KTM RC 200, Ini Motor Overbore Banget Sob! Ngejambak Kayaknya!

58

image

Sobat MMBlog sekalian seperti yang udah kita ketahui bersama bahwa KTM Indonesia aecara resmi telah merilis varian teranyar mereka yaitu KTM RC 200 dan KTM RC 390. Kedua motor ini mengusung genre motor sport fairing. Mesinnya sama-sama satu silinder, dan yang bikin MMBlog tersentak adalah bore x stroke dari KTM RC 200. Ini motor bore-nya gede banget yak???

Melihat spesifikasinya di website resmi KTM, bore x stroke KTM RC 200 adalah 72 x 49 mm. Sebagai perbandingannya Honda Tiger yang berkubikasi serupa bore x stroke-nya 63,5 x 62, 2 . Hmm, ukuran pistonnya pasti secara visual akan terlihat besar. Terus jika dibandingkan dengan rival 250 cc satu silinder yang dari Jepangnya gimana? Ninja RR Mono bore x strokenya 72 x 61,2 mm , dan CBR250 bore x strokenya adalah 76 x 55 mm. Wuaah, aje gile, motor 200 cc borenya bisa sama kayak Ninja RR Mono yang 250 CC! Tapi CBR250 bore-nya gede juga sih, juoozzz!

Jika dilihat dari kacamata awam seperti MMBlog ini, sepertinya sih akselerasi KTM RC200 bakalan nampol banget. Akan sangat mudah untuk mencapai peak atau red-line karena langkahnya pendek. Hmm, pantesannya aja KTM Indonesia berani untuk menerjunkan RC 200 di ajang balap 250 cc. Gas dikit terbang nih kayaknya, hehe. Udah gitu, bobotnya jika dibandingkan dengan rival 250 cc satu silindernya, RC 200 adalah yang paling ringan, yup hanya 137-an kg saja. Sedangkan kompetitornya berbobot lebih dari 150 kg.

image

Memang, mungkin dari sisi penjualan, KTM RC200 harus bermain total. Karena apa? Pertama dari pricingnya, hampir 60 juta temen-temen. Rivalnya bermain di harga 50 jutaan, dan dua silinder. Yang satu silindernya malah bermain di harga 40 jutaan. Tapi memang, jika melihat fotonya, KTM RC 200 sudah menggunakan suspensi depan upside-down dan kaliper rem monoblock yang dipercaya lebih stabil dan pakem ketika ngerem dengan kecepatan tinggi. Suspensi upside-down juga sudah menjadi trade-mark dari motor-motor high performance. Udah gitu desainnya juga extraordinary banget, gak lazim, agresif, kaku, tegas, dan misterius.

Hmm, MMBlog jadi penasaran pengen lihat wujudnya langsung, kayaknya menarik nih. Ntar deh kalau ada waktu mampir ke dealernya, hehe. Yang jelas, ini motor kalau dipake di jalanan, bakal menarik perhatian. Udah gitu, dari spek mesinnya, sangat menarik untuk dilihat sepak terjangnya di kancah balap 250 cc. Pasti seru! Oke deh, semoga berguna ya. Kalau ada yang ingin ditambahin, monggo layangkan di kolom komentar temen-temen..

instagram

Villa Kanaya

58 COMMENTS

  1. joss tenan kenapa gk dari dulu masukinnya barengan sama duke 200,ane pernah ngejar ktm duke 200 tapi ane ketinggalan jauh yaiyalah wong ane pake sivixion

  2. mas Vandra, kalo udah ke dealernya nitip pegangin jok boncengernya ya? 😀 penasaran banget ama material busa + pembungkus pillion seatnya, kayak single seater loh..
    untuk harga vs value kayaknya sih masih masuk, desain super keren anti mainstream: pilot light, spion, knalpot, single seater look, + front fork udah upside down..

  3. andaikan KTM mau melokalkan nih motor.. kemudian buat versi 250 cc nya , dengan 2 cylinder, desain sangar kyk sekarang, dengan harga 65 jt an (max 70 jt), power 40 ps, limiter di set di 15000 rpm.. wooohhh pasti juoozzz tuuhhh.. r25+ninfi bakal bertekuk lutut tuuhh..

  4. mas, kalo stroke pendek bukannya akselerasi lebih lambat tp nafas lebih panjang dan peak powernya lebih besar ya? r15 vs cbr150 contohnya. cmiiw

    • stroke pendek bikin rpm cepat naik,
      rpm cepat naik = aksel makin cepat = nafas makin pendek
      bore makin gede ya makin luas penampangnya buat terima tonjokan ledakan bensin = makin bertorsi CMIIW 🙄

  5. wih, saya bner2 kesemsem sama motor ini dari awal spyshot. tapi kayanya harga ga masuk akal koz duke 200 kmahalan banget, eh ternyata lebih murah dari duke nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here