Wacana SIM Khusus Moge? Setuju, Tapi…

16

image

Sobat MMBlog sekalian, satu minggu belakangan ini tersiar kabar bahwa POLRI punya wacana untuk menerbitkan SIM khusus moge. Dilandasi oleh populasi moge yang semakit banyak, dan mungkin juga karena adanya beberapa kecelakaan yang melibatkan moge, akhirnya muncullah gagasan/wacana seperti ini. Hmmmmm, MMBlog sih setuju-setuju aja, namun bukan berarti gak ada tapinya lho.

image

Berkendara moge memang butuh skill khusus, itu MMBlog setuju banget, 100% setuju malah. Terlebih kemarin MMBlog sempat seharian riding bareng MV Agusta Brutale, moge Italia yang punya power superbengis. Serius deh, tiga varian Brutale yang MMBlog jajal itu hanya dengan sedikit pelintiran gas, kecepatan 120 dapat diraih hanya dalam waktu beberapa detik saja. Hentakan dibadan sungguh terasa luar biasa. Betul-betul mengasyikkan, tapi disana MMBlog juga merasa bahwa ada resiko yang cukup besar juga apabila kita lalai.

image

Dari pengalaman itulah, MMBlog setuju SIM khusus moge diterbitkan, namun demikian, harus ada proses yang koheren dan juga ujian yang komprehensif untuk mendapatkannya, gak asal tinggal dateng, test ride, foto, bayar, jadi. Wkwkwkwk, itumah wassalam :mrgreen: . MMBlog pernah mendengar cerita dari paman MMBlog yang tinggal di Belanda. Beliau bilang bahwa untuk mendapatkan SIM Motor, dalam ujiannya ada ujian teori dan ujian praktek lapangan. Ujian teori ya kita semua udah pada tau deh ya, nah ujian praktek lapangan inilah yang menarik. Jadi pemohon SIM diminta untuk mengendarai sepeda motor dari satu tempat ke tempat lainnya. Kemudian sang penguji, mengikuti dan mengevaluasi dari belakang. Paman MMBlog bilang, dulu sang penguji sempat ia traktir makan siang dulu pas ujian, tapi tetap, ketika hasilnya keluar, ia tidak lulus :mrgreen: . Alasannya? Tidak menyetel spion dan sempat tidak memberikan sign ketika berbelok.

image

Nah, proses demi proses yang jelas adalah harga mati apabila SIM khusus moge jadi terbitkan. Kemudian, untuk kategori moge itu sendiri, MMBlog lebih mengacu ke klasifikasi dari SWDKLLJ yang mana motor berkubikasi minimal 500 CC adalah motor yang terkena SWDKLLJ tertinggi, jadi moge itu minimal 500 CC. Sesuai juga toh sama PPNBM-nya yang makin kesini makin mahal gak karu-karuan???

Sebenernya akan lebih mantep lagi jika SIM Moge itu juga udah terintegrasi dengan kartu masuk tol, xixixixi. Jadi kayak kartu E-Toll gitu. Moge boleh dah masuk tol, ngarepppp

Oke deh, SIM khusus Moge, kalau beneran ada kudu siap-siap nih πŸ˜€ . Semoga berguna ya

16 COMMENTS

  1. setuju mas Vandra harus ada sim khusus moge. biar ga seenaknya main moge
    dan klo mau punya sim moge kudu punya sim C biasa dulu minimal 2-3 tahun. abis itu baru deh tes lagi.

    • Saya test SIM C di Satpas Polres Bantul, selain test di lapangan juga test di jalan raya. Nah lucunya pak polisi nggak ngikutin saya dari belakang, tapi saya yang ngikutin ke mana pak polisi pergi. Kalau pak polisi nyalain lampu sein ikut nyalain, kalau pindah lajur ya ikut pindah jalur πŸ˜€

  2. Gue pernah denger kalau di jepang tesnya itu kalau nggak salah kita disuruh bawa moge sambil jalan kaki bentuk angka 8 dan tidak boleh jatuh mogenya. beratnya 200 kg loh (ya setara harley lah…) kedua, mogenya dijatuhi dan kita disuruh ngangkat. kalau mogenya jatuh 3 kali? ya kita disuruh sekolah moge πŸ˜€

  3. klo pun ada sim moge mah saya setuju2 saja, tapi mesti diperbolehkan masuk tol ya paling nggak sebagai kompensasi bayar PPNBM yang lebih mahal, cuman sepertinya saya mesti sedikit pesimis lha wong moge yang kena PPNBM aja pelat nomernya juga dapetnya yang super duper tipis sama dengan motor yang bayar pajak normal itupun titambah dengan kualitas cat yg sangat jelek ke gores kuku aja ngelupas.

  4. wihh setuju om, kalo bisa ujian sim moge yaitu: teori, ndorong motor keadaan mati, ngankat moge yang rubuh, slow ride moge.
    tapi fasilitas SIM moge dapet fasilitas khusus yang tidak didapatkan SIM C biasa yaitu: boleh masuk jalan tol, boleh menggunakan knalpot aftermarket (DBkiller dipasang), plat nomer depan boleh dilepas (bahaya ada plat tipis dari depan yang bisa terbang menuju tubuh kita saat kecepatan diatas 200kpj) πŸ˜€

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here