cepat seperti anak panah. Tapi manuver-manuvernya pasti membuat rider berusaha lebih keras, gak senikmat ketika bermanuver dengan superbike murni. Nah, disinilah Fireblade memegang peranan, tentu bakalan asyik banget nunggang fireblade di sirkuit!

Ya gitu dah Sob, kalau mau liat itu motor peruntukkannya lebih kemana, cek aja setangnya, kalau dibawah segitiga ya trackweapon, tapi kalau agak menjulang-menjulang ya touring warrior dah :mrgreen: . aahh, jadi kepingin jajal moge lagi, terus temen-temen lebih demen yang mana nih? sport touring apa sport murni?  semoga berguna ya.[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

30 COMMENTS

  1. kalo full fairing kek begitu mending sport murni alias nunduk .. klo sport turing kek ninja 1000 gitu ane ngga setuju .. ngga sreg dan ngga jelas .. tapi kalau kek concours 1400 GTR ane setuju turing yah mesti kek gitu bentuknya atau naked bike sekalian .. atau juga buat yg hardcore .. ya kudu pilih yg enduro .. makanya ane lagi nungguin sport murni/nunduk 250 cc ampe sekarang jepang2 kagak ada yang berani munculin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here