Test Ride MV Agusta Rivale Di Sirkuit Sentul, 220 Km/Jam Ecesss!

16

_AFG9065

Sobat MMBlog sekalian, di minggu pertama bulan januari 2015 seperti yang MMBlog ceritakan sebelumnya bahwa MMBlog telah mengikuti kegiatan Track Day dengan MV Agusta Indonesia. Ini adalah pertama kalinya MMBlog geber motor gede di Sentul Sob, terus motor pertamanya juga MV Agusta Rivale 800 pula, weleh-weleh. Untungnya MMBlog di-coach langsung sama Mbah Dukun yang udah familiar dengan sirkuit sentul, terus gimana impresi Rivale 800 di sirkuit?

_AFG9006

MMBlog dan Mbah melakukan rolling sirkuit 4 lap, untuk pengenalan sih gak kenceng-kenceng amat. Yang jelas rasanya jauh lebih enak riding pake Rivale di sirkuit ketimbang ngetest di jalan raya, xixixi. Bukan apa-apa, soale Rivale itu motornya tinggi banget, kalau di sirkuit kan gak ada lampu merah dan gak ada macet :mrgreen: , jadi kaki gak usah turun-turun. Udah gitu juga sirkuit kondisinya lowong, gak rame kayak lalin, gasnya kebuka mendadak juga gak papa itu Rivale, mau terbang atau mencelatpun gak nabrak mobil atau motor di depan.

Untuk ngacir dengan kecepatan rata-rata 120 km/jam ternyata rivale bener-bener enak Sob. Di kecepatan segini angin masih gak kelewatan nerjang badan. Nikung-nikung dengan kecepatan 70-100 km/jam juga bisa dilakuin sama Rivale tanpa ada gejala ngebuang atau limbung. Di lap-lap pertama, Si Mbah yang mimpin di depan bawanya juga santai dengan F3. Posisi riding rivale yang tegap memang agak unik untuk bermain di sirkuit, tapi inilah tantangannya.

_AFG9079

Terus gimana performa Rivale sesungguhnya? Gak taunya edyaan banget kang mas! Setelah akhirnya memutari sirkuit beberapa kali, MMBlog mencoba untuk shifting gear di red-line, gigi satu tembus 120 km/jam lebih dan begitu di pindahin ke gigi 2, cuussss… ban depan langsung ngangkat beberapa cm dari aspal :mrgreen: . jantung berasa mau copot euy, sadiiss banget tenaganya! Dan itu dapat dilakukan tanpa susah payah loh, raungan mesin tiga silinder 800 CC-nya langsung bikin merinding! Terus geber sampe 160km/jam pindah ke gigi 3, cusss… tenaga terus ngisi! Kejam!

Di lap pertama, MMBlog dan Mbah di trek lurus membukukan kecepatan hinggan 180 km/jam. Hyaaa… 180 km/jam pake Rivale gile banget anginnya Sob, udah gitu motornya kan tegap, setangnya deket sama badan mau nunduk susah, wkwkwk, tantangan banget ini. Untungnya Helm HJC Lorenzo hadiah R15 memiliki shape yangΒ  mirip dengan KBC, lumayan oke ngebelah angin di kecepatan segitu, walaupun leher berasa mau copot :mrgreen: . di lap-lap terakhir, Mbah sedikit sedikit menaikan kecepatan, Top Speed dapat sentuh 220 km/jam. Lagi-lagi, tanpa susah payah Rivale nguber kecepatan segitu!

ELA_6661

Ngomongin ngebut di sirkuit juga asik pas ngomongin rem. MMBlog awalnya agak takut Sob, soale ngeremnya kudu dan harus pake rem depan doang, rem belakang udah aja jadi pemanis πŸ˜† . dan memang rem brembo di moge-moge itu super dahsyat yak. Ngerem dari 220 km/jam ke 80 km/jam bisa dilakonin hanya dengan menekan tuas rem dengan satu atau dua jari doang! Gile itu badan udeh kayak mau kelempar ke depan! Apalagi pas ngerem kan negakin badan, dengan rivale jadi tegap setegap-tegapnya, anginnya bikin lemeessss, kayak ketampar Sob. Lagi-lagi nih, gak kebayang itu Rossi CS, bisa ngerem dari kecepatan 320 km/jam hard braking pula, alien semua dah emang!

_AFG9067

Last, MV Agusta Rivale 800 walaupun tampangnya streetbike banget, tapi ini motor juga punya kemampuan untuk menari di sirkuit dengan elegan dan menyenangkan serta memberikan tantangnya. Oia, dengan teknik counterstreering, gak taunya bener belok jadi lebih gampang euy, hehe. oke deh, semoga berguna ya, nantikan artikel test ride moge lainnya di Sirkuit Sentul Sob. Semoga kepengen :-p

Special Thanks to MV Agusta Indonesia dan MVOCI

16 COMMENTS

  1. “Lagi-lagi nih, gak kebayang itu Rossi CS, bisa ngerem dari kecepatan 320 km/jam hard braking pula”

    Rossi udh lama ngga juara motoGP, tapi di’kepala isinya ttp Rossi ya bro. Siapapun yang juara motoGP.. πŸ˜€

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here