Masang Kabel Kopling Sendiri Tanpa Ribet Dan Pasti Bisa? Nih Solusinya!

17

image

Sobat MMBlog sekalian, namanya bermotor mungkin ada aja sekali atau dua kali, kita ngalamin trouble. Ya macem-macem, kampas rem abis, ban bocor, atau mungkin kabel kopling putus. Nah, untuk yang terakhir ini, kalau seumpama putusnya udah deket rumah, jadi agak susah kalau mau dibawa ke bengkel. Dengan dilatar belakangi pengalaman MMBlog akan hampir putusnya kabel kopling ER6n, MMBlog mau sharing gimana caranya ganti kabel kopling tanpa bingung, tanpa ribet, bahkan awam kayak MMBlog-pun yang awam begini bisa kok.

image

Masang kabel kopling itu yang paling penting adalah, mengetahui jalur kabelnya dari pangkar tuas kopling (yang biasa dibejek oleh tangan kiri) hingga ke gearboks. Nah, MMBlog yang kebingungan kemarin karena gak tau jalurnya itu, akhirnya nemuin solusi buat bikin jejak jalur tersebut, yaitu dengan cara mengikat salah satu ujung (ujung kabel yang di tuas tangan) kabel dengan menggunakan tali rapiah :mrgreen: .

image

Dengan begitu maka, kabel kopling siap dibongkar dan lepas. Otomatis tali rapiah itu akan membuat jejak dan berada di jalur kabel kopling. Setelah selesai dilepas, pasang lagi tali rapiah di ujung kabel kopling yang baru terus tarik tali rapiah dan kabel kopling baru tersebut terpasang dijalur kabel kopling lama :mrgreen: . Lumayan cepet juga temen-temen prosesnya, gampang pula, xixixixi .

image

Bongkar pasang kabel kopling di ER6n gak taunya sama sekali gak ribet. Cukup bongkar kabel di kedua ujungnya (tuas dan gearboks), bongkarnya-pun sederhana. Tapi ya gitu, jalurnya nyebrang, posisi ujung kabel di tuas kopling ada kiri motor, ujung satunya ada sisi kanan motor. Beda sama Thunder yang posisi kabel koplingnya ada di sisi kiri motor. Otomatis, kabel kopling ER6n lebih panjang ketimbang kabel kopling Thunder.

image

Oke deh, intinya MMBlog mau sharing gimana cara ninggalin jejak kabel kopling di motor, jujur kalo maen bongkar doang mah gampang, tapi masangnya lagi, kalau gak tau jalurnya, modyar kangmaaasss :mrgreen: . Yang paling penting ada siapin kunci-kuncinya, dan siapin waktu. Terakhir jangan lupa buat setel koplingnya kalau udah kepasang. Oia, buat informasi, kabel kopling ER6n harganya seratus ribuan, untuk ukuran kabel kopling moge harganya relatif murah πŸ™‚

Semoga berguna dan selalu lumasin kabel koplingnya supaya gak gampang putus ya :mrgreen:

17 COMMENTS

  1. Nice tips mas vandra. Pernah bongkar footstep kanan red bee, triknya ft aja sblm dibongkar trus bautnya dipasang lg sambil rakit footstepnya (pasang karet2nya). Lmyn keringetan, hehehe…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here