Pengalaman Unik Dengan Idling Stop System

    30

    SAMSUNG CAMERA PICTURES

    Sobat MMBlog sekalian, idling stop system adalah sebuah fitur di motor matik Honda yang beken. Berguna untuk mengirit penggunaan bahan bakar, fitur ini selalu menjadi salah satu nilai jual dari matik-matik Honda AHM. Dibiarin langsam selama beberapa detik, otomatis mesin mati, gas dikit mesin hidup, senyap, dan emang canggih! Nah, MMBlog punya pengalaman lucu dan unik nih Sob perkara idling stop system, lanjut.

    Cerita ini sebenernya bukan MMBlog yang ngalamin (make idling stop system) Cuma MMBlog jadi keikutan gitu deh, hehe. jadi ceritanya adalah ketika di lampu merah matraman/pramuka, MMBlog bertemu dengan pengendara Vario 125. Waktu itu MMBlog pake Si Merah. Lampu merah matraman kala itu lama banget, walhasil kendaraan juga banyak yang ngantri sehingga terjadilan antrian panjang. Ngikutin itu Vario 125 selap-selip lumayan kerepotan juga Sob, bobot Si Merah yang 204 kilogram dan motor yang lebih panjang ketimbang matik, emang butuh effort lebih.

    SAMSUNG CAMERA PICTURES

    Nah, sampe akhirnya kami (MMBlog dan wantufaif) itu sampe juga di lini terdepan dari antrian. Posisi MMBlog berjejer sama dia Sob. Yang MMBlog inget, ridernya pake jaket warna biru dongker dan helm half-face beserta masker dan perlengkapan lenong lainnya. Keliatan nih lampu merah bakalan lama, yawis dengan sabar menunggu. Tiba-tiba, suara motor wantufaif itu mati Sob, MMBlog langsung ngebatin “wah idling stopnya dipake nih, mantep, ngirit kali ye bensin naek :mrgreen: ”.

    Eh… tapi kok gasnya dipelintir “bruumm” idup lagi 😆 .

    Idup kira-kira 5 detikan, terus mati lagi. Terus digas lagi “brummm” idup lagi, wkwkwkwk. Terus didiemin lagi, mati lagi. Terus digas lagi, idup lagi, terus didiemin, mati lagi, terus digas lagi, idup lagi, ngakak sumpah. Padahal itu dalam kondisi berhenti, ya kalau mau, yawis didiemin aja itu motor kang mas, biarin mati hingga lampu lalu lintas berganti hijau, pelintir gasnya terus jalan deh. Kan enak.

    Lama-lama gemes juga MMBlog sapa :

    MMBlog : Mas, itu idling stop-nya di non-aktifin aja mas

    Rider : Apa Mas???

    MMBlog : Lah :mrgreen: . itu mas yang bikin motor mas mati-mati melulu

    Rider : emang bisa mas??

    MMBlog : (Dalam Hati : Jiaahh) bisa mas, pencet aja tuh yang ada di deket rem, ada tulisan idling gitu kan?

    Rider : ah yang bener Mas? Beneran gak papa nih

    MMBlog : (Dalam Hati : jiaelah, elu kira kursi lontar) gpp mas, saya jamin

    Rider : (ditekennya itu saklar), oia bener …….. (langsung diam)

    Gak ada percakapan lagi, bhuahahahaha

    Jujur Sob, MMBlog menduga itu bukan motornya kali yah 😆 . mungkin motor temennya atau gimana. Soale mosok iya kalau motor sendiri dia gak tau kalalu ada fitur Idling Stop System. Udah gitu abis itu langsung diem aja lagi, wkwkwk. kayaknya sih emang lagi lelah banget beliau. Cuaca panas, pake perlengkapan lenong, dll. Tapi MMBlog lebih panas ah, wong fan ER6n nyala melulu gitu 😆

    Gak lama setelah saklarnya dipencet, lampu lalin langsung berubah jadi ijo Sob. Beliau langsung gas Pol, ngaciirrr. MMBlog gimana? Cengangas-cengenges aja, wkwkwk, sambil melaju sama Si Merah. Dalam hati bilang “biker emang macem-macem”! betul Sob, biker emang macem-macem, kalau itu memang motornya, berarti dia beli motor yaudah, ke dealer, demen, bayar, pake. Kalau bukan motornya, berarti dia gak nanya-nanya dulu sama yang punya motornya perkara motornya mati-mati gitu alias ada idling stop system. Oke deh, ada pengalaman serupa gak nih? monggo dishare.

    30 COMMENTS

    1. haha… klo saya jaman dulu, yg pake switch on/off biasanya keluarga SHogun… pernah minjem shogun punya temen, si electric starter ga nyala, di kick sampai pegel ga nyala… baru nyadar switchnya posisi OFF…. wakakakaka..

    2. hahahahaha… pernah juga pinjemin pcx ane, yang bawa bingung. ni motor kok mati2 melulu sih? rusak apa motornya? pas ane liat switchnya di posisi idling. langsung diketawain temen2 sekantor. yaamplop, kirain orang-orang udah pada tau kalo tuh motor punya fitur begitu.
      wasyeeemmm,,, bikin ngakak sore2 hahaha

    3. klo dlu sblum tau tknologi iss,, mngiyakan aja pas ada yg ngmong’klo tu motor bkal bsa mati saat lampu merah n hidup saat nyala lmpu hjau.. gkkgkk.gk

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here