Kawasaki Vulcan 650 Hanya Di Impor Sedikit, Bijak!

22

2015_kawasaki_vulcan-s-abs_5

Sobat MMBlog sekalian, pada hari jumat minggu lalu, selain test ride Vario 150/125 MMBlog juga sempat membaca di warungnya Wak Haji mengenai notifikasi impor di situs TPT akan kehadiran Kawasaki Vulcan 650. Terlihat bahwa KMI sepertinya untuk tahun ini hanya mengimpor sedikit, 410 unit saja masbro, hmm, kira-kira kenapa ya? Kalau MMBlog pikir sih ini bijak banget!

Pertama KMI sepertinya udah belajar banyak dari impor moge budget kayak ER6n dan Ninja 650. Di impor hingga 2400 unit dalam setahun kedua motor ini hasilnya agak berlebihan di dealer, yup rada menumpuk hingga akhirnya diberlakukan promo cicilan dengan bunga 0 persen. Memang sih, IMHO menumpuknya stok ER6n dan Ninja 650 kayaknya waktu juga disebabkan karena kehadiran Z800 yang masih dibanderol 169 juta. Pembeli jadi agak ngegalau :mrgreen: . kalau laku tinggal impor lagi, kalau responnya kurang oke, kasih promo lagi dah 😀

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

courtesy of TMCBlog
courtesy of TMCBlog

Mengacu dari hal ini, impor Kawasaki Vulcan S 650 yang hanya 410 unit adalah langkah yang bijak. Memang sih hanya sedikit, berarti perbulan itu target penjualannya hanya 34 unit. Nothing to lose sih Sob, toh motornya impor dari Thailand, udah gitu juga motor crusier saat ini sedang gak happening. Yang happening ya motor sport atau nakedbike. Terlebih Kawasaki juga pernah punya pengalaman yang kurang oke ketika menjual Cruiser entry level Kawasaki Eliminator 175. Walaupun CC-nya beda, tapi genre motornya sama, at least bisalah jadi referensi kalau mau jualan motor cruiser lagi.

Sebenernya ini juga tantangan tersendiri bagi KMI, mungkinkan KMI bisa menjadikan Cruiser budget sebagai motor yang happening lagi? Kalau oke dan bisa mantaplah jadinya, pabrikan lain pasti mengikuti, ya kayak case Ninja 250 aja. Nah, dimalaysia sendiri, motor yang ergonominya bisa disesuaikan dengan ridernya ini dibanderol lebih mahal dari ER6n, kemungkinan juga di Indonesia bakal demikian. Memang lebih menarik kalau dari harga ketimbang Harley 500, hmm kita lihat aja sepak terjangnya.

Semoga berguna ya.[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

22 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here