Jika Bisa Bikin Mesin V-Twin 250, Tentu AHM Bisa Juga Bikin Mesin Inline 250, Mesin CB250 Nighthawk, COCOK!

18

IMG-20140203-00348

Sobat MMBlog sekalian, ketika kemarin MMBlog riding di jalan Kramat Jati, MMBlog dikejutkan oleh seorang rider Brat Style. Bukan dikejutkan oleh desain motornya ataupun ridernya, tapi MMBlog dibuat kaget oleh suara yang dihasilkan oleh motor tersebut, suaranya sangar, padat, merdu, yup, mirip sama suara knalpot motor empat silinder. “aah, basis mesinnya apaan sih??” gumam MMBlog. Coba dikejar, wah, gak taunya secara visual, mesinnya mirip-mirip sama mesin Honda CB250 Nighthawk, motor Honda yang dipakai oleh Polisi di Arab Saudi (Monggo di-klik artikelnya).

Dulu, sewaktu MMBlog melakukan ibadah Umroh di Tanah Suci, MMBlog lumayan kesengsem sama mesin motor ini (Honda CB250 Nighthawk), soalnya suaranya mesin inline dua silindernya beda sama suara mesin Ninja 250. Emang lebih padat, dan josss. Nah, yang di motor Brat Style kemarin itu, kebetulan knalpotnya udah diganti pake knalpot yang modelnya kayak pipa doang gitu. Walhasil, suara aslinya lebih kedengeran lagi! Gokil bener daaahh…!!! ada yang jual mesinnya satu gelondongan gak ya? Bikin gemes juga lama-lama.

20140201_173740

Nah, dari pertemuan MMBlog dengan motor itu, MMBlog jadi punya opini liar terkait next motor 250 CC dari Honda. Kita semua mungkin udah tahu bahwa ada rumor bahwa Honda Indonesia (AHM) akan menjual Motor sport (laki) dengan kubikasi 250 CC yang mana konfigurasi mesinnya itu menggunakan mesin V-Engine. Jika dianalisa lebih mendalam, mesin V-Twin yang dikembangkan adalah mesin yang mungkin berplatform high-tech, kekinian, dan canggih. Otomatis, positioningnya bakal “di atas”.

honda-vtr-250-07

Terus, bagaimana dengan mesin 250 inline milik Honda CB250 Nighthawk?? Ini yang menarik, mesin ini adalah mesin yang sederhana. Mesinnya berpendingin udara, SOHC, tapi dua silinder. Dari keterangan yang ada di wikipedia, Honda CB250 Nighthawk dapat melaju hingga kecepatan 130 km/jam. Nah, dengan spesifikasi begini, motor ini dapat diposisikan di level menengah. Dengan rentang harga 35 jutaan, MMBlog rasa motor ini pas untuk diposisikan sebagai penerus Honda Tiger, atau sebagai motor dengan desain retro ala AHM.

Mesin 250 twin milik CB250 ini hingga kini juga masih dipakai sebagai mesin Honda Rebel oleh Powersport Honda Amerika (klik lagi untuk artikelnya). Jadi udah ketahuan banget bagaimana kualitasnya bukan? Nah, kalau mesin V-Twin punya Honda VTR 250 yang canggih aja bisa dikembangin oleh AHM, kudunya sih mesin Honda CB250 Nighthawk ya lebih gampang bin eceesss lagi, hehehe. Serius dah, suaranya itu unik banget temen-temen. Mungkin komentator Mbah Uip yang tinggal di Saudi bisa ngasih opini tentang suaranya?? Soalnya ini motor pasti sering wara-wiri di jalanan Arab Saudi.

Yaa, mudah-mudahan laahh.. abis bosen juga denger suara knalpot, dep.. dep.. dep.. dep.. dep.. dep… kalau vruummm..vruumm, atau werrrrrr… werrrrrrr kan mantep tuh, xixixi. Semoga berguna yaa.

 

instagram

Villa Kanaya

18 COMMENTS

  1. Orang INdonesia itu rada ribet. Mereka bilang Gak asik yang 1 silinder ,, padahal rr mono aja bisa ngemplangin motor yang 2 silinder. Bilang lagi SOHC payahh, jelas jelas mx di IRS 150 kemarin yang 135 cc bisa ngemplangin FU yang DOHC 150 cc pula.
    Nah kalau dikeluarin yang SOHC gini pasti ntar disama samain Inazuma lagi deh nasib nya,,,,
    Gak percaya… will seeeeeeee

  2. Emang bisa bro, tp kudu ada niatnya dulu, krn tanpa niat ya nihil hasilnya. Kalo mau diproduksi di sini secara lokal ya AHM kudu lht dulu prospeknya bakalan laris gak atau kl gak ya kudu bisa buat diekspor punya. Kalo prospek penjualannya dinilai gak bakal bagus ya gak mungkin jg AHM mau produksi motor tersebut. Alih2 ya diimpor aja, tp kl belajar dari penjualan CBR 250 sih kyknya AHM kapok deh, wkwkwkwkwk… Biar kata AHM salah perhitungan, tp kan judulnya gatot. Namun bakal lain ceritanya kl AHM ke depannya ditunjuk sebagai basis produksi utk pasar Asia. Nah… kl ceritanya seperti itu sih bakal ada peluang utk nyicipin motor2 yg lbh berbobot/berkelas dari Honda. Belajar dari pengalaman saya sih mending jgn terlalu berharap, krn too much hope will kill you, wkwkwkwkwk……..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here