Test Ride 3 MV Agusta Dalam Satu Hari, WOW!

    24

    SAMSUNG CAMERA PICTURES

    Sobat MMBlog sekalian, artikel perdana di tahun 2015 ini MMBlog buka dengan artikel test ride tiga varian MV Agusta Brutale dalam satu hari. Jika teman-teman mengikuti monkeymotoblog.com dan pernah membaca artikel mengenai kopdar dan riding dengan MVOCI, nah di artikel itu MMBlog bilang kalau MMBlog riding menggunakan tiga MV Agusta Brutale, pada awalnya MMBlog riding pake Brutale 910 Tricolor, kedua pake Brutale 1090, dan terakhir pas malem riding pake Brutale 675 yang unitnya sempet ngekos di rumah 1 x 24 jam 😀 . Berikut MMBlog jabarkan impresinya.

    MV Agusta Brutale 910 Tricolor

    mv agusta-13 wpid-img-20141229-wa0000.jpg

     

    Unit Brutale yang tampil unik dan eksotis ini adalah milik Pak Ketu MVOCI, Kak Febby. Pertama kali ngeliat unitnya MMBlog langsung terperangah, “wow, hot bener ini Brutale dibalut warna biru”. Oke deh, gak pake lama, langsung aja MMBlog tunggangin pas di di rumah Mbah Dukun. Wah, ternyata ergonominya khas ala nakedbike yang agresif, setang rebah, lebar dan agak jauh dari tubuh. Otomatis tubuh jadi agar ke depan, sigap! Posisi footstep-pun lurus dengan jok, jadi tambah pas!

     

    Siap, engine ON, tarik tuas kopling, tekan tombol stater, mesin empat silinder 910 CC yang beringas itupun menyalak garang, “wuoonggg….!!!”. “gileee, suaranye gahar banget”, ya itulah gumam MMBlog yang sudah menggunakan helm :mrgreen: . suaranya merdu, ditambah volumenya yang lumayan membahana karena aplikasi knalpot aftermarket, bikin suasana sekitar jadi lumayan panas! Oke, siap-siap riding!

    SAMSUNG CAMERA PICTURES

    Rutenya adalah dari Pejaten ke Senayan City. Jujur, sebelumnya MMBlog rada-rada ngeri juga bawa ini motor, soalnya dulu udah pernah bawa Brutale 675 dan F3, ini motor emang tenaganya gak main-main. Lah yang 600-an cc aja udah kuenceng dan beringas, gimana yang 910 CC? Oke deh, masukin gigi 1, naahh, gak usah kasih gas, lepas pelan-pelan aja, dan bener itu motor emang jalan :mrgreen: . setelah jalan perlahan, baru MMBlog berani ngasih pelintiran gas sedikit demi sedikit. Diluar dugaan, laju motor ternyata memang smooth! Seperti yang Mbah bilang sebelumnya, MV Agusta milik Kak Febby ini bakalan nyaman kalau dipake.

    Tapi itu kalau throttlenya di urut perlahan temen-temen, kalau dibejek ya tetep aja, whuuuuzzzhhh, ngaciiirrr. Tenaganya terus menerus ngisi. Ngikutin mas IWB yang pake 1090 dan Mbah yang F3, dapat dilakukan oleh 910 Tricolor tanpa kendala dan tanpa kesulitan. Kecepatan 110-130 di jalan antasari yang saat ini lumayan sepi dapat dicapai dengan sangat-sangat mudah, hanya saja efek terhempas dan jambakannya terasa beringas di tubuh. Perkara handling dan suspensi, diluar dugaan lagi nih, gak taunya enak banget sob di ajak rebah-rebah dan belok! Hanya saja memang ketika ketemu jalanan bergerunjal, jangan membandingan suspensinya dengan suspensi motor matik yang empuk, xixixi :mrgreen: . khas performance vehicle, suspensinya relatif agak stiff.

    Terus gimana kalau diajak pelan-pelan? Secara MMBlog adalah slowrider. Ini dia, 910 ini lumayan bisa kompromi kalau diajak pelan-pelan, mantap! Tapi kalau pelan-pelan, siap-siap aja hawa panas bakal menyelimuti kedua kaki yang mengapit si Biru ini :mrgreen: . kesimpulannya, performa Brutale 910 bener-bener se-eksotik wujudnya!

    MV Agusta Brutale 1090

    SAMSUNG CAMERA PICTURES

    Ini adalah unit kedua Brutale yang MMBlog test dari Sency ke Cilandak Town Square. Setelah tukeran kunci sama IWB, akhirnya MMBlog naekin motor ini. Wah, ternyata tinggi joknya lebih rendah daripada si 910 masbro. Wajar karena 910 alias si Biru, agak ditinggiin sama Kak Febby, makanya pas pake 910, MMBlog jinjitnya lumayan ngebalet, tapi pas pake 1090 ini MMBlog lebih pede, karena walaupun jinjit, masih telapak kaki masih lebih banyak area yang napak. Aaahh, lagi-lagi penasaran, gimana sih jambakan motor yang koplingnya “mantep” ini??

    Engine ON, tarik tuas kopling dan stater! “whuoomm…!!!” wuidiihh, lagi-lagi deru mesin empat silinder membahana dari knalpot aftermarket yang terpasang. Masukin ke gigi 1, “cklak” lagi-lagi, gak usah kasih pelintiran gas, lepas aja koplingnya pelan-pelan, dan lagi-lagi, mbahnya Brutale ini langsung jalan, sadis euy torsinya! Rute kali ini dari sency ke citos lewat jalan Sultan Iskandar Muda, Pondok Indah, lanjut ke TB Simatupang. Yang menariknya lagi, kita riding bareng kak Febby yang pake Ducati Desmocedisi RR!

    SAMSUNG CAMERA PICTURES

    Terus gimana performanya? Weleh-weleh, yang 910 aja tenaganya udah ngeri walaupun masih bisa diajak smooth, nah kalau yang ini tenaganya bener-bener liar Sob! Sadiiissss. Motor agak susah dibawa pelan, jadi berasa dredekan gitu :mrgreen: . tapi lain cerita kalau udah dibetot, langsung speedometer digitalnya tertera tiga digit angka yang diawali oleh angka 1! Cepat dan cepat, tenaganya bener-bener buas, seperti mengendarai kuda liar yang udah lama terkurung di kandang, dan begitu keluar kandang, langsung ngaciiiiiiirrrrrrrrrrr :mrgreen: .

    Sempet kena macet juga di beberapa titik, dan hawa panas langsung menerpa paha, mantaappp!!! Oia, ini motor lampunya pas malem jooss banget dah, gile, jalanan terang benderang euy! Tapi ada yang MMBlog garis bawahi, ini motor karena mungkin motor test ride, performa remnya gak semantap yang 910, walaupun tetep aje rem ala moge gitu loh :mrgreen: . kesimpulannya, butuh nyali dan tenaga lebih untuk ngajak jalan Brutale 1090, tapi jika temen-temen adalah seorang adrenalin junkie dan speedlovers, gak ada kata lain selain “cucok cyiiiinnnn!!!”

    MV Agusta Brutale 675

    SAMSUNG CAMERA PICTURES SAMSUNG CAMERA PICTURES

    Nah, kalau yang ini MMBlog mau ngasih temen-temen pertanyaan dulu, enaknya di review di sini apa di artikel tersendiri nih?? secara ini motor pernah ngekos dan tidur bareng sama si Merah di rumah, wkwkwk. kayaknya lebih asyik kalau di review di artikel terpisah ya temen-temen, xixixi. Kalau dilanjut di sini bakalan jadi tambah panjang artikelnyaaahhh, ntar kopi ama kacang sobat MMBlog semua keburu abis duluan deh. Hehe, oke deh nantikan reviewnya ya..

    Nah, itulah cerita MMBlog riding bareng dengan MV Agusta Brutale Series, motor yang emang brutal baik segi penampilan dan performa, tapi masih asyik untuk dipakai harian (terutama yang 675). Oke deh, makasih banyak buat temen-temen MVOCI atas ajakan riding barengnya dan Mbah Dukun Satar untuk semuanya :mrgreen: . semoga berguna dan selamat tahun baru ya temen-temen!

    24 COMMENTS

    1. berisik bro, lewat jalanan kecil bisa diplototin orang,
      dikira kaya ngajak berantem mulu kalo bawa tu motor

      udah kayak suara buldozer, berisik bet

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here