Test Ride MV Agusta Rivale 800, Butuh Nyali Lebih!

18

test ride rivale 800-8

Sobat MMBlog sekalian, pada saat acara kopdar dengan MVOCI (Klik di mari) MMBlog berkesempatan untuk ngejajalin salah satu line up dari MV Agusta. Untuk kali ini, MMBlog bener-bener exited, soalnya yang dijajal adalah MV Agusta Rivale 800, sebuah moge Motard. Jujur aje, baru pertama kali nih test ride Motard. Walaupun memang tampilannya lebih ke nakedbike, aura motor Motard tetap melekat kuat ke Rivale, terutama pas ini motor didudukin. Oke deh, lanjuuuttt.

Ergonomi

test ride rivale 800-10

Sebelumnya MMBlog udah dapet input dari Mas IWB dan Om Vic tentang impresi ergonomi dari moge ini. “ergonominya tegak, setang lebar dan deket sama tubuh, tapi radius putarnya lebar”, begitulah kira-kira yang disampaikan. Hmm, jadi penasaran nih. oke deh, langsung coba dudukin motornya, ealah, joknya tinggi bener ternyata yak, wkwkwk. ngangkang sejadi-jadinya, dan wow, ternyata emang tinggi nih, coba temen-temen lihat itu jinjitnya kayak apa, xixixi. Tapi untungnya Rivale ini bobotnya enteng, negakin dari posisi miring karena standar jadi lebih mudah, gak mengintimidasi, beda sama Triumph Tiger 800 XC yang juga tinggi namun bobotnya lumayan. Tapi mantep juga ini, ujung sepatu doang euy yang nyentuh tanah :mrgreen: .

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

Coba ngeraih setangnya, wueh, bener apa yang dibilang sama Mas IWB dan Om Vic, setangnya lebar banget dan posisinya deket sama badan, tapi setangnya rendah. Praktis badan jadi tegap, enaaaakkkkk. Tapi benerloh, setangnya gak bisa terlalu di tekuk, ya kayak stang motor sport gitu deh. Coba tarik-tarik tuas koplingnya, wah gak seberat F3-nya si Mbah nih, wkwkwkwk. Lagipula juga ergonominya “MMBlog banget” jadi emang nikmat deh. Footstep yang letaknya lurus dengan jok juga bikin kaki nyaman, oia, karena jaraknya lumayan jauh dari jok, temen-temen bisa lihat, dengkul MMBlog gak kelewat nekuk. Anti kesemutan! Kalau MMBlog bilang, ergonominya Pas banget buat dalam kota.

jajal dulu sob
JOS
kaki kiri ngatung
kaki kiri ngatung

Performa

test ride rivale 800-12
ngacir dulu aahhh

Udah siap semua, masukin kunci kontak, puter ke posisi ON, wuih, lampu depan langsung nyala. Terus juga lampu di handguard ikutan nyala, kereeennn! Langsung stater dan… “wooonnggg”… asyeemmm, lagi-lagi suara tiga silinder khas MV-Agusta yang ngangenin. Gilee itu suaranye membahana di parkiran! Pengunjung mall yang melintas di parkiranpun langsung menoleh, gile ini suaranya bener-bener bikin merinding! Oke deh, masukin ke gigi 1, lepas kopling dan Rivale pun mulai melaju perlahan dan sedikit endut-endutan, wkwkwk, belum biasa nih ama kopling dan gasnya, gasnya keliwat enteng temen-temen!.

test ride rivale 800-3 test ride rivale 800

Rute test ridenya seperti biasa, lewat jalan Asia Afrika, lanjut terus ke jalan di depan TVRI, muter balik dikolong flyover, lanjut terus ke panahan, terus balik lagi ke Sency, sempet coba muterin Asia Afrika lagi buat nge-zig-zag. Terus gimana performanya?? Wislah, MV Agusta adalah motor-motor High-Performance. Sekali betot gas pasti mental dan terbang, xixixixi. Setidaknya itulah yang MMBlog rasakan ketika nunggang Rivale. Memang, agak susah dibawa pelan temen-temen, sempet kena macet dikit, kalau gak pinter-pinter nyeimbangin kopling dan gas, motor bisa jalan ndut-ndutan gradakan. Tapi untuk cruising dengan kecepatan 50-60 km/jam dengan Rivale, bener-bener kerasa nyaman, getarannya minim, posisi riding yang asyik, mantep lah!

test ride rivale 800-15
OH NOOOOOOO

Nah, hingga akhirnya lepas lampu merah menuju Gedung TVRI, MMBlog rada penasaran sama hentakannya. Dari gigi 1 coba betot gas dan…. “wuooong!” buju buseeettt, hampir aja tangan MMBlog lepas dari setang karena hentakannya yang nampol abis, dalam sekejab angin langsung menerpa tubuh dengan keras, melesat dengan sangat cepat, seperti anak panah. Seketika kecepatan langsung tembus 80km/jam tanpa kendala apa-apa. “ahh, gila nih di gigi 1, coba hentak di gigi 2 deh”.. langsung MMBlog pindahin ke gigi 2, langsung betot keras, JIAAAAAHHHHHHHH, ban depan keangkat kang masss, padahal itu motor lagi cruising lumayan kenceng, tobaaaaatttt..  badan langsung kelempar ke belakanga, seketika dengkul gementeran, napas menderu, detak jantung berpacu, weleh-weleh, kecepatan langsung sentuh 120 km/jam, tobaatttt. Mane pake kaos doang 😀

Sebenernya efek inertia begini udah pernah MMBlog rasakan ketika MMBlog geber Honda CBR1000RR, tapi karena posisi ridingnya CBR itu bongkok, jadi badan udah siap banget, lah ini tegap nian, kaget masbro! Serius dan, hampir ngompol kayaknya tuh! Gila, gak main-main ini motor! Rivale ini napasnya panjang banget temen-temen, tapi herannya akselerasinya juga edyan! Buat penggila kecepatan, Rivale bisa ngasih sensasi yang sangat-sangat memuaskan, tapi buat pendamba kenyamanan, Rivale juga gak akan mengecewakan! Malah kalau MMBlog bilang, butuh nyali lebih deh buat ngebetot Rivale.

Handling, Suspensi, dan Pengereman

semuanya TOP!
semuanya TOP!

Kebetulan jalanan yang MMBlog lalui itu mulus, jadi suspensi yang berasa nyaman aja. Beberapa kali ngelewatan jalanan yang kayak ada polisi tidur kecilnya gitu, yang MMBlog rasakan sih suspensinya relatif agak stiff. Mungkin ini diperuntukan agar handlingnya bisa lincah dan stabil, dan ternyata emang bener temen-temen, Rivale ini handlingnya superb banget. Nikung hiperbolik dan sedikit ngerebah pas di kolong flyover dapat dilakukan dengan mulus dan tanpa koreksi. Handlingnya juga mudah, gak se-tricky handling ER6n, hmm, sering bawa si Merah, pas belok sama motor lain jadi berasa lebih mudah dan nyaman euy :mrgreen:

test ride rivale 800-6
naekin standarnye susah, wkwkkwwk

Mencoba zig-zag ala pembalap motogp yang lagi warm-up lap, jiaahh, enteng bener ini motor, tekuk sana, tekuk sini, enaak bener. Tapi kudu tetep hati-hati sama throttlenya yang super enteng itu SOB, keserimpet dikit, waahh, siap-siap terbang deh. Terus ngomongin motor dengan performa yang edyan tapi gak ngomongin kinerja rem-nya kayak orang makan ikan asin tapi rasanya manis 😆 . jelaslah, moge gituloh, rem-nya udah siap diajak ngerem kayak gimana juga. Ya MMBlog sih terbiasa ngerem berencana, late braking gitu ngeri SOB! Terus pas sampe di parkiran, MMBlog disambut sama Mas IWB dan Om Steven, Om Steven nanya gimana rasanya? MMBlog Cuma bisa jawab “Mantaaaappp!!!” terus juga gak taunya ini motor ada fitur Quick Shifter, yakni bisa pindah gigi dengan mulus tanpa harus tarik kopling, waaah Om Steven ngabarinnya telat nih, hiks 😥 rapopo lah, mungkin di lain kesempatan 🙂

Kesimpulan

Dari hasil test ride yang MMBlog lakukan dengan Rivale, dapat ditarik kesimpulan bahwa Rivale adalah motor yang performanya serius. Walaupun mudah dikendarai dan nyaman, performanya sama sekali gak bisa dianggap remeh. Buat penggunaan dalam kota, bener-bener pas, tapi mungkin butuh effort lebih kalau mau ngajak dia touring. Pokoknya bener-bener diluar kebiasaan, ergonomi motard yang super tegap itu dibarengi sama performa bak motor sport bengis, bener-bener bikin ridiernya kudu sigap kalau mau betot gas!

Oke deh, semoga berguna yaaa.

Special Thanks to MV Agusta Indonesia untuk test ride Rivale 800, dan Mas IWB buat foto-fotonya.. 😀

wpid-mv-agusta-rivale.jpg.jpeg

 [/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

instagram

Villa Kanaya

18 COMMENTS

  1. Sambil baca saya bisa menyelami seakan2 saya yg test ride, wkwkwkwk… Emang enak ngejajal motor segelintir umat kyk MV Agusta. Kpn ya bisa jajal motor ginian? Apa hrs jadi blogger jg kah? wkwkwkwkwk………

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here