Frame Slider Atau Engine Guard, Mana Yang Jadi Pilihan Sobat MMBlog?

15

UploadImages-rgsliders650r

Sobat MMBlog sekalian, yang namanya motor pasti gelindingnya pake roda dua. Ada sih yang pake roda tiga, tapi itu kan gak umum :mrgreen: . jadi, bukan gak mungkin atau bukan yang mustahil apabila motor mengalami sebuah insiden kayak jatuh karena ridernya hilang keseimbangan, atau jatuh ketika dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain dengan di dorong-dorong. Nah, hal ini tentu jadi peluang bagi pelaku usaha yaitu memberikan solusi dengan menjual perangkat pelindung dari berbagai macam motor.

barracuda-frame-sliders-for-kawasaki-er6-n-2012

Setahu MMBlog, ada dua perangkat pelindung buat melindungi motor ketika sedang dikendarai. Pertama adalah frame slider, dan yang kedua adalah engine guard. Frame slider itu biasanya dipakai di motor-motor sport berfairing, karena bentuknya seperti tonjolan di body motor, jadi ketika motor rebah, permukaan aspal/tanah hanya mengenai frame slider yang menonjol tersebut. Setelah ngetrend di motor-motor sport fairing, ternyata produsen juga membuat frame slider untuk motor-motor streetbike atau nakedbike. Gak bisa dipungkiri sih, bentuknya yang simpel memang cocok buat motor apa juga, IMHO.

engine guard

Yang kedua adalah engine guard. Nah, kalau ini lebih umum dipake di motor-motor nakedbike atau streetbike atau motor touring Sob. Memang terlihat lebih kokoh, karena menggunakan pipa yang ukurannya bisa dibilang besar-besar dan kekar. Fungsi utamanya terlihat seperti pelindung mesin saja ya. Tapi ada juga engine guard yang didesain menonjol keluar, jadi juga dapat melindungi body motor layaknya frame slider. Ada juga temen-temen motor sport yang pake engine guard model gini, biasanya motor sport yang buat dipake gymkhana atau kontes safety riding :mrgreen: .

MMBlog sendiri saat ini menggunakan frame slider Sob buat proteksi si Merah. Sebelumnya pernah jatuh bego, sehingga bikin shroudnya sedikit lecet, wkwkwk 😆 . kemudian ambil inisiatif nyari frame slider, dan dapet juga merek barracuda. Setelah dipasang, keliatan masih terlalu pendek, akhirnya MMBlog custom dengan menggunakan baut yang agak panjangan, so semakin menonjol keluar deh. Hasilnya? Beneran aman loh, pernah gedubrak pas nyuci 😆 . tapi bodynya sama sekali gak lecet, coba tengok gak taunya bener bodynya ngambang, ketahan sama frame slider!

Er-6n hepco becker engine guard 501.2516 (1)

Rencananya sih MMBlog pengen bikin engine guard juga buat si Merah, ya kayak foto di atas gitu deh. Nambah kekar sepertinya kalau frame slider dan engine guard di gabung! Terus, gimana motor temen-temen? Dipasangin proteksi apaan nih? motor-motor 150 CC sekarang juga udah banyak juga loh yang jual frame slider atau engine guard, bentuknya juga cakep-cakep! Made in lokal apalagi, harga minimalis, tapi hasil maksimalis! Oke deh Sob, semoga berguna ya.

15 COMMENTS

  1. motor ku udah hancur duluan sblm di pasang engine guard..
    nyesel deh akhirnyaa…
    🙁
    moga aja tuh motor isa di bangun ulang, biar nyicil dkit”..
    🙂

  2. klo saya hanya berpendpat, klo masang engin guard atau frame slider mohon lihat lebar motor anda.
    Jangan bandingkan sekarang dengan yang dulu ya. Sekarang makin padat.
    Jangan hanya anda perhatian motor anda, namun juga lihat efek ke pengguna lain.

  3. Nyari frame slider tubular di bogor susah amat ya ? Buat piksen lama ni. Ada yg jual online jauh bgt BALU OTO WORK di jatim sono. Mo beli online takut ga bisa dipasang dimotornya. Tolong inpo nyah donk kang. Mun aya di daerah Bogor,cibinong,depok n sekitarnya gituh… bikin artikel lg.. ok nuhun kang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here