RIP Andi Tenri Gappa : Selamat Jalan Om Onny…

7

moto1

Sobat MMBlog sekalian, umur manusia itu bener-bener misteri Illahi. Gak ada yang tahu pasti kapan, dimana, dan bagaimana kita meninggalkan dunia ini. Hingga tadi pagi, MMBlog dikasih kabar oleh Mama, seorang sosok yang peduli sekali dengan lingkungan dan juga seorang Biker Sejati telah berpulang kehadirat Allah SWT karena penyakit yang dideritanya. Padahal, MMBlog terakhir ketemu dengan almarhum tahun lalu, beliau masih sehat wal-afiat.

Mungkin sebagian dari temen-temen belum mengenal atau tahu siapa sosok Andi Tenri Gappa atau yang lebih beken dengan panggilan Onny Gappa (MMBlog manggil beliau Om Onny). Beliau adalah seorang rider dan juga aktifis lingkungan dari Makkasar yang memiliki mimpi untuk menghijaukan indonesia. Bekerja sebagai seorang bankir yang handal disebuah Bank Swasta, beliau juga aktif di berbagai kegiatan bikers, terutama motor-motor besar, pernah juga menjabat sebagai ketua HDCI Makassar. Tidak hanya itu, kepeduliannya terhadap lingkungan terutama penghijauan sangat tinggi, pengen minta bibit pohon untuk di tanam? Sama beliau langsung dikasih dan Gratis!!!

solo-ride

Terakhir MMBlog ketemu sama Om Onny adalah ketika MMBlog nemenin Mama kopdar sama almarhum di STC, kebetulan beliau lagi ke jakarta dan pengen beli perlengkapan touring di STC, dan Mama ada yang pengen diomongin sama beliau perkara pepohonan, yawis MMBlog dikenalin. Orangnya khas dengan gaya biker yang ngomongnya ceplas-ceplos, easy going, dan kedemenannya adalah touring. Saking demennya sama touring, anggota Solowesi Motorad ini ditunjuk oleh Edelweissbike, sebuah biro jasa touring Internasional sebagai representative Edelweissbike di Indonesia. Dengan dua rutenya yaitu  Ring Adventure (Flores-Sumba-Bali) dan Celebes Accross Equator (Makassar-Palu-Gorontalo-Manado). Touring yang udah almarhum lakonin juga udah menjelajah berbagai berlahan dunia. Beliau cerita waktu touring di Pegunungan Alpine, katanya “kalau ada umur, kesempatan, dan rezeki lebih, kudu loe touring kesana, bener-bener berkesan deh!”

Andi-Onny-Gappa

Om Onny lebih demen touring dengan motor-motor lawas. Fans Charlie Boorman ini demen sama Harley Davidson yang umurnya udah 50 tahun lebih. Bahkan beberapa bulan kebelakang, beliau touring lintas Amerika dengan BMW R50 yang ia beli seharga USD 18.000. Tapi kalau lagi ngawal peserta touring Edelweiss bike di Indonesia, beliau naik BMW GS1200. Waktu itu MMBlog sempet dikasih lihat video dia lagi touring di Sulawesi, dan emang mantep bangeeettt! Beliau cerita, “orang bule itu, kalau jalanan lurus kosong, paling kenceng dia bawa paling 130 km/jam, tapi mereka dibelokan berani nikung kenceng dan penuh perhitungan, kalau rider Indonesia pas lurus berani sampe 200 km/jam, tapi pas ditikungan pada kedodoran :mrgreen: ”. Terakhir sih Om Onny naksir berat  sama Yamaha Super Tennere, katanya mantep itu motor gak kalah ama GS.

Dengan berpulangnya brother kita ini, MMBlog ingin mengingatkan kepada diri MMBlog sendiri dan juga ke temen-temen semua bahwa umur itu gak ada yang tahu. Bisa aja sekarang kita sehat, tapi siapa yang tahu kita esok hari kayak gimana. Oleh karena itu, selalu ingat kepada yang Maha Kuasa, senantiasa berbuat kebajikan, dan selalu berikhtiar untuk yang terbaik.

Selamat Jalan Om Onny, semoga Om mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya, amiiinn

instagram

Villa Kanaya

7 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here