Komparasi Ergonomi Honda Beat POP ESP dan Suzuki Address, Serupa Tapi Tak Sama!

21

ergonomi honda beat

Sobat MMBlog sekalian, di artikel ini MMBlog akan membahas mengenai ergonomi dua matik anyar dari dua pabrikan Jepang di tanah air, yakni Suzuki dengan Addressnya, dan Honda dengan Beat POP-nya. Kebetulan MMBlog memiliki foto ergonomi MMBlog ketika mendudukin kedua motor ini? Apa yang dirasa? Hmm, jujur agak sulit untuk membedakannya, tapi akan lebih mudah jika temen-temen melihat kedua foto terlampir dibawah.

SAMSUNG CAMERA PICTURES ergonomi honda beat-3

Foto sebelah kiri di atas adalah ketika MMBlog menaiki Suzuki Address, dan foto disebelahnya adalah ketika MMBlog menaikin Honda Beat POP. Disini ada beberapa pointi penting yang dapat MMBlog lihat dan rasakan, perbedaan yang lumayan jelas terlihat pada jangkauan lengan MMBlog kepada setang keduanya. Pada Suzuki Address, MMBlog dapat dengan mudah meraih setangnya, yup setangnya lebih dekat dengan tubuh soalnya temen-temen. Untuk Honda Beat, MMBlog kudu lebih menjulurkan lengan ke depan. Terus apakah jarak dengkul MMBlog dengan body dalam Address jadi mentok? Temen-temen juga bisa lihat, bahwa jarak dengkul MMBlog baik di address ataupun di Beat POP, sama jauhnya. Hmm, untuk ukuran badan 167 cm berat 70 kg, kedua motor ini cocok-cocok aja nih, dan sama-sama nyaman!

Hal menarik kedua adalah mengenai posisi kaki (cek lagi foto di atas). Posisi kaki MMBlog di Suzuki Address bisa lebih fleksibel ketimbang posisi kaki di Honda Beat POP? Karena apa? Karena area dek Suzuki Address lebih luas dan lega. Temen-temen bisa lihat posisi kaki dan sepatu MMBlog, di depan sepatu masih ada ruang yang lega kan ketika di dek Address? Bandingkan dengan area dek Honda Beat, memang tak seluas dek Address tapi kaki masih cukup nyaman. Yang jelas dari dek keduanya, deknya sama-sama nyaman, hanya saja beda di luasnya. Yang satu masih bisa naro tas, yang satu cukup kedua kaki saja temen-temen.

ergonomi honda beat SAMSUNG CAMERA PICTURES

Hal ketiga yang bakal MMBlog bahas adalah Jok keduanya. Ketika di duduki, kedua matik ini sama-sama nyaman, masalah keempukan, masih lebih empuk Jok Honda Beat, tapi masalah di lebarnya, Jok Address lebih lebar. Wajar karena di bawah jok address ada bagasi superluas yang bisa menampung helm full face! Jadilah joknya juga ikutan melebar, buat (maaf) bokong MMBlog yang lumayan lebar, duduk di Address jadi enak, tapi buat Wak Haji, kayaknya pas di Beat POP nih!

SAMSUNG CAMERA PICTURES ergonomi honda beat-2

Nah, itulah yang bisa MMBlog ceritakan dari ergonomi kedua motor ini. Yang jelas keduanya sama-sama nyaman. Dan kesimpulannya, Suzuki Address lebih pas untuk orang dengan ukuran tubuh yang lebih besar dan tapak kaki yang besar pula. Nah, Honda Beat POP lebih pas untuk muda-mudi zaman sekarang yang imut dan trendy kayak Om KOBAYOGAS temen-temen. Wakakakak :mrgreen: . Oia, di kedua motor ini, spek MMBlog yang 167/70 bisa napak sempurna yang kakinya.

Oke deh, semoga berguna ya. Kalau emang masih mbingungi, monggo temen-temen sambangi kedua dealer motor ini dan coba, kalau MMBlog ada salah, koreksi aja yaaahhh, hehe 😀 . selamat berakhir pekan!

21 COMMENTS

  1. mw nambahin aja kang..
    liat dr ergonominya kayanya lebih nyaman address deh kang, sudut yang di bentuk perut n paha di address sekitar 100 derajat, sedangkan beat cuma 90 derajat, dan mungkin bisa lebih kecil kalau tinggi di atas 170cm, soalnya dek tinggi n jok rendah, wajar aja..motor cewe ya harus pendek posisi duduknya..
    jok juga mempengaruhi banget untuk berkendara jauh/lama, ane pernah pake beat fi temen selama setengah jam -+15KM kaki n punggung dah pegel banget, dengan tinggi ane 178cm berat 80kg pake beat ga nyaman banget, nyadar juga sih, motor buat cewe/cowo pendek dah pasti ga nyaman buat ane,
    next, coba tes jarak jauh kang, soal kenyamanan sekaligus konsumsi bbm, kedua poin ini yang paling penting jadi pertimbangan sebelum membeli motor, jd ga nyesel belakangan..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here