First Sight Impression Ducati Paulsmart Limited Edition, Super Artistik! (Mega Gallery)

37

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

DSC_1279
Klasik banget

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu MMBlog berkesempatan untuk menjamah motor langka yang bener-bener spesial. Sebuah motor yang kembali diproduksi untuk mengenang masa jaya-nya di masa lampau. Motor ini berasal dari negeri Pizza Italia, bentuknya jadul, tanpa mengurangi daya tariknya yang memang bisa membius siapa saja yang melihatnya. Unik, karena desain ini akan mainstream pada saat zamannya, tapi tidak untuk saat ini.

DSC_1288

Tersangka utamanya bernama Ducati Paulsmart 1000, motor yang melegenda dari Ducati, dan milik punggawa Blog Indobikermags yang tampan dan imut. Bentuknya caferacer jadul temen-temen. Panel body? Minim euy. Yang paling jelas itu adalah panel fairingnya yang bentuknya membulat tanpa lekuk-lekuk khas fairing motor sport zaman sekarang. Fairing bulat dan sederhananya itu membungkus area depan, bisa dibilang hampir separuh dari motor ini adalah fairing depan. Dengan lampu bulat yang besarnya sama seperti lampu depan Thunder 250, semakin menegaskan bahwa ini adalah memang murni caferacer!

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

Ducati Paulsmart adalah motor yang bener-bener jadul desainnya. Tapi ini dia yang unik, motor jadul, tapi kekar, rapih, dan eksentrik! Temen-temen bisa lihat sasisnya yang menjadi tubuh moleknya. Berwarna hijau, jadi terlihat kontras dengan warna mesinnya yang kelabu. Motor ini bener-bener tampil simpel sesimpel-simpelnya! Joknya juga egois, alias single seater, dengan buntut tawon khas motor caferacer. Di depan joknya yang bersignature Ducati itu, ada tangki yang bentuknya juga ikutan simpel, dan agak memanjang, mampu menampung bahan bakar hingga 15 liter. Swing arm-nya yang warnanya senada dengan sasis terlihat besar, dan bentuknya bulat saja seperti Pipa Ledeng, xixixi. Tapi inilah daya tarik nya, mata bakalan susah berkedip!

Motor yang dirakit pada tahun 2006 ini punya sejarah panjang temen-temen. Motor ini dulu pernah membawa membawa Paulsmart dalam kepada kemenangan di Imola 200 Km Race pada tahun 1972, mesinnya sendiri berkubikasi 992 CC, air cooled, desmodromic dan ada dua klep di tiap silindernya. Mesin ini mampu memuntahkan tenaga hingga 92 daya kuda pada RPM 8000, dan torsi sebesar 91,2 Nm pada 6000 RPM, pantes, begitu MMBlog jajalin, tenaganya emang luar biasa ngejambak! Secara tampilan, mesin L-Twin khas Ducati emang bener-bener punya daya tarik tersendiri. Berkisi-kisi udara, dengan ada timing belt di luar mesin, serta berkopling kering, hmm, sebuah signature yang memang lain daripada yang lain!

Coba tengok area dashboard, WOW bener-bener minimalis, semuanya analog! Disana juga ada setang jepit yang letaknya bener-bener dibawah banget, wuih, alamat bongkok abis daahh πŸ˜€ . luar biasanya, ini motor ada stering dampernya, juoozzz. Bener-bener motor sport sejati! Lihat area setang, wuih, udah full rizoma nih, dari spion yang di ujung setang, dan handgrip, si mbah emang mantap! Ini motor juga ternyata kopling udah menggunakan kopling hidraulik, hmm mantap! Ternyata dibalik kejadulannya, terbenam juga part-part moderen yang mempermudah dalam penggunaan!

Ngomongin moderenitas, ini motor juga udah menggunakan suspensi upside-down yang kekar dan berwarna emas serta bermerek OHLINS! Begitu juga dengan suspensi belakangnya, OHLINS dan hanya satu alias monoshock! Lagi-lagi, warnanya tampak kontras temen-temen! Suspensi depan ini mengawal roda lebar 120 yang juga menggunakan dual disc brake dan juga rem dari merek brembo, wuidiihh, emang gak main-main euy! Oia, ban belakangnya juga lebar banget, dan pastinya kedua pelek motor eksotis ini menggunakan pelek jari-jari. MMBlog nanya ke Mbah apa ini tubeless atau tidak, kata beliau untuk ini motor, tetap menggunakan ban dalam khusus, walah-walah, motor spesial emang lain dah, mantaappp!!! Knalpotnya memanjang, dan simpel. Sepertinya sih sama si Mbah udah gak orisinil nih, soalnya mereknya ZARD. Yang MMBlog tahu karakter knalpot Zard adalah knalpot ganas. Suaranya kasar dan menggelegar, memang betul ternyata!

Last pertemuan MMBlog dengan Paulsmart adalah momen yang berharga. Gimana enggak, motor ini hanya dimiliki oleh Mbah Satar, dan Bro Febby alias hanya dua unit di Indonesia, CMIIW. Jika temen-temen mau, sediakan dulu dana dikisaran 700 juta rupiah untuk menebusnya, huihihihihihi, asli, gendeng tenan harganya! Soalnya, ini motor bukan motornya yang mahal, tapi nilai historisnya ituloh, bagaimana perjuangan Ducati hingga memperoleh kemenangannya, dll, dll, tentu ini adalah sesuatu yang sangat membanggakan.

Terus, apa ada ulasan test ridenya? Tentu temen-temen, sabat yaahh, hehehe. Yang jelas, ini motor emang menarik dan mantaaapp!!!

DSC_0006
Udeh kayak Vin Diesel, eh Vin Solar ye, wkwkwkwk, gebeeerr!!!

Spesial Thanks to Mbah Dukun Indobikermags buat pinjaman si Paul Bodonya, hehe. kali lain ane review si Sapi ye Mbah! Joossss!

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

37 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here